Sedang Hamil? Cek 8 Tanda ini Untuk Tahu Apakah Kamu Hamil Anak Kembar!

20 Oktober 2017
|Aiya Shara
0SHARES

Kehamilan adalah salah satu yang ditunggu-tunggu bagi wanita yang sudah menikah. Bahkan, tidak sedikit yang memiliki program hamil karena saking inginnya segera dikaruniai anak. Ada juga yang punya keinginan untuk memiliki anak kembar. Pasti akan menyenangkan rasanya ketika memiliki anak kembar yang dapat mengisi keceriaan rumah tanggamu. Saking canggihnya teknologi saat ini, ada juga yang sampai bikin program untuk hamil anak kembar. Tapi, untuk yang alami, ternyata ada beberapa tanda kehamilan yang dapat menunjukkan kalau janin dalam kandunganmu itu kembar. Nah, apa saja sih tanda-tanda kalau kamu hamil anak kembar? Simak ulasan berikut, ya!

1. Gejala morning sickness ketika hamil anak kembar akan lebih ekstrem

Kalau kamu hamil anak kembar, kadar hormon HCG (Human Chorionic Gonadopatrin) yang kamu miliki akan meningkat drastis. Hormon ini memang dibutuhkan untuk menjaga kehamilan hingga plasenta tumbuh dan berkembang. Karena hal ini, kamu yang hamil anak kembar pun akan mengalami mual dan muntah yang lebih parah dari biasanya. 

2. Ukuran perutmu akan lebih besar

Sudah bukan rahasia lagi kalau mengandung anak kembar, ukuran perut pun akan jauh lebih besar. Memang sih biasanya ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan, tapi karena hamil anak kembar itu berarti ada dua janin dalam perutmu, maka ketika masuk trimester pertama ukuran perutmu layaknya masuk trimester kedua.

3. Buang air kecil dan besar menjadi sangat sering

Seperti yang sudah disebutkan tadi, meningkatnya hormon HCG dalam tubuhmu membuat perubahan tekanan pada rahim semakin meningkat. Jadi, kamu bakal sering kencing dan buang air besar yang berlebihan. Meskipun pada ibu hamil umumnya akan mengalami hal tersebut, tapi untuk yang mengandung anak kembar frekuensinya akan lebih sering dari ibu hamil yang mengandung satu anak saja. 

4. Payudara yang terasa sangat sakit

Mengalami nyeri payudara saat hamil memang sangat umum dialami. Tapi, buat kamu yang ternyata hamil anak kembar, rasa sakit pada payudara akan kamu rasakan lebih nyeri dan lebih berat. Terkadang payudara bisa sampai keras dan membengkak, lho!

5. Emosi yang sangat tidak stabil

Ibu hamil memang emosinya sering tidak stabil. Tapi, kalau kamu ternyata hamil anak kembar, kamu akan mengalami gejolak emosi yang lebih sering. Tidak jarang jika kamu mudah marah dan bahkan mudah sedih. Hal tersebut karena pengaruh hormon HCG yang berlebihan tadi. 

6. Tubuhmu terasa cepat lelah

Kamu juga akan merasa sangat cepat lelah. Bahkan kamu merasa hanya ingin duduk atau berbaring saja. Ini biasa dialami saat janin memasuki usia dua minggu. 

7. Suara detak jantung janin akan terdengar ada dua

Biasanya, detak jantung janin akan terdengar pada akhir trimester pertama. Dokter biasanya akan melakukan pengujian sehingga kamu bisa tahu anakmu kembar atau tidak. Walaupun pengujian ini agak diragukan oleh dokter, tapi kamu bisa melakukan tes lain. Detak jantung janin bisa dirasakan atau didengarkan di berbagai bagian perut ibu hamil. Nah, jika kamu merasakan ada dua detak jantung, kemungkinan anak yang berada di kandunganmu kembar.

8. Bagaimanapun, firasat ibu hamil biasanya yang paling kuat

Seorang ibu biasanya memiliki firasat yang jauh lebih kuat. Firasat ini juga akan dirasakan buat kamu yang hamil kembar. Kadang, kamu akan mengalami mimpi kalau kamu hamil anak kembar atau bentuk firasat-firasat lainnya. Hal tersebut terjadi karena ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak.

Itu tadi adalah beberapa tanda jika kamu hamil anak kembar. Jika memang kamu mengalaminya, kemungkinan memang kamu sedang hamil anak kembar. Tapi, semua kembali diserahkan kepada Yang kuasa. Yang penting tetap berdoa dan jaga kesehatan serta kehamilan, ya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Aiya Shara
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES