Selain Yoga, Ini Dia Cara-cara Ampuh Untuk Menghilangkan Stres!

22 Februari 2017
|Idham Nur Indrajaya
Life
0SHARES

Dalam kesempatan sebelumnya, YuKepo pernah membahas beberapa manfaat yang bisa temen-temen dapatkan dengan cara yoga atau meditasi. Pada kenyataannya, nggak semua orang bisa nahan diri untuk diam dalam waktu yang lama untuk membuat pikiran rileks seperti yang biasa orang lakukan ketika sedang yoga lho. Dalam beberapa kasus, bahkan ada orang-orang yang menganggap kalau meditasi itu malah ngebuang waktu, apalagi kalau mereka udah terlalu terbiasa dengan aktivitas-aktivitas yang begitu padat di kesehariannya. Makanya, dalam kesempatan kali ini, YuKepo sudah merangkum beberapa trik alternatif untuk mengurangi stress karena dinamika hidup yang terlalu penat. Yuk, kita kepoin!

1. Menulis bebas

Menulis bebas di sini, benar-benar menulis bebas dalam artian yang sebenarnya. Kamu nggak perlu mikirin struktur paragraf, struktur kalimat, SPOK, gagasan utama, dan lain-lain. Latihan ini emang disengaja untuk membiarkan arus pikiran kamu mengalir begitu saja tanpa adanya batas-batas tertentu yang didasari oleh logika. Pokoknya, tulis aja semua perasaan kamu apa adanya. Tapi nggak perlu dipublikasikan di medsos juga ya. Nanti takutnya malah ngasih dampak yang aneh-aneh ke kamu. Dalam hasil penelitian yang bisa kamu akses di apt.rcpsych.org, orang-orang yang membiasakan diri dengan menuliskan ekspresi bebas dalam jangka waktu 15-20 menit setiap hari, mengalami peningkatan kesehatan baik secara fisik maupun mental. Jadi, layak dicoba kan?

2. Melatih teknik pernapasan

Sebenarnya, teknik pernapasan adalah hal yang cukup esensial dalam meditasi. Akan tetapi, sebenarnya melatih teknik pernapasan tanpa harus memposisikan badan seperti yang biasa dilakukan dalam yoga atau meditasi, ternyata sudah cukup untuk mengurangi stres. Apalagi kegiatan ini bisa dilakukan kapanpun kamu mau. Penelitian yang dilakukan Harvard membuktikan bahwa dengan teknik pernapasan yang baik, detak jantung akan lebih lembut temponya, dan tekanan darah pun akan lebih stabil. Jadi, kalau misalnya dalam suatu hari kamu tiba-tiba mendadak merasakan stres mendatangi kamu, jangan lupa untuk tarik napas pelan-pelan dan buang napas itu secara perlahan, dan lakukan secara berulang sampai stres kamu benar-benar sudah berkurang.

3. Berdiam di tempat yang benar-benar hening

Cobalah dedikasikan waktu kamu untuk merasakan keheningan tanpa adanya suara dari televisi, radio, laptop, telepon genggam, dan lain-lain. Bahkan, cobalah untuk benar-benar berdiam di tempat yang jauh dari suara selama 2-5 menit dalam sehari. Dilansir dari artikel yang dipublikasikan oleh National Center of Biotechnology Information, momen keheningan selama dua menit itu lebih baik untuk mengurangi stres dibandingkan mendengarkan lagu-lagu yang membawa efek ketenangan. Dengan momen seperti ini, pertahanan sensori tubuh kamu akan berkurang sehingga dapat mengurangi stres yang menumpuk.

4. Membaca novel atau jenis prosa lainnya

Mungkin nggak semua orang bisa bertahan lama-lama di depan novel. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sussex membuktikan bahwa membaca novel itu lebih ampuh untuk mengurangi stres dibandingkan mendengarkan lagu, minum teh, atau jalan-jalan. Teks naratif yang tertera pada halaman novel dapat merangsang imajinasi dan memberi stimulant pada kreativitas kamu sehingga kamu akan mendapatkan kesadaran secara penuh, dan pada akhirnya akan membantu mengurangi tekanan mental yang melanda diri kamu.

5. Mewarnai buku gambar

Seorang ahli neuropsikologi bernama Dr. Stan Rodski menyatakan bahwa terjadi respon positif pada otak dan jantung manusia ketika sedang mewarnai suatu gambar. Kegiatan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat ini ternyata memiliki efek yang luar biasa pada kesehatan otak manusia, yakni merangsang imajinasi serta mengurangi beban pikiran yang seringkali menyertai otak manusia ketika dirinya dibombardir oleh aktivitas-aktivitas di kesehariannya.

6. Berolahraga

Kecuali olahraga yang bersifat kompetitif, seperti sepak bola, basket, dan lain-lain. Olahraga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mood manusia. Dalam artikel yang memaparkan tentang ciri-ciri psikopat, telah dibahas mengenai endorfin, yakni hormon yang timbul saat manusia sedang merasakan kesenangan. Ternyata, olahraga juga bisa menstimulasi pancaran endorfin pada otak sehingga dapat mengurangi stres.

7. Berjalan-jalan di luar ruangan

Ketika kamu merasa tertekan oleh stres yang melanda di tempat kerja atau di rumah, kamu bisa mencoba menyempatkan diri untuk berjalan-jalan kecil setidaknya untuk beberapa menit saja. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan perspektif yang lebih segar sehingga rasa stres yang menyertai kamu bisa hilang seiring dengan langkah kaki kamu. Lumayan kan sekalian bakar lemak?

Nah, itu dia beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres selain dengan cara meditasi. Yang jelas, stres itu jangan keseringan ditumpuk. Nanti cepet tua!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES