Sedih! Kakek Ini Tetap Sayang Anak-anaknya Meski Diusir dari Rumah dan Jadi Gelandangan

17 Desember 2017
|Chandra W.
625SHARES

Ada yang pernah mengatakan, kita sebagai anak ketika sedang tumbuh besar lupa bahwa orangtua kita juga semakin bertambah umurnya, semakin berkurang kemampuannya, nggak sekuat dulu. Ada yang jadi pikun, ada yang fisiknya melemah, bahkan mendekati masa-masa berperilaku seperti anak kecil dan bayi.

Lalu kadang ada anak yang bukannya merawat malah memperlakukan orangtuanya dengan tidak baik, seperti apa yang terjadi di Jakarta Barat beberapa waktu yang lalu.

Seorang kakek bernama Udjan Susanto berusia 74 tahun ditemukan tergeletak di atas got beralaskan kardus. Ia kelaparan dan berlumuran kotorannya sendiri, pertanda bahwa Udjan sudah kesulitan mengurus dirinya sendiri. Sebenarnya Udjan punya rumah, tapi ia dusir oleh anaknya sendiri yang bernama Nano. Udjan memiliki tiga anak dan semuanya sudah tidak peduli lagi padanya. Cerita ini dimuat di instastory akun @swennylie.

Orang-orang yang melihat Udjan yang lalu disapa Opa itu merasa iba dan melaporkan keadaannya ke kantor kelurahan setempat dan Dinas Sosial. Petugas mencari informasi tentang keluarga Udjan. Ada tiga anaknya yang dipanggil, namun mereka menolak dan membiarkan bapaknya terlantar dan menjadi gelandangan. Udjan sendiri awalnya sayang kepada tiga anaknya, namun kecewa juga telah diusir dari rumahnya sendiri.

Ketika ditanya oleh Wenny yang merekamnya dalam instastory, Udjan mengaku anak-anaknya sudah tidak peduli. Ia makan atau tidak juga tetap dibiarkan, minta nasi tidak diberi. Ia bahkan mengatakan bahwa diberi uang 10 ribu saja kan sudah cukup untuk makan (tapi tidak pernah diberi oleh anaknya). Bahkan setelah diusir pun anak-anaknya tahu kondisi Udjan, mereka melangkah di depannya seolah tidak ada apa-apa.

Namun dari berbagai sumber, diketahui bahwa tetangganya memberi keterangan bagaimana kelakuan Udjan di masa lalu. Kabarnya, Udjan sering mengaku pensiunan kolonel. Warga tahu ia berbohong dari istri keduanya, almarhumah Lies yang juga sering mengeluhkan bahwa Udjan hanya mau makan yang enak-enak saja, tidak ikut membayar kontrakan rumah pula. Sementara itu tiga anak yang menolaknya adalah anak-anak dari istri pertamanya. Dengan Lies, Udjan tidak memiliki anak.

Udjan akhirnya dievakuasi oleh Dinas Sosial dari pagi hingga sore dan dibawa ke RS Tarakan untuk mendapatkan perawatan. Udjan pun sudah tidak mengharapkan anak-anaknya lagi. Duh, jangan sampai kita berlaku semena-mena apalagi mengusir orangtua dari rumahnya sendiri ya, guys. Bagaimanapun sikap orangtua yang pernah membuat kita kesal, namun orangtua tetaplah orang yang pernah berjuang mati-matian untuk kebahagiaan kita. Ingat perjuangannya dari kita kecil sampai bisa jadi seperti sekarang. Jangan sampai menyesal ketika mereka sudah nggak ada. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
625SHARES