Sering Memendam Masalah Sangat Berbahaya Bagi Keberlangsungan Hubungan

unsplash.com

Banyak yang mengatakan bahwa dalam suatu hubungan, kejujuran dan keterbukaan adalah hal yang sangat penting. Khususnya yang masih terkait atau dapat berdampak terhadap keberlangsungan hubungan tersebut. Sebab, kejujuran dan keterbukaan itulah yang nantinya merawat hubungan tersebut.

Penelitian terbaru membuktikan, pasangan--baik salah satu maupun keduanya--jika terlalu sering memendam masalah sendirian justru akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan asmara yang sedang dijalani. Mengapa demikian?

1. Bagaimana ‘diam’ ada dalam hubungan?

unsplash.com

Diam digunakan oleh banyak orang sebagai cara untuk menarik diri dari situasi stres atau menyakitkan dalam suatu hubungan. Mereka merasa bahwa pasangan mereka mungkin tidak mendengarkan atau mengerti. Mungkin mengatakan hal-hal buruk, oleh sebab itu diam menjadi solusinya.

Namun, tidak membahas masalah itu membuat keadaan memburuk dan melemahkan hubungan. Beberapa menggunakan keheningan sebagai periode 'break'. Yang mengkhawatirkan adalah mereka yang menggunakan diam sebagai senjata atau bentuk hukuman.

Diam mungkin akan bekerja pada awalnya, tetapi secara bertahap akan membuat kamu dan pasangan terpisah. Jika demikian, masalahnya yang harusnya diselesaikan justru akan terbengkalai dan menumpuk hingga menjadi bom waktu.

2. Apa kerusakan yang ditimbulkan ‘diam’?

unsplash.com

Diam mengurangi tingkat kenyamanan, komunikasi yang bermakna, atau resolusi konflik. Hal ini pun akhirnya mengarah pada frustrasi, kurangnya keintiman emosional dan fisik, kesalahpahaman, rasa tidak aman dan masalah kepercayaan.

Di sisi individu, diam dapat membuat kamu merasa tidak diinginkan atau tidak dihargai. Ini mengarah ke masalah yang lebih serius seperti perselingkuhan, harga diri rendah, depresi dan masalah kesehatan juga.

Diam punya banyak dampak buruk bagi hubunganmu dan pasangan. Hal ini berarti bahwa kamu dan pasangan harus mengkomunikasikan segala sesuatu yang ada di hubunganmu. Tidak perlu menunggu sesuatu itu menjadi masalah baru dibicarakan. Komunikasi lebih awal justru bisa mencegah konflik.

3. Bagaimana cara menghentikannya?

unsplash.com

Ada beberapa metode sederhana yang dapat membantumu menghindari keheningan yang mematikan. Ketika perkelahian semakin tidak terkendali, tarik napas dan alihkan fokus kamu kembali ke gambaran yang lebih besar. Kamu juga memahami apakah beralih ke diam adalah masalah yang lebih mengakar.

Ingat, berbicara dengan pasangan kamu dapat menyelesaikan ini! Kamu harus renungkan dan diskusikan apa yang kamu lakukan, yang membuat pasangan kamu memilih diam. Tetapkan beberapa aturan dasar seperti tidak berjalan keluar saat bertengkar. Bersikap lebih terbuka dan mau menerima kesalahan pasangan atau kesalahan kamu adalah hal yang sangat berarti dalam sebuah hubungan.

Mungkin tidak semua hal harus diceritakan terutama persoalan-persoalan yang sifatnya privasi. Tapi jika itu dapat berpengaruh terhadap hubungan antara kamu dengan pasangan, tidak ada salahnya perlahan-lahan menceritakan masalah tersebut secara jujur dan terbuka.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kerja Lebih Produktif Bila Ruang Kerjamu Mengikuti Referensi Desain Ini

Kerja Lebih Produktif Bila Ruang Kerjamu Mengikuti Referensi Desain Ini

Tips Agar Tidak Canggung Saat Datang ke Kondangan Sendirian

Tips Agar Tidak Canggung Saat Datang ke Kondangan Sendirian

Dampak Buruk Parfum bagi Makhluk Hidup dan Lingkungan

Dampak Buruk Parfum bagi Makhluk Hidup dan Lingkungan

Kakeibo, Metode Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang

Kakeibo, Metode Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang

Kiat Sukses untuk Memulai Bisnis Startup Sendiri

Kiat Sukses untuk Memulai Bisnis Startup Sendiri

Pastikan Hal Ini Sudah Beres Sebelum Hari-H Wisuda Tiba

Pastikan Hal Ini Sudah Beres Sebelum Hari-H Wisuda Tiba

loading