Sering Pamer di Media Sosial? Jangan-jangan Kena Krisis Identitas! Cek Yuk Tanda-tandanya

pixabay.com

Pernah melihat orang yang apa saja di dalam hidupnya dipamerkan di media sosial? Lagi makan, instastory, beli barang baru harus diunggah, kerjaan banyak protes di medsos, kurang kerjaan pamer di medsos. Seolah setiap detik kehidupannya semua orang harus tahu.

Bisa jadi ini adalah salah satu dari sekian banyak tanda seseorang sedang mengalami krisis identitas. Fase ini wajar terjadi ketika memasuki masa awal remaja hingga awal dewasa. Mungkin kamu sedang mengalaminya saat ini?

1. Krisis identitas artinya seseorang belum mampu mengenali diri sendiri

gifimage.net

Dalam hal apa? Banyak. Misal, apa yang membuat hidupnya lebih berarti. Bagi banyak orang, jawabannya adalah hubungan dengan orang lain. Bisa teman, sahabat, pasangan hingga orang tua. Sebagian orang lainnya mungkin menjawab uang atau materi. Setiap orang memang punya hal berbeda yang membuat hidupnya lebih berarti. Persoalannya, ada yang sudah sepenuhnya sadar, ada yang belum. Nah yang belum sadar inilah yang masih terjebak dalam masa krisis.

2. Iri atau ‘maklum’ dengan pencapaian orang lain

gfycat.com

Karena belum sadar akan potensi yang dimiliki diri sendiri, seseorang yang krisis identitas mudah iri dengan pencapaian orang lain. Jadi bukannya senang ketika ada teman yang berprestasi, malah iri atau memberi pemakluman. Contoh: Wajarlah dia menang, kan memang dia pintar banget dari zaman sekolah. Padahal kita nggak tahu lho si pemenang itu usahanya kayak apa. Bisa jadi bukan karena kepintarannya dia menang, tapi karena memang dia berusaha keras.

3. Tertarik pada sangat banyak hal yang nggak berkaitan atau nggak tertarik pada apapun

www.goodreads.com

Minat pada satu hal atau beberapa hal dan keputusan untuk menekuninya membantumu menemukan identitas diri. Tertarik pada banyak hal itu bukan kesalahan, tapi nggak semua orang punya waktu yang cukup untuk menekuni semuanya. Coba cari salah satu atau dua yang kalau kamu tekuni bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan sekitar. Minimal untuk diri sendiri dulu deh. Nggak tertarik pada apapun bisa jadi suatu tanda bahwa kamu sebenarnya bingung saja dan akhirnya memilih untuk nggak menyenangi apa-apa. Wah ini bahaya sih buat kehidupanmu. Nggak tertarik sama apapun ibarat nggak hidup, cuma numpang bernapas di dunia.

4. Berusaha terlihat keren di mata orang lain

pixabay.com

Artinya kamu belum bisa menerima diri sendiri. Buat apa coba terlihat keren di mata orang lain sementara setiap orang punya sisi keren tersendiri? Pamer baik secara terang-terangan ataupun humble bragging dan mengeluh sambil menunjukkan kegiatan di media sosial yang sebenarnya orang lain nggak perlu tahu biasanya jadi salah satu cara yang dilakukan. Coba deh cari tahu potensimu yang bikin kamu keren tanpa harus membanding-bandingkannya dengan orang lain.

5. Supaya bisa terbebas dari krisis identitas, lakukan hal-hal berikut
pixabay.com

Kenali dirimu. Caranya, evaluasi hal apa saja di dalam hidupmu yang bisa bikin hidupmu lebih baik atau bahagia. Contoh: ngumpul sama teman setiap hari ternyata bikin nggak produktif. Tapi ngumpul setiap weekend bikin produktif. Mulai minggu depan ngumpulnya seminggu sekali saja. Buat batasan dalam melakukan apa saja. Contoh: dalam berpacaran, kamu akan minta putus kalau pasanganmu abusif secara fisik maupun emosional.

pixabay.com

Terakhir dan paling penting, terima dirimu sebagaimana adanya tapi jangan berhenti untuk terus menjadi lebih baik dengan versimu sendiri. Misalnya kamu orang yang lebih suka ketenangan dan menikmati musik-musik folk-akustik, tapi di mata teman-teman, yang keren adalah EDM. Ya nggak usah dipedulikan. Manusia kan memang diciptakan berbeda-beda. Untuk apa menyeragamkan diri dengan yang lain? Kamu bisa saja lalu belajar salah satu instrumen musik dan menjadi performer di acara-acara lokal, nasional, hingga internasional. Kebayang kan gimana maksudnya?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Saran Outfit Ala Ariel Tatum untuk Samarkan Dada Besar - Keepodotme

Saran Outfit Ala Ariel Tatum untuk Samarkan Dada Besar - Keepodotme

7 Desain Kamar Tidur Ala Korea Ini Bikin Betah di Rumah. Kyeopta!

7 Desain Kamar Tidur Ala Korea Ini Bikin Betah di Rumah. Kyeopta!

Benarkah pada Tahun 2035 Manusia Bisa Bertelportasi? - Keepodotme

Benarkah pada Tahun 2035 Manusia Bisa Bertelportasi? - Keepodotme

Jangan Baper, Mengucapkan Selamat Hari Raya ke Penganut Agama Lain Boleh Kok, Ini Alasannya!

Jangan Baper, Mengucapkan Selamat Hari Raya ke Penganut Agama Lain Boleh Kok, Ini Alasannya!

Masih Punya Rasa Cinta, 7 Pasangan Artis Ini Rujuk Kembali Setelah Bercerai - Keepodotme

Masih Punya Rasa Cinta, 7 Pasangan Artis Ini Rujuk Kembali Setelah Bercerai - Keepodotme

Catat! 11 Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

Catat! 11 Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

loading