Sakit Gigi Bisa Mengubah Siapapun Jadi Hulk, Cobain 8 Trik Pertolongan Pertama Ini!

10 Mei 2018
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Sakit gigi adalah suatu hal yang sangat mengganggu. Rasa ngilu yang terus berdenyut-denyut sering membuat orang jadi mudah marah. Selain itu, sakit gigi pun bisa membuat orang jadi sulit untuk berpikir jernih dan mengurangi produktivitas kerja di saat kita membutuhkannya. Masalahnya, tidak semua orang bisa meluangkan waktunya untuk berobat ke dokter gigi atau mungkin terlalu malas karena sakit gigi yang dirasakan belum terlalu parah dan lebih ingin mengatasinya sendiri. Nah, kalau kamu termasuk orang yang seperti itu, coba deh ikuti pertolongan pertama pada sakit gigi yang bisa kamu terapkan di bawah ini!

1. Berkumur dengan larutan garam

Kandungan sodium pada garam dapat membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan sakit pada gigi. Caranya adalah dengan mencampur dua sendok makan garam pada segelas air, dan berkumurlah dengan larutan tersebut. Gunakan setiap kali selesai menyikat gigi dan rasakan perubahannya. Oh iya, selain bisa menyembuhkan sakit gigi yang diakibatkan oleh infeksi bakteri jahat, larutan garam juga bisa menghilangkan bau mulut lho.

2. Berkumur dengan larutan lemon

Selain bisa membersihkan gigi dari bakteri, air hangat yang dicampur dengan perasan lemon pun bisa menyeimbangkan kadar asam pada mulut sehingga mengurangi resiko kerusakan gigi. Gunakan larutan lemon sebagai obat kumur sebanyak tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan jeruk nipis

Selain membasmi bakteri, jeruk nipis juga bisa membuat gigi kita menjadi putih loh. Peras dua buah jeruk nipis ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur untuk merasakan khasiatnya. Tapi ingat untuk berkumur lagi dengan air ya setelah berkumur dengan larutan jeruk nipis. Pasalnya, vitamin c meski dapat memutihkan gigi, tapi juga dapat mengikis lapisan enamel gigi sehingga gigi menjadi sensitif.

4. Menggunakan daun sirih

Daun sirih sudah menjadi obat tradisional untuk gigi yang digunakan sejak zaman kakek-nenek kita. Selain bisa berfungsi sebagai antiseptik alami, daun sirih juga bisa menguatkan gigi, menghentikan pendarahan gusi, dan menghilangkan bau mulut. Untuk merasakan khasiat daun sirih, kamu bisa mengunyahnya atau merebusnya bersama air yang digunakan untuk berkumur.

5. Menggunakan bawang merah atau bawang putih

Bawang merah dan bawang putih memiliki khasiat untuk berbagai penyakit, salah satunya adalah sakit gigi. Sebagai antiseptik alami seperti halnya daun sirih, bawang merah atau bawang putih dapat membantu menghilangkan sakit pada gigi yang disebabkan oleh bakteri. Tumbuk satu siung bawang merah atau bawang putih yang dicampur dengan satu sendok teh garam dan tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Menumbuk cengkeh

Paling mudahnya adalah dengan menggunakan minyak cengkeh yang dipakai untuk berkumur-kumur. Namun, produk ini tidak begitu mudah didapatkan di pasar penjual produk rumahan. Meski demikian cengkeh biasa pun bisa kamu gunakan untuk obat sakit gigi dengan cara menumbuknya sampai halus dan menempelkannya di gigi yang terasa sakit.

7. Menggunakan air perasan jahe

Jahe memiliki kandungan antibakteri yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi. Caranya adalah dengan memarut satu buah jahe dan menggunakan air perasannya untuk berkumur.

8. Berkumur dengan air kelapa

Air kelapa memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk gigi kita. Kamu bisa berkumur dengan air kelapa setelah menggosok gigi untuk membantu menghilangkan bakteri pada mulut yang menyebabkan sakit gigi. Tapi ingat, air kelapanya yang murni ya, jangan yang sudah tercampur gula maupun bahan-bahan lain.

 

Itulah beberapa trik yang bisa kamu praktekkan saat sakit gigi. Akan tetapi, kalau sakit pada gigi kamu nggak hilang-hilang, tandanya kamu mungkin harus tetap berobat ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan di tangan yang lebih profesional. Karena cara-cara di atas hanya mampu mengurangi rasa sakit dan membantu menyembuhkan bakteri tapi tidak menyelesaikan akar permasalahannya. Nah, buat yang sedang sakit gigi, selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES