Sayangi Kakek dan Nenekmu, Ini 7 Tips Agar Rumah Lebih Nyaman Bagi Mereka!

03 Mei 2018
|Mega Fitriyani
0SHARES

Tinggal bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama-sama pasti terasa menyenangkan, ya? Apalagi, jika kamu bisa bercengkrama dengan kakek dan nenek yang pasti sangat menyayangimu. Namun, di balik senyum ceria dan kasih sayang mereka, kakek dan nenek termasuk orang yang "rentan" lho. Mereka memiliki kebutuhan khusus, bukan hanya pada aktivitas, tapi juga kondisi rumah.

Jika kondisi rumahnya nyaman, kakek dan nenek bisa jadi produktif dan lebih semangat hidup. Sementara jika rumah nggak nyaman, seorang lansia bisa jadi depresi, lho. Misalnya, jika rumahmu punya banyak tangga, dan kamar kakek nenekmu ada di lantai paling atas, mereka pasti bakalan capek dan stres banget, kan? Nah, agar rumah kamu bukan hanya indah tapi juga nyaman buat lansia, yuk, simak tipsnya di bawah ini:

1. Hati-hati dengan lantai licin

Lantai licin bahaya banget untuk lansia. Gerak refleks mereka sudah kurang baik, jadi, jika mereka sampai jatuh, mereka mungkin akan sulit melindungi bagian tubuh yang "rentan" seperti kepala. Maka, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, lebih baik gunakan lantai yang bertekstur. Contoh mudahnya adalah dengan memberikan karpet di atas lantai. Selain memberikan tekstur pada lantai, karpet juga bisa menjadi dekorasi yang cantik buat rumahmu.

2. Terapkan berbagai penyesuaian di toilet

Sebaiknya, gunakan toilet duduk untuk lansia. Karena semakin tua usia, maka akan semakin sulit untuk menggunakan toilet jongkok. Jika kakek atau nenek kurang terbiasa untuk menggunakan toilet duduk, misalnya karena merasa sulit untuk buang air besar di toilet duduk, gunakan tips-tips yang bisa kamu cari di internet.

Salah satunya, adalah meletakkan kursi pendek di depan toilet duduk. Saat akan buang air besar, mereka bisa duduk dan kakinya memijak kursi kecil di hadapannya. Dengan demikian, posisi tubuh akan menyerupai orang yang sedang jongkok dan dengan mudah ia dapat buang air. Selain itu, beri pegangan di kamar mandi sehingga mereka dapat berpegangan saat mandi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terjatuh saat mandi. Jangan lupa gunakan keset di depan kamar mandi agar tidak terpeleset.

3. Penyusunan perabot pun perlu dipikirkan dengan baik

Meletakkan perabot di tempat berbahaya adalah larangan keras jika kamu hidup dengan lansia. Usahakan untuk memberikan ruang yang cukup luas agar mereka dapat bergerak bebas. Jangan letakkan terlalu banyak barang di ruang publik, misalnya dengan memberi terlalu banyak guci, tumpukan kertas atau kardus di dalam ruangan. Benda-benda itu bisa jadi sangat berbahaya bagi mereka, lho.
4. Gunakan pintu geser alih-alih pintu yang didorong atau ditarik

Pertimbangkan untuk menggunakan pintu geser daripada pintu yang ditarik atau didorong. Menggunakan pintu geser akan mempermudah lansia untuk bergerak, terutama jika mereka menggunakan kursi roda.

5. Pilih furnitur kamar tidur yang dapat memudahkan mereka
Sebaiknya, gunakan tempat tidur dengan rangka yang tidak terlalu tinggi. Hal ini untuk membantu lansia saat naik dan turun ranjang. Posisikan tempat tidur di dekat jendela sehingga mereka bisa memperoleh sinar matahari.

6. Beri fasilitas agar mereka tetap punya aktivitas ringan yang menyenangkan

Lansia tentu ingin terus produktif, bukan hanya berbaring di kamar dan menonton televisi. Nah, berilah fasilitas yang dapat membantu mereka tetap produktif, misalnya mencari lokasi rumah yang dekat dengan pasar, mini market, atau fasilitas umum lain. Dengan begitu, mereka bisa tetap melakukan aktivitas ringan seperti berbelanja tanpa mengeluarkan tenaga terlalu banyak.

7. Buatlah tangga yang nyaman

Sebaiknya, jangan berikan lansia kamar di lantai atas. Mereka lebih baik tinggal di kamar bawah, di mana ia tidak perlu melalui tangga untuk menjangkaunya. Selain itu, tangga di rumah kamu juga harus diberi perlakuan khusus, yakni diberi pegangan pada setiap sisinya dan jangan membuatnya terlalu miring. Hal ini bertujuan untuk memudahkan lansia jika harus menggunakan tangga.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa membuat lansia tetap produktif dan nyaman di rumah. Terakhir, tapi tidak kalah penting adalah memberikan kasih sayang yang berlimpah kepada kakek dan nenek. Kasih sayang bukanlah memaksa mereka tidur terus dan dilayani. Melainkan sebisa mungkin memberikan fasilitas yang membuat mereka tetap produktif. Misalnya dengan menyediakan fasilitas untuk melakukan hobi. Hal itu justru akan membuat mereka merasa lebih bahagia daripada hanya istirahat dan tidak melakukan apa-apa.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES