Selain Cari Kerja, 7 Kegiatan Ini Bikin Waktu Menganggur Bermanfaat

rendhart.blogspot.co.id

Jaman sekarang, pendidikan tinggi aja gak menjamin kalau kamu bakal dapat pekerjaan dalam waktu yang cepat. Makanya tingkat pengangguran di Indonesia tiap tahun makin bertambah. Kalau udah di posisi itu, kita pasti ngerasa apa yang udah kita lakuin selama ini gak ada harganya, sia-sia. Apalagi kalau teman sepermainan udah pada kerja semua, seolah-olah Tuhan gak adil. Alhasil, kita cuma bisa diam di rumah karena malu belum dapet kerja. Tapi kamu sadar gak sih kalau waktu menganggur yang dikasih Tuhan itu punya manfaat lain? Kamu adalah orang-orang terpilih yang mendapatkan keuntungan yang lebih besar kalau kamu bisa memanfaatkan waktu menanggur dengan positif, misalnya kaya gini, nih.

1. Membantu Ibu dan Bapak di rumah

www.pxleyes.com

Ketika kamu sekolah dan kuliah waktu kamu sebagian besar dihabiskan di tempat tersebut. Waktu buat orang tua kamu tuh dikit banget. Dengan adanya waktu menganggur kamu bisa fokus untuk berbakti kepada mereka yang udah semakin tua, misalnya bantu ibu ke pasar, bantu bapak nyuci motor atau mobil, berberes rumah, dan ngobrol banyak sama mereka. Kok, kaya tugas pembantu rumah tangga ya? Enggak kok, kamu kan ga digaji, berarti kamu itu anak mereka.

2. Merintis usaha berdasarkan passion kamu

www.youtube.com

Kesempatan ini gak bakal didapet sama orang-orang yang udah punya kerja. Mereka cuma jadi karyawan, bukan bos. Kamu bisa fokus sama apa yang kamu sukai dan mengubah itu menjadi pundi-pundi uang. Kamu bakalan jadi bos untuk diri kamu sendiri dan orang lain.

3. Belajar dan terus belajar dari berbagai sumber

dianamulajblog.tumblr.com

Internet, buku, majalah, koran, radio, bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuan kamu. Dengan melakukan kegiatan ini, kamu bakalan gak ngerasa tertinggal dengan teman-teman kamu yang udah bekerja, malah lebih pintar, karena kamu sering menemukan hal baru.

4. Menulis dan menulis

www.biographywritingservices.com

Setelah kamu mendapatkan informasi terbaru dari berbagai media, kamu bisa merangkum semuanya dalam sebuah tulisan. Terserah mau nulis lagu, puisi, cerpen, novel, buku ilmiah, semuanya itu bakal bermanfaat banget buat otak kamu dalam menyusun sebuah gagasan. Oya, nulisnya jangan di tembok wartel, ya!

5. Melakukan traveling untuk mengenal diri sendiri

hbr.org

Kamu bisa manfaatin waktu kosong yang kamu punya untuk berkelana ke tempat-tempat yang unik. Kamu bisa belajar tentang budaya, menikmati alam, dan belajar menghargai hidup sekaligus mengenal diri sendiri. Kalo gak punya duit gimana? Backpacker aja. 

6. Mengikuti program relawan

relawannusantara.org

Waktu menganggur adalah waktu yang tepat untuk belajar berbagi dengan saudara-saudara kita di pedalaman sana. Kamu bakalan ketemu sama orang baru dan belajar bagaimana caranya peduli dan menghargai orang lain. Membantu sesama bikin hati kita lega, lho.

7. Mendekatkan diri kepada Tuhan

teguhprasetio.blogspot.co.id

Mungkin pas kita sekolah dan kuliah kita agak lupa dengan agama, maklum anak muda. Momen menganggur ini bisa kita manfaatin buat mempererat hubungan kita sama Tuhan, biar ke depannya hidup kita dikasih kemudahan dalam setiap hal. Rezeki, dan jooodooooh. 

Menganggur itu bukan sebuah kutukan. Semua kembali lagi ke persepsi kamu dalam menanggapi keadaan ini. Kalau negatif, ya akhirnya kamu cuma bisa meratapi keadaan, dan itu buang-buang waktu. Kamu tuh harus belajar melihat dari sisi positifnya, karena gak ada hal yang sia-sia kalau kamu melihat dari sisi ini. Mantan pacar yang kurang ajar sekalipun bisa kasih pelajaran yang berharga buat kamu kalo lihat dari sisi positifnya, kan?  

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tampil Artistik, Ini 6 Film Modern Hitam Putih Terbaik | Keepo.me

Tampil Artistik, Ini 6 Film Modern Hitam Putih Terbaik | Keepo.me

5 Masker Bahan Alami Ini Dijamin Bikin Wajah Mulus Tanpa Bayar Mahal!

5 Masker Bahan Alami Ini Dijamin Bikin Wajah Mulus Tanpa Bayar Mahal!

Heboh Luna Maya Jadi Ketua RT di Kemang, Ternyata Begini Faktanya | Keepo.me

Heboh Luna Maya Jadi Ketua RT di Kemang, Ternyata Begini Faktanya | Keepo.me

Kamu yang Suka Plin Plan Bakalan Kesindir dengan Meme Ini!

Kamu yang Suka Plin Plan Bakalan Kesindir dengan Meme Ini!

Punya Kualitas Tinggi, Ini 5 Film Martin Scorsese Terbaik | Keepo.me

Punya Kualitas Tinggi, Ini 5 Film Martin Scorsese Terbaik | Keepo.me

Gemesin Deh! Ini Dia Alesan Kenapa Cowok Gendut Digandrungi Cewek

Gemesin Deh! Ini Dia Alesan Kenapa Cowok Gendut Digandrungi Cewek

loading