Sedang Hamil? Inilah Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Agar Proses Melahirkan Lancar!

26 Oktober 2017
|Chandra W.
0SHARES

Dear ibu hamil alias bumil, selamat ya atas kehamilanmu. Setelah melewati masa mual-mual dan ngidam di trimester pertama, tubuh sudah mulai bisa diajak kooperatif lagi. Jangan malas-malasan ya, ini kesempatanmu untuk tetap menjaga kondisi tubuh tetap fit, nggak terlalu melar, dan juga sambil mempersiapkan kelahiran buah hati supaya lebih lancar. Nggak mau dong sulit melahirkan. Ih, amit-amit ya. Makanya sembari menunggu buah hati turun ke dunia, coba deh olahraga-olahraga untuk ibu hamil yang ringan ini. Nggak perlu yang berat-berat. Yang penting tetap bergerak biar sehat.

1. Jalan kaki keliling kompleks pagi atau sore bareng suami, uh so sweet!

Olahraga untuk ibu hamil yang satu ini paling mudah untuk dilakukan, gratis, dan menyenangkan hati. Apalagi kalau rumahmu berada di dekat taman atau sawah, pas banget untuk jalan-jalan pagi hari sejenak setelah matahari terbit maupun sore hari menjelang matahari terbenam. Boleh juga ajakin suami biar tambah harmonis. Jalan kaki sangat bagus untuk melancarkan peredaran darah. Tapi jangan sampai dehidrasi, ya. Selalu bawa air mineral ke manapun jalan-jalannya. Jalan kaki bisa dilakukan dari awal hamil sampai menjelang melahirkan. Cukup 30 menit sehari dan kamu serta bayi di kandunganmu jadi lebih sehat.

2. Berenang, nggak panas, anti dehidrasi, sambil main air!

Berenang juga salah satu olahraga untuk ibu hamil yang direkomendasikan karena bermanfaat bagi kinerja jantung dan baik untuk melatih otot. Selain itu, jika kamu merasa berat badan berlebih di atas normal untuk ukuran ibu hamil, berenang secara teratur juga dapat membantu mengembalikan berat badanmu seperti ukuran normal ibu hamil. Tetap hindari dehidrasi dengan minum segelas air setiap habis berenang 15 menit. Sama seperti jalan kaki, cukup lakukan 30 menit saja.

3. Yoga untuk relaksasi dan latihan pernapasan demi persalinan yang lebih nyaman

Yoga merupakan olahraga untuk ibu hamil yang dapat membantu untuk relaksasi dan melatih teknik pernapasan. Hal-hal ini penting dan dibutuhkan kelak ketika sedang menjalani proses persalinan. Selain itu, tubuhmu juga akan terasa lebih bugar. Jika dilakukan secara rutin, efek rileks yang terakumulasi sejak awal latihan yoga akan membuatmu lebih tenang ketika bersalin nanti. Biar kamu nggak jadi ibu-ibu yang panik ketika menjelang melahirkan dan membuat panik semua orang di sekitarnya. Nggak mau kan merepotkan orang lain di hari bahagiamu?

Olahraga untuk ibu hamil ini mudah dan ringan kan untuk dilakukan, wahai bumil? Yuk cus dimulai besok. Jangan sampai terlalu melar dan malah jadi nggak sehat karena berdiam diri terus di rumah selama hamil. Olahraga deh, demi proses melahirkan yang lebih lancar!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES