Sering Migrain Saat Datang Bulan? Nggak Usah Khawatir, Ini Lho Penyebabnya!

25 Mei 2018
|Galih Pangestu Jati

Sakit kepala sebelah atau migrain memang sering dialami oleh banyak orang. Alih-alih segera diobati, migrain sering kali malah diabaikan oleh para penderitanya. Namun, ternyata sakit kepala sebelah ini juga dialami oleh para perempuan yang sedang menstruasi. Umumnya, mereka mengalami migrain saat dua atau tiga hari sebelum masa menstruasi hingga tiga hari awal periode menstruasi. Lalu, bahaya nggak, sih?

Dilansir dari Daily Mail, migrain pada perempuan saat menstruasi merupakan kondisi yang tidak berbahaya. Walaupun tidak semua perempuan mengalaminya, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. 

Seorang profesor kesehatan dari Center for Neuroscience dan Trauma, Anne MacGregoe mencoba menjelaskan kondisi ini. Ia menerangkan bahwa selama masa menstruasi, hormon seorang perempuan akan mengalami perubahan yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, termasuk otak dan kepala. Perubahan hormon ini juga dapat merangsang timbulnya rasa nyeri kepala sehingga penderita mengalami migrain.

Selain itu, perubahan hormon juga menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh lainnya, seperti di perut, di punggung, dan di pergelangan kaki atau lengan. Tingkat Serotonin pada tubuh yang rendah juga bisa berakibat turunnya hormon estrogen sehingga membuat nafsu makan bertambah, emosi tidak stabil, dan tidak semangat saat menjalankan aktivitas. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi migrain saat mengalami masa menstruasi?

Bagi kamu yang mengalami migrain saat menstruasi, sebenarnya kamu hanya disarankan untuk beristirahat cukup. Selain itu, kamu harus mengonsumsi air putih yang cukup. Kemudian, agar migrain tidak kambuh saat haid datang, kamu bisa menerapkan pola hidup yang sehat, seperti mengurangi konsumsi minuman manis dan bersoda, banyak mengonsumsi buah dan sayur, jangan lupa istirahat cukup, serta berolahraga secara teratur.

Nah, bagi kamu yang sering mengalami migrain saat menstruasi, kini kamu tak perlu khawatir lagi sebab hal ini ternyata merupakan sesuatu yang cukup wajar. Namun, jika masih ada hal yang kurang jelas atau kamu tetap khawatir dengan kondisi tubuhmu, kamu bisa pergi ke dokter untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi mengenai keluhan yang kamu alami.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
SHARES