Sebelum Terlambat, Pahami Mengapa Kamu Sebaiknya Sudah Sukses di Usia 30-an

22 Oktober 2017
|Chandra W.
0SHARES

Halo kamu-kamu yang berusia 20-an sampai 25-an, nggak terasa ya waktu berlalu begitu cepat. Sekejap saja tuntutan hidup semakin banyak, sementara mengendalikan keinginan masih sulit dilakukan. Padahal tentu semua orang ingin sukses. Tak harus di usia 30an sebenarnya, kalau bisa lebih awal lebih baik. Tapi usia 30-an adalah usia-usia di mana kamu sudah diharapkan untuk sukses. Mengapa?

1. Di usia 30, kamu dianggap sudah benar-benar dewasa

Artinya, kamu sudah sukses mengurus hidup sendiri dari segi apapun, terutama finansial. Kalau kamu sudah mulai bekerja sejak usia 22, maka kamu punya waktu kurang lebih delapan tahun untuk berlatih dan belajar hidup mandiri dan merdeka secara finansial selama rentang waktu tersebut. Jangan sampai di usia-usia ini kamu masih bergantung kepada saudara dan keluarga. Malu dong udah 30 masih minta uang ke orang lain.

2. Kemungkinan kamu sudah ingin berkeluarga pada usia 30

Hadapi saja lah kenyataan di Indonesia. Semalas-malasnya kamu membicarakan pernikahan pada usia 20-an, lambat laun kamu akan ingin berkeluarga juga dan biasanya sih usia 30 itu puncaknya. Kamu nggak mungkin berkeluarga kalau belum siap kan? Siap secara mental, spiritual, dan finansial tentunya. Nggak lucu dong kalau mau menikah dan membangun keluarga tapi nggak punya modal dan sesuatu untuk ditawarkan ke calon pasangan? Dan ini berlaku untuk kedua pihak, baik laki-laki maupun perempuan.

3. Ada tanggung jawab lain yang mesti kamu lakukan

Setiap orang punya tanggung jawab berbeda di hidupnya. Mungkin kamu ditunggu kesuksesannya oleh orang tuamu karena usia mereka sudah menjelang senja dan tidak bisa lagi menopang kebutuhan hidupnya sendiri. Sebagai anak yang berbakti, tentu itu salah satu tanggung jawab yang mesti kamu penuhi. Ingat, mereka yang selama ini bersusah payah membanting tulang pergi pagi pulang malam demi apa? Demi menyekolahkanmu agar menjadi orang yang sukses dan berguna. Yuk berguna untuk orang tua dulu.

4. Semakin menua, semakin banyak gangguan fisik

Usia 20-an digolongkan sebagai usia paling produktif karena di usia ini fisik masih oke dipakai bekerja keras. Berapa banyak sih dari kita yang benar-benar menerapkan gaya hidup sehat dari makan, olahraga, sampai tidur cukup setiap hari? Bersyukurlah kalau kamu termasuk salah satunya, tapi kalau belum bisa seperti itu, nggak apa-apa yang penting tetap berusaha. Nanti ketika masuk usia 30, fisik udah susah diajak kompromi. Jadi selagi masih segar bugar, raih kunci sukses dan kejar suksesmu semaksimal mungkin!

5. Kamu masih punya banyak waktu dan kesempatan

Usia 20-an adalah saat di mana kamu punya banyak kesempatan untuk mengikuti segala macam kegiatan pengembangan diri yang bisa digunakan untuk bekal buka usaha biar bisa mapan secara finansial di usia 30-an. Waktumu mungkin nggak sebanyak waktu kuliah, tapi setidaknya kamu belum punya banyak tanggungan. Belum menikah, belum punya anak, belum dituntut macam-macam sama banyak orang. Mumpung masih ada waktu dan kesempatan, yuk manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Nah untuk mencapai kesuksesan di usia 30-an, kamu harus bersiap mulai dari sekarang, salah satunya dengan berinvestasi dan mengurangi beli barang yang nggak dibutuhkan. Kalau bisa, tentukan tujuan pasti, misalnya ‘di umur 30 aku nggak mau masih harus melihat price tag setiap mau beli baju’, nah otomatis kamu akan lebih bersemangat mengejar sukses di usia muda, kesuksesan sebelum usia 30. Semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES