Semua Mengalami Ini, 11 Kenangan Paling Diingat Masa SMA. Bikin Kamu Kangen Berat

22 Maret 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Ada yang bilang zaman SMA itu adalah masa yang paling membahagiakan. Mungkin ini benar adanya, sebab mereka belum memikirkan bagaimana untuk mencari duit, bayar tagihan kos, uang makan harian, deadline pekerjaan, dan semacamnya. Tapi di luar itu, masa ini memang waktu di mana kita mencari jati diri dan pasti banyak lika-liku di dalamnya.

Nah bagi kamu yang kangen masa-masa saat duduk di bangku SMA, berikut adalah berbagai momen yang pernah kita alami dan bikin ketawa-ketawa sendiri. Penasaran apa saja? Kepoin, yuk!

1. Pertama masuk SMA, kamu langsung dihadapkan dengan drama nggak penting

Ya, pertama masuk SMA kamu harus menghadapi Masa Orientasi Siswa atau MOS. Di momen ini juga kamu harus dandan aneh-aneh. Bahkan, ada peraturan khusus yang suka menyusahkan kamu. Misal tasnya harus memakai kantong gandum dengan merek tertentu, atau pisang dampet dengan jumlah tertentu. Belum lagi, banyak drama yang sering dilakukan kakak kelas, mulai dari sok galak, dikerjain - yang terkandang kamu nggak tahu faedahnya apa. Tapi meski begitu, ini adalah momen di mana kamu mencari teman baru dan sangat menyenangkan.

2. Siapa yang dulu jadi langganan masuk ruangan BP?

Rasanya nggak sah kalau ketika SMA, belum pernah masuk ruang BP. Maka nggak kaget juga kalau beberapa dari kamu ada yang masuk ruangan ini berkali-kali. Penyebabnya juga pasti bisa macem-macem, yang jelas itu karena ulah kamu di lingkungan sekolah. Misalnya berantem, bolos, melanggar etika sekolah, dan semacamnya. Tapi itulah yang membuat kita kangen dan suka ketawa sendiri saat mengingatnya.

3. Saat upacara, siapa yang pernah kejaring razia?

Biasanya saat upacara ada pemandangan tersediri di depan. Tentu selain ada barisan para guru, ada juga barisan khusus para siswa yang tidak berpakaian lengkap. Misalnya nggak pakai ikat pinggang, dasi, lupa bawa topi, bahkan kalau ada rambut yang kepanjangan juga bakalan ikut ‘berjemur’ di depan. Namun sebenarnya hal ini bagus untuk kamu, di mana mengajarkan kamu untuk lebih disiplin dan tampil rapi.

4. Pokoknya paling bahagia deh kalau jam pelajaran lagi kosong

Ini adalah salah satu momen paling membahagiakan saat zaman SMA. Apalagi setelah itu kamu bisa pulang lebih awal. Duh, happy-nya nggak ketulungan! Namun di saat kejadian ini, pasti kelas jadi kocar-kacir, ada yang main games, ngerumpi, jajan di kantin, pergi ke toilet tapi nggak balik-balik, dan seterusnya. Tapi biasanya sih bakal ada tugas dari guru sebagai penggantinya, tapi sama saja kelas bakal berisik hingga ada salah satu guru yang dateng ngecek kelas dan mendadak kelas menjadi sunyi senyap.

5. Dulu Penjaskes adalah pelajaran paling favorit

Penjaskes adalah pelajaran paling favorit saat SMA. Dari pagi saat berangkat sekolah, kamu sangat bersemangat untuk segera olahraga. Karena pelajaran ini kamu merasa bebas, nggak ada pelajaran di kelas yang melelahkan. Tapi setelah selesai, bau kelas menjadi ‘semerbak’ dengan berbagai wangi-wangian khas keringat. Bahkan menggunakan AC atau kipas angin pun tidak membantu, justru bisa memperparah bau ruangan. Hahaha...

6. Anak SMA paling paham dengan konsep kebersamaan, terlebih saat ujian

Masa ujian tiba, pasti kamu bakal mencari segala cara agar sukses. Mulai dari jarpok (belajar kelompok), les privat, komat-kamit ngapalin materi, hingga mencoba deketin teman kelas yang paling pintar. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk pinjam buku catatannya dan difotokopi sekelas. Hahaha... Namun di momen inilah kamu bisa merasakan perjuangan bersama-sama dengan teman sekelas.

7. Anak SMA sangat kreatif dalam mencari jawaban saat ujian

Apakah kamu memiliki kode-kode tersendiri saat ingin mencontek? Biasanya ada yang menggunakan jari tangan untuk jawaban pilihan ganda, satu jari ada “A”, dua jari adalah “B” dan seterusnya. Namun selain itu ada juga yang menggunakan catatan kecil yang dimasukkan ke dalam pulpen. Atau, celana/rok dimodifikasi khusus dengan menambah saku agar bisa menyimpan catatan. Pokoknya akal anak SMA untuk hal ini banyak banget, deh!

8. Ketika gerbang sekolah hampir ditutup, kamu mandadak menjadi pembalap atau pelari handal

Ketika waktu hampir menunjukkan pukul 07.00, kamu pasti mulai panik karena takut telat. Sebab, beberapa sekolah memiliki hukuman tersendiri bagi siswa yang telat masuk. Seperti menyapu halaman, dijemur di lapangan sekolah, membersihkan WC, push-up, dan macem-macem. Itulah mengapa di momen ini kamu mendadak menjadi orang super cepat - entah itu lari maraton maupun ngebut naik motor!

9. Saat kenaikan kelas, berangkat lebih awal untuk mencari tempat duduk paling strategis

Biasanya ini hanya terjadi saat kenaikan kelas saja (setiap sekolah bisa berbeda). Jadi hari pertama masuk, pasti beberapa dari kamu sengaja berangkat lebih awal agar bisa memilih bangku paling strategis. Misalnya deretan paling belakang dan pojok. Karena posisi inilah kamu bisa tidur dan mainan HP sesuka hati saat pelajaran.

10. Belakang sekolah adalah lokasi favorit buat nongkrong

Khususnya buat cowok-cowok nih, belakang sekolah selalu jadi tempat favorit buat nongkrong. Memang lokasi ini enak dan nyaman untuk melepas kepenatan setelah. Kamu juga bebas melakukan apa saja, bahkan merokok. Namun hati-hati saja kalau ada guru yang keliling. Pasti pada ngacir!

11. Guyonan andalan, cuma zaman SMA kamu dipanggil dengan nama orangtuamu

Ya, candaan ini memang populer masa SMA. Kamu suka dipanggil dengan nama orangtua kamu seperti nama bapak. Namun begitu pula ketika kamu memanggil temanmu juga melakukan hal yang sama. Namun terkadang inilah yang suka menunjukkan keakraban dengan teman lain. Apalagi ketika mereka main ke rumah, pasti juga gampang akrab dengan orangtuamu.

Itulah tadi momen-momen masa SMA yang paling kamu ingat karena hampir semua mengalami ini. Tentu saja masih ada kenangan indah lain yang belum tertulis di atas. Untuk itu, kamu juga bisa menceritakan kenangan versi kamu di kolom komentar.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES