Salut! Presiden-presiden ini Memilih Hidup Sederhana Demi Kesejahteraan Rakyatnya!

16 Desember 2016
|Atik Kencana S.
Life
0SHARES

Bagi sebagian orang mungkin sering bertanya-tanya tentang besaran gaji pejabat negara. Baik dari tingkatan lurah sampai presiden. Pasti ngiranya kalo jadi pejabat negara itu gajinya besar sekali sampai bisa beli barang-barang mewah dan bolak-balik naik haji atau ke luar negeri. Jangankan presiden, lurah zaman sekarang aja banyak kok yang kelihatannya glamour banget. Gak heran dong kalau anggota parlemen dan menteri-menteri sanggup beli pulau, tas tangan ratusan juta dan supercar. Makanya banyak kok orang-orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan posisi tersebut. Berbeda banget dengan presiden-presiden sederhana di bawah ini. Bahkan masih ada loh presiden dunia yang sama sekali gak mau terima gajinya karena dia menganggap tugas sebagai presiden itu adalah pengabdian terhadap rakyat. Penasaran? Yuk kita intipin kisah hidup presiden-presiden hebat ini. Semoga menginspirasi yaaaa.

1. Fernando Lugo

Sebelum menjadi Presiden Paraguay, Lugo mendapat julukan sebagai "pastor kaum papa". Maklum aja, karena sebelum menjadi kandidat presiden, Lugo adalah seorang pastor yang sangat getol membela kaum tertindas. Setelah dilantik menjadi presiden di tahun 2008, Lugo langsung menyatakan bahwa ia tidak akan menerima gajinya sebagai presiden yang berjumah sekitar 4000 USD per bulan. Anggapannya adalah, uang tersebut adalah haknya kaum miskin. Tugas sebagai presiden merupakan pengabdian kepada negara dan rakyatnya. Bahkan sempat beberapa wartawan asing (termasuk Indonesia) berkunjung ke rumahnya dan ikut menyantap hidangan malam yang disiapkan. Mereka cukup dikejutkan dengan menu makanan pada malam itu. Mereka menikmati makanan harian Lugo berupa singkong rebus, nasi putih, salad, dan ikan. Makanan tersebut adalah makanan yang biasa dimakan oleh rakyat biasa di Paraguay. Jabatannya sebagai presiden tidak membuatnya lapar akan makanan-makanan mewah.

2. Jose "Pepe" Mujica

Jose Mujica adalah salah satu pemimpin Gerakan Pembebasan Nasional Tupamaro. Ia menghabiskan 14 tahun di penjara karena aktivitas gerilya melawan kediktatoran. Semenjak resmi menduduki jabatan sebagai Presiden Uruguay pada Maret 2010, Pepe memilih tinggal di rumahnya di pinggiran Kota Montevideo. Semua pekerjaan rumah dikerjakannya sendiri tanpa seorang pelayan. Selama menjadi presiden beliau juga menyumbangkan 90 persen gajinya untuk menambah anggaran sosial negaranya. Pada tahun 2010, kekayaan pribadinya tak lebih dari 1800 USD atau sekitar Rp 18 juta.

3. Fidel Castro

Fidel Castro adalah salah satu pemimpin Revolusi Kuba tahun 1959. Media sering menggembar-gemborkan bahwa Castro adalah diktator dan hidup dengan bergelimpangan harta. Majalah Forbes bahkan menuding Castro memiliki simpanan 900 juta USD di luar negeri. Padahal kenyataannya adalah Castro hidup sangat sederhana. Ia hanya menerima gaji sebesar 900 peso kurang lebih hanya 36 USD atau sekitar Rp 350 ribu. Bahkan di Indonesia sudah cukup sulit untuk mencari pekerja kasar yang mau dibayar Rp 350 ribu per bulan. Apalagi untuk sekelas pemimpin negara.

4. Nelson Mandela

Kamu pasti tau dong siapa sih Nelson Mandela? Tokoh dari Afrika Selatan ini suka banget lho pake batik khas Indonesia. Beliau juga adalah pemimpin terkemuka pembebasan Afrika Selatan dari kolonialisme dan politik apartheid. Oleh karena itu Mandela sering disanjung oleh masyarakat dunia. Walaupun begitu, Mandela tetaplah sosok yang sangat sederhana. Begitu menjadi presiden di tahun 1994. Mandela rutin memotong gajinya untuk disumbangkan bagi anggaran sosial. Malahan, ia menyerahkan sepertiga gajinya untuk membantu anak-anak. Duuuuuh, dermawan banget ya.

5. Mahmoud Ahmadinejad

Sebelum menjadi presiden, Ahmadineja pernah menjadi wali kota Teheran, Ibukota Iran. Ahmadinejadi remi menduduki kursi presiden pada tahun 2005. Saat itu ia diminta untuk mengumumkan kekayaannya. Ternyata kekayannya hanya satu rumah sederhana seluas 175 meter persegi dan mobil Peugeot putih keluaran tahun 1977. Selain itu, ketika baru menempati jabatannya, ia meminta pembantunya untuk menggulung karpet antik peninggalan Persia di istana negara, beliau meminta pembantunya untuk mengganti karpetnya dengan yang jauh lebih sederhana. Belum seberapa, waktu itu sempat viral di media sosial menunjukkan foto Ahmadineja sedang tertidur pulas di atas karpet yang sederhana dan berselimutkan jaket.

Habis baca tentang presiden-presiden sederhana di atas kira-kira apa yang kamu pikirin? Apa kamu jadi tergugah untuk hidup sederhana dan banyak membantu orang banyak? Semoga aja hal-hal positif di atas bisa menginspirasi kamu ya. Hidup mewah itu bukan segalanya kok, menjadi bermanfaat bagi masyarakat itulah yang bisa membuat kamu kaya bahkan tanpa kekayaan materiil sama sekali.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES