Sering Alami Pelecehan Seksual, Hannah Al Rashid: Perempuan Harus Berani Stand Up dan Speak Up

23 Maret 2018
|Chandra W.
700SHARES

Pernahkah kamu, perempuan, mengalami pelecehan seksual di jalan, di kendaraan, bahkan di kantor, kampus atau sekolah? Isu pelecehan dan kekerasan seksual nggak pernah benar-benar berkurang di Indonesia, trennya justru meningkat dari waktu ke waktu. Seperti kasus pelecehan seksual yang terjadi di KRL misalnya. Korbannya nggak hanya satu-dua, tapi banyak. Termasuk juga aktris Hannah Al Rashid yang dilansir dari Liputan6.com sering mengalami pelecehan seksual.

1. Perempuan rentan menjadi korban kekerasan seksual setiap melangkah ke luar rumah, bahkan tak sedikit pula yang mengalami di dalam rumah

Jangan dipikir kekerasan seksual hanya berbentuk pencabulan dan pemerkosaan. Dipanggil bukan dengan nama serta disiuli juga termasuk pelecehan seksual. Misalnya kamu lagi jalan terus digodain, ‘hei cantik, mau ke mana nih? sendirian aja..’ itu sudah termasuk pelecehan seksual.

2. Hannah Al Rashid sendiri bahkan beberapa kali dipegang bagian tubuhnya saat sedang naik motor

Ia mengejar pelaku tetapi nggak sampai karena si pelaku langsung memacu kendaraannya dengan cepat. Selain itu ada yang lebih mengerikan. Ada pria yang pernah memandanginya dengan tatapan aneh lalu mengeluarkan alat kelamin dan masturbasi di hadapannya. Kejadian ini juga berlangsung lebih dari satu kali.

3. Aktris sekaligus aktivis kesetaraan gender ini menganjurkan kepada kita para perempuan untuk berani melawan pelaku kekerasan seksual

Kalau ada yang berani macam-macam sama kita, samperin terus lawan aja! Bahkan ketika digoda sekalipun yang bikin kita nggak nyaman, kita boleh banget dan wajib banget malah bilang kalau nggak semestinya perempuan diperlakukan seperti itu. Kalau si pelaku nggak bisa diomongin baik-baik, main fisik pun nggak apa-apa untuk pertahanan diri.

4. Selain itu, sesama perempuan juga harus saling mengingatkan dan menguatkan, terkait pelecehan dan kekerasan seksual

Ketika kamu mengalami kekerasan seksual, jangan diam saja. Manfaatkan media sosial agar perempuan lain semakin sadar dan waspada serta mendapatkan keberanian untuk mengungkap hal yang sama. Nyatanya, kampanye semacam #MeToo juga mendapat sambutan luar biasa dari seluruh dunia. Artinya, kekerasan seksual ini adalah isu yang serius dan sifatnya global, termasuk di Indonesia. Keberanian untuk mengungkapkan kejadian ini akan menjadi bentuk penguatan sesama penyintas juga pengingat bahwa kita nggak sendirian.

Makanya buat kamu para perempuan di seluruh Indonesia, yuk bersama-sama berani bicara, berdiri bersama melawan kekerasan seksual mulai dari diri sendiri! Kamu pasti akan mendapatkan bantuan, asalkan kamu berani bicara. Sudah siap?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
700SHARES