Selain Bikin Mata Melek Tanpa Diganjel Korek, Ini Manfaat Lain Kopi Bagi Kehidupan!

27 Juni 2018
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Saat ini, kopi menjadi komoditi yang diminati oleh banyak orang. Dilansir dari Coffee Land, pertumbuhan konsumsi kopi nasional terus meningkat dari 0,8 kg perkapita sampai 1,3 kg perkapita sejak tahun 2016 silam. Tidak hanya di Indonesia, lebih dari 50 negara di dunia membudidayakan biji kopi sebagai komoditi yang akrab dengan masyarakat. Bagaimana tidak? Minuman ini dipercaya dapat mengakselerasi tingkat produktivitas kerja berkat khasiatnya yang dikenal mampu menghilangkan rasa kantuk.

Ternyata di samping kegunaannya untuk meningkatkan semangat kerja dan menjadi teman di kala senggang, masih banyak khasiat kopi lainnya yang bisa kamu manfaatkan lho. Di bawah ini, kamu bisa membaca beberapa informasi tentang khasiat minuman satu ini yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Bisa dijadikan bahan untuk membuat brownies

Baik kopi sachet maupun giling dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat brownies yang lezat. Dengan tambahan kopi, rasa brownies yang dijamin bakal lebih pekat dan kaya akan rasa.

2. Menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas

Cukup dengan meletakkan segelas kecil kopi bubuk di dalam kulkas, bau menyengat yang biasanya menguar akan tersamarkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir makananmu akan berbau nggak sedap karena disimpan di kulkas. Selain itu, kamu juga bisa menghilangkan bau anyir pada tangan setelah mengolah daging ikan mentah dengan menggunakan bubuk minuman yang satu ini lho.

3. Menghilangkan kutu pada hewan peliharaan

Kutu hewan tidak hanya memberikan ketidaknyamanan pada hewan peliharaan kamu saja, terkadang kutu pada hewan kesayangan kamu pun bisa saja membuatmu geli dan risih saat mereka mendekatimu. Agar hewan kamu senantiasa bersih dari kutu, sesekali kamu bisa menaburkan bubuk kopi pada bulu-bulu hewan peliharaan kamu.

4. Bisa dijadikan sebagai bahan pembuat sabun

Selain bisa membersihkan tubuh, sabun kopi juga dipercaya dapat membuat kamu merasa segar dan berenergi. Selain itu, kafein juga dipercaya berkhasiat untuk mengencangkan kulit dan memudarkan selulit atau stretch mark. Karena itu, biji hitam yang satu ini kerap dimasukkan dalam berbagai produk perawatan tubuh dan wajah.

5. Membuat tanaman tumbuh lebih cepat

Produk yang satu ini dapat mengundang cacing-cacing yang memberikan manfaat positif bagi percepatan pertumbuhan tanaman lho. Caranya adalah dengan mencampurkan dedaunan dan lumut dengan bubuk kopi. Setelah itu, masukkan campuran tadi ke petak tanah yang akan ditanami oleh tanaman.

6. Menyamarkan goresan pada furnitur berbahan kayu

Dengan menggosokkan bubuk kopi pada goresan yang terdapat di barang-barang berbahan kayu, kamu bisa menyamarkan goresan itu sendiri dan mengembalikan warna kayu yang sudah mengalami penuaan.

7. Mengusir semut

Caranya cukup mudah, kamu tinggal menaburkan sedikit bubuk kopi di daerah yang sering dijamahi oleh semut. Mudah, kan?

Itulah beberapa khasiat kopi yang bisa kamu manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, kalaupun kamu nggak suka minuman yang satu ini, setidaknya kopi dapat memberikan manfaat lain untuk keseharian kamu, kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES