Sering Digunakan, Tapi Nyatanya Benda-benda Lucu Ini Berbahaya Untuk Keselamatan Kamu!

07 April 2018
|Mega Fitriyani
1.7 KSHARES
Mata manusia mudah sekali dipengaruhi. Benda-benda yang lucu, menarik, dan unik bisa dipastikan akan merebut atensi orang-orang. Banyak juga yang kemudian nggak tahan dan secara impulsif membeli benda-benda itu. Iya, benda yang unik, cute, dan menawan emang punya pesona sendiri, ya. Tapi, nggak semua yang lucu itu baik buat tubuh. Banyak di antaranya yang justru berbahaya bagi manusia. Yuk, kepo daftarnya.

1. Glitter

Benda berwarna-warni ini memang menarik banget, dan cocok dijadikan hiasan di berbagai hasta karya. Glitter dapat menjadi berbahaya jika tidak diperlakukan dengan baik. Kasus kebutaan yang diakibatkan glitter pernah terjadi pada seorang wanita Florida, Erica Diaz. Ia kehilangan sebelah matanya karena terkena bubuk glitter dari hasta karya yang ia buat. Glitter memasuki mata dan merobek kornea matanya. Transplantasi mata pun tak berhasil menyelamatkan matanya. Ia hanya berpesan, seseorang harus menggunakan kacamata jika berhubungan dengan glitter. Selain Erica, beberapa kasus nyaris buta karena glitter juga pernah terjadi.

2. Case handphone

Case handphone emang lucu-lucu banget. Salah satunya adalah case yang di dalamnya ada cairan dengan butiran glitter yang bisa bergerak-gerak bebas. Case handphone ini memang keren dan banyak banget peminatnya. Tapi, jenis case ini ternyata berpotensi membuat luka bakar. Contoh kasusnya adalah Molly Brown yang mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya karena case smartphonenya bocor. Ternyata, cairan di dalam case handphone itu bukan air biasa, tapi bahan kimia yang berpotensi menimbulkan iritasi.

3. Ponco

Ponco memang sudah digunakan secara luas oleh masyarakat, terutama para pengendara motor. Selain bisa melindungi diri sendiri, ponco juga bisa melindungi barang-barang bawaan pengendara motor dari hujan. Tapi, ponco berpotensi bikin kecelakaan, lho. Ujung ponco yang panjang mudah sekali tersangkut ke dalam roda atau rantai dan membuat kendaraan otomatis berhenti, dan bahkan bisa membuat pengendara kecelakaan.

4. Payung motor

Payung motor adalah salah satu inovasi yang lucu, tapi nggak ama banget. Payung bisa dengan mudah tertiup angin dan bikin pengendara motor oleng, kan?
5. Sarung tangan motor
Sarung tangan yang dibuat melekat dengan setang motor sekilas tampak praktis digunakan. Tapi, sarung tangan itu justru membatasi ruang gerak pengendara motor, termasuk gerak refleksnya.
6. Spidol
Spidol memiliki bahan kimia yang disebut xylene. Bahan kimia ini menibulkan aroma khas, seperti yang ditemukan di spidol, thinner dan pernis. Ketika dihirup dalam jangka waktu tertentu, bahan kimia ini bisa menimbulkan gejala-gejala gangguan pernapasan, sakit kepala, pusing, dan kehilangan memori jangka pendek

Nah, nggak selamanya yang cute itu aman digunakan, lho. Saat ada produk yang menarik, pastikan kamu memikirkan dengan matang sebelum membelinya. Perhatikan risiko-risiko apa yang mungkin timbul. Terakhir, terus hati-hati ya, baik saat membeli dan menggunakan produknya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
1.7 KSHARES