Selain Greta Thunberg, Ini Aktivis Muda yang Harus Diapresiasi

www.yukepo.com

Nama Greta Thunberg beberapa waktu lalu sempat menghiasi media internasional dan nasional. Banyak yang memuja komitmen dan pemikirannya yang dewasa untuk anak seusianya. Namun, Greta hanyalah satu di antara deretan aktivis muda lainnya.

Sayangnya, nama Greta yang menyusul Malala terlalu dominan, membuat aktivis lain seakan dilupakan. Ini dia beberapa nama aktivis muda lain yang wajib kamu dukung karya dan kontribusinya.

1. Aditya Mukarji

www.bbc.co.uk

Aditya adalah seorang remaja asal India yang tergerak hatinya karena sedotan plastik. Video sekelompok orang berusaha melepaskan sedotan plastik yang tersangkut di hidung seekor penyu membuat hatinya terenyuh.

Sejak itu, ia pun menentang penggunaan sedotan plastik. Ia bahkan telah mengajak beberapa hotel di India untuk tak lagi menyediakan calon sampah yang susah terurai tersebut. Lewat kontribusinya ini, Aditya dapat beasiswa pendidikan dan kesempatan magang di beberapa NGO pro lingkungan. Ia pun sangat vokal memberikan informasi tentang bahaya plastik lewat Twitter.

2. Nina Gualinga

wwf.panda.org

Beda dengan Greta yang berasal dari keluarga kelas menengah Swedia, Nina Gualinga adalah seorang aktivis lingkungan yang berasal dari salah satu suku asli Amazon. Ia bahkan sudah aktif mengadvokasi perlindungan terhadap lingkungan dan penduduk asli Amazon sejak usia 8 tahun.

Kini, ia sudah memasuki usia dewasa. Ia masih jadi nama prominen dalam perlindungan kekayaan alam hutan Amazon khususnya di wilayah Ekuador.

3. Autumn Peltier

nationalpost.com

Tinggal di pinggiran Kanada, Autumn dapat julukan water warrior dari penduduk setempat. Tinggal di daerah yang terpencil, membuat Autumn berhadapan langsung dengan masalah kesulitan air bersih.

Di negara maju sekelas Kanada, masih banyak orang yang tak bisa mengakses air bersih. Ia akhirnya dapat pengakuan dan beberapa kali diundang ke berbagai acara tentang lingkungan. Termasuk oleh pemerintahan Kanada di bawah pimpinan Justin Trudeau.

4. Leah Namugerwa
www.bbc.co.uk

Terinspirasi dari gerakan dan komitmen Greta Thunberg, seorang remaja asal Uganda pun ikut menginisiasi gerakan sadar lingkungan. Ia melihat sendiri bagaimana perubahan iklim dan kerusakan lingkungan mempengaruhi hidupnya. Sejak saat itu ia pun sering melakukan demonstrasi dan sosialisasi tentang pentingnya mengubah gaya hidup untuk keberlangsungan generasi muda.

5. Shamma bint Suhail Faris Mazrui
www.socialsciencefortheworld.com

Shamma adalah seorang aktivis muda yang sudah meraih gelar master di usia 22 tahun. Ia menjabat posisi Minister of State for Youth Affairs di UEA. Tak hanya jenius, Shamma adalah sosok yang vokal dan sangat perhatian pada isu yang sering terlupakan. Lewat vokalnya, ia berharap lebih banyak anak muda yang peduli pada isu-isu sosial, politik, dan lingkungan.

6. Yara Shahidi

www.vibe.com

Yara adalah seorang aktris kulit berwarna di Amerika Serikat yang terjun sebagai aktivis. Ia gemas dengan diskriminasi yang ia lihat dan rasakan selama hidupnya. Ia pun membentuk sebuah yayasan atau klub yang memfasilitasi dan mendorong anak-anak sekolah untuk berdiskusi lintas ras, agama, dan banyak isu penting lainnya.

7. Jamie Margolin

assembly.malala.org

Namanya adalah sosok penting di balik terbentuknya organisasi Zero Hour. Ia adalah anak remaja yang melawan dan bertujuan meningkatkan awareness tentang perubahan iklim lewat pergerakan dan demonstrasi terstruktur. Bersama tim dan pendukungnya, ia pun sudah beberapa kali mengadakan pertemuan anak muda sadar lingkungan di Amerika Serikat.

Patut dicontoh dan dikagumi mereka ini. Ini hanya salah satu bukti kalau tidak semua anak muda generasi Y dan Z apatis. Sebaliknya, mereka punya kesadaran tinggi untuk isu-isu yang sering dilupakan atau diabaikan generasi sebelumnya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Calon Menteri Masa Depan, Ini Lho Deretan Anak Muda Yang Jadi Staf Khusus Jokowi! | Keepo.me

Calon Menteri Masa Depan, Ini Lho Deretan Anak Muda Yang Jadi Staf Khusus Jokowi! | Keepo.me

Mengapa Milenial dan Generasi Z Terobsesi dengan Kematian?

Mengapa Milenial dan Generasi Z Terobsesi dengan Kematian?

Dari Pamer Alat Kelamin hingga Lempar Sperma, Ini Deretan Aksi Cabul yang Hebohkan Publik | Keepo.me

Dari Pamer Alat Kelamin hingga Lempar Sperma, Ini Deretan Aksi Cabul yang Hebohkan Publik | Keepo.me

Alternatif Sedotan Plastik sebagai Bentuk Kontribusimu ke Lingkungan

Alternatif Sedotan Plastik sebagai Bentuk Kontribusimu ke Lingkungan

Demi Miss V Sehat dan Kencang, 5 Artis Ini Jalani Perawatan Organ Intim | Keepo.me

Demi Miss V Sehat dan Kencang, 5 Artis Ini Jalani Perawatan Organ Intim | Keepo.me

Kenapa Kita Masih Bertahan di Hubungan yang Toxic?

Kenapa Kita Masih Bertahan di Hubungan yang Toxic?

loading