Sering Bertengkar Dengan Pasangan Karena Salah Paham? Coba Terapkan 7 Hal Ini!

08 Oktober 2017
|Lidya Kartika
Life
0SHARES

Buat kamu yang pernah atau sedang pacaran, pasti tahu banget kalau pertengkaran menjadi suatu hal yang nggak bisa terpisahkan dari berjalannya suatu hubungan. Memang, sebenarnya ada beberapa keadaan di mana pertengkaran justru menjadi jalan keluar dan membuat hubungan makin awet. Tapi, kalau ributnya karena salah paham, itu sebenernya nggak banget lho. Dalam keadaan kesalahpahaman yang nggak bisa terhindari, ini nih hal-hal yang bisa mencegah pertengkaran terjadi antara kamu dan dia!

1. Utamakan logika

Saat sedang salah paham, kita cenderung nggak peduli dengan perasaan pasangan. Kita cuma fokus kalau dia yang salah, kita yang benar. Nah, mulai sekarang, setiap kalian mengalami salah paham, usahakan untuk mengambil waktu sejenak buat tarik nafas. Gunakan waktu sesuai kebutuhan kamu untuk menjauh dari keadaan ini. Setelah itu, pikirkan kesalahpahaman kalian dari berbagai sudut pandang. Bisa jadi, sebenarnya hal itu amat konyol dan nggak perlu diteruskan hingga terjadi pertengkaran. Gunakan logika untuk mencerna perasaan dan pikiran pasanganmu. Jangan sampai kalian salah paham tentang hal-hal yang nggak masuk akal!

2. Akui kesalahan pribadi

Nah, setelah melihat persoalan dari berbagai sudut pandang, bisa jadi kamu juga melakukan suatu keasalahan. Saat itu, pastikan kamu sadari kesalahanmu. Akui kesalahanmu yang mengakibatkan masalah kalian terjadi. Lalai mengakui kesalahan dapat berakibat saling menyalahkan. Tentunya hubungan akan berubah jadi tidak sehat, karena kalian jadi tidak puas dan tidak bahagia. Sikap rendah hati dapat menyelamatkan sebuah hubungan.

3. Pikirkan masa depan bersama pasangan

Membayangkan masa depan bersama pasangan dapat menyadarkanmu betapa pentingnya hubungan kalian. Dari menikah, memiliki anak, liburan bersama, dan lain sebagainya. Ingat-ingat juga alasan kamu memilih dan mencintai pasangan. Ingat betapa berharga pasanganmu untuk kamu sebelum kamu menegur kesalahan yang telah dia perbuat, karena dengan begitu, kamu bisa membicarakan kesalahan tersebut dengan kepala dingin. Terkadang satu kesalahan dapat menghapus semua kebaikan yang ada. Jangan biarkan itu terjadi dalam hubungan kalian.

4. Berhenti dan tenangkan diri dulu saat pertengkaran mulai memuncak

Ketika pertengkaran akibat salah paham sudah tidak bisa dikendalikan lagi dan kalian berdua sama-sama terbawa emosi, segera akhiri dengan berkata, “Tunggu. Kenapa kita sampai marah-marah begini? Kita tenangin diri dulu, yuk.” Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa mengambil nafas sejenak dan menenangkan diri. Ketika sudah sama-sama tenang dan tidak terbawa emosi, barulah bicarakan kembali permasalahan kalian dengan baik-baik.

5. Dengarkan sudut pandangnya

Ada perbedaan yang kontras antara menjalin hubungan dengan anak-anak atau dengan pasangan : kedewasaan. Orang dewasa memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam menyikapi sesuatu. Makanya, dalam sebuah kesalahpahaman, usahakan untuk berkata, “Oke, kenapa kamu bisa berpikir seperti itu?”, daripada langsung bilang, “Enggak! Kamu pasti salah!”. Hormatilah pasanganmu sebagaimana kamu juga ingin dihormati.

6. Bertanyalah dengan sederhana

Saat kamu ingin bertanya kepada pasanganmu, gunakan pertanyaan sederhana, seperti, “Kenapa kamu marah saat aku jalan dengan perempuan itu?”. Pertanyaan yang sederhana seperti itu membuat kamu mampu mendapatkan jawaban yang tepat sasaran dan jujur dari pasanganmu. Setelahnya, kalian bisa menyelesaikan persoalan salah paham kalian bersama-sama, setelah memahami posisi dan jalan berfikir satu sama lain.

7. Bagaimanapun, komunikasi yang jelas menjadi kunci utama!

Bagian terbesar dari sebuah hubungan adalah komunikasi. Kamu dan pasanganmu adalah dua individu berbeda yang hanya dapat memahami satu sama lain melalui jalur komunikasi, baik komunikasi yang verbal maupun gestur-gestur yang tersirat. Karena itu, cara terbaik untuk menghindari pertengkaran dengan pasangan akibat salah paham adalah dengan mengkomunikasikan perasaanmu dan pikiranmu secara jelas kepada pasangan. Ingat, pasangan kita bukan dukun yang mampu membaca isi pikiran kita, maka jangan harap ia akan tahu perasaanmu tanpa kamu utarakan!

Hubungan adalah sesuatu yang melibatkan dua individu yang memiliki perasaan dan pikiran yang berbeda. Karena itu, wajar jika dalam hubungan terjadi kesalahpahaman. Akan tetapi, kesalahpahaman tidak perlu berujung pada pertengkaran kok, kalau pihak-pihak yang menjalaninya saling terbuka untuk mendengar dan memahami satu sama lain. Nah, kalau sekarang kamu sedang mengalami kesalahpahaman dengan pasanganmu, yuk segera diselesaikan. Ingat, hubungan lebih berharga daripada ego sendiri!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES