Sebelum Pergi Traveling ke Luar Negeri, Ketahui Dulu 7 Jenis Visa Ini!

favim.com

Selain paspor, dokumen yang tak kalah penting ketika berangkat ke luar negeri adalah visa. Bagi yang belum tahu, sederhananya sih visa merupakan izin masuk atau tinggal di suatu negara. Pengajuan visa tergantung pada kepentingan kamu untuk berkunjung ke negara lain tersebut. Biar nggak salah dan bingung, yuk simak beberapa jenis visa yang perlu kamu tahu berikut ini! Biar nggak keliru saat diperlukan sewaktu-waktu.

1. Visa untuk liburan

www.huffingtonpost.com

Tourist Visa mungkin merupakan yang paling populer dan paling banyak pembuatannya. Jadi kalau kamu mau liburan ke luar negeri, kamu harus mengajukan aplikasi visa jenis ini. Tujuannya sih untuk memberikan izin kepada seseorang untuk memasuki suatu negara. Surat ijin ini bisa kamu ajukan sebelum keberangkatan. Ingat ya, berbeda negara, berbeda pula biaya pembuatannya.

2. Visa untuk pelajar

www.allianztuitioninsurance.com

Ada beberapa jenis visa untuk pelajar yang akan menempuh pendidikan di luar negeri. Ada yang disebut Study Permits atau visa belajar, dan ada juga Exchange Permits atau visa untuk pertukaran pelajar. Study Permits untuk pelajar yang ingin bersekolah di luar negeri biasanya lebih mudah didapatkan asalkan kamu udah memenuhi syarat institusi atau sekolah yang kamu tuju. Visa ini berlaku selama program pendidikanmu termasuk saat periode liburan.

Sedangkan Exchange Permits adalah visa untuk peserta pertukaran pelajar. Umumnya dibuat oleh institusi penyelenggara pertukaran pelajar dan masa berlakunya hanya beberapa bulan sesuai dengan program student exchange tersebut.

3. Visa untuk bekerja atau bisnis

www.linternaute.com

Beberapa dari kamu mungkin butuh visa untuk bekerja di luar negeri atau mengadakan urusan bisnis di negara lain. Work Visa atau visa kerja juga ada jenisnya yaitu, sementara, semi-permanen, atau permanen. Tergantung masa kerjanya yang kadang bisa bertahun-tahun.

Beda lagi dengan Business Permits dan Business Visa. Kalau Business Visa biasanya digunakan untuk para pelaku bisnis yang mengunjungi suatu negara untuk sementara waktu. Sedangkan Business Permits untuk masa yang lebih lama, misalnya ketika kamu akan membangun perusahaan besar di negara lain.

4. Relatives Permits
www.understood.org

Punya keluarga yang tinggal di luar negeri dan kamu ingin mengunjunginya? Silakan ajukan Relatives Permits. Masa tinggal yang berlaku pada jenis visa ini umumnya adalah 90 hari atau 3 bulan. Syaratnya adalah kamu harus memiliki undangan dari keluargamu di negara tujuan sebagai salah satu dokumen persyaratan, sebagaimana mereka akan bertanggung jawab selama kamu tinggal di sana.

5. Visa Transit
solomo.xinmedia.com

Terkadang, ketika kamu akan mengunjungi suatu negara, kamu harus transit dulu di negara lain yang juga butuh visa. Nah, jenis visa seperti ini disebut juga dengan visa transit dan umumnya hanya berlaku 5 hari dan kamu bisa gunakan untuk berkeliling negara tersebut.

Beberapa di antaranya hanya memberlakukan Airport Visa yaitu visa transit yang hanya berlaku di bandara aja, selebihnya kamu nggak boleh keluar bandara yang biasanya hanya berlaku beberapa jam. Jadi harus diperhatikan betul, ya!

6. Visa on Arrival

www.sreestours.com

Nggak semua jenis visa harus diajukan dari jauh-jauh hari. Ada pula visa yang harus kamu ajukan setibanya kamu di negara tersebut. visa jenis ini disebut juga dengan visa on arrival. Ada beberapa negara yang menerapkan peraturan visa seperti ini kepada WNI, misalnya Maladewa, Turki, Armenia, dan masih banyak lagi. Jadi jangan lupa bawa uang yang cukup ya!

7. Visa yang spesial

nasional.republika.co.id

Maksudnya visa yang spesial adalah yang hanya bisa diajukan oleh orang-orang tertentu yang memiliki kepentingan internasional. Di antaranya adalah Corporate Permits. Diajukan kalau kamu bekerja di lembaga internasional atau ketika kamu ditempatkan di negara lain sebagai perwakilan dari tanah air untuk bekerja di lembaga internasional.

Ada juga visa diplomatik. Nah, kalau visa ini biasanya dibuat untuk kunjungan kerja kenegaraan, atau untuk orang yang bekerja dalam jangka waktu tertentu sebagai perwakilan negara. Konon pembuatannya lebih mudah karena adanya jalur khusus antar negara, nih.

Jadi udah tahu dong jenis visa yang kayak gimana sih yang kamu butuhkan? Bagi yang berencana ke luar negeri, kamu harus banyak-banyak cari tahu tentang negara tujuanmu tersebut, terutama soal aplikasi visanya, ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Trik Berpose Ala Awkarin Ini Bikin Kamu Tampak Langsing. Panen Love di Instagram!

Trik Berpose Ala Awkarin Ini Bikin Kamu Tampak Langsing. Panen Love di Instagram!

Begini Reaksi Cewek Scorpio, Sagittarius dan Capricorn Saat Diputusin. Drama Nggak ya?

Begini Reaksi Cewek Scorpio, Sagittarius dan Capricorn Saat Diputusin. Drama Nggak ya?

7 Hal Ini Harus Dibersihkan Seminggu Sekali. Biar Nggak Jadi Sarang Penyakit!

7 Hal Ini Harus Dibersihkan Seminggu Sekali. Biar Nggak Jadi Sarang Penyakit!

7 Film yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Memutuskan Menikah!

7 Film yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Memutuskan Menikah!

Hubungan Jarak Jauh Itu Sangat Layak Dipertahankan, Kalau Ada Hal Ini yang Menguatkan

Hubungan Jarak Jauh Itu Sangat Layak Dipertahankan, Kalau Ada Hal Ini yang Menguatkan

Liburan Nggak Nginap di Hotel? Siapkan 7 Hal Ini Biar Tidurmu Tetap Nyenyak!

Liburan Nggak Nginap di Hotel? Siapkan 7 Hal Ini Biar Tidurmu Tetap Nyenyak!

loading