Sadar Atau Tidak, 6 Kebohongan Ini Sering Dikatakan Orangtua Demi Kebaikan Kita

www.eagerheartsphotography.com

Orangtua di mata anak-anak seringkali dipandang sebagai sosok panutan dalam menjalani hidup. Sebab mereka selalu terlihat kuat, tegar menjalani peran sebagai bapak dan ibu dalam keluarga. Nggak jarang mereka berbohong agar anak-anaknya nggak khawatir. Kita sebagai anak seringkali nggak sadar tentang kebohongan orangtua. Bukan bermaksud untuk merahasiakan banyak hal ke anak mereka, tapi seringkali para orangtua melakukan kebohongan agar anak mereka tetap merasa bahagia.

1. "Ayah/Ibu baru saja sampai kok. Belum lama ini,"

www.juliepepin.com

Ketika menjemputmu, pasti Ayah atau Ibu pernah menjawab dengan kalimat tersebut ketika kamu tanya, “Ayah/Ibu sudah lama di sini?” Mungkin mereka sudah lama di sana, tapi nggak mau bikin kamu merasa bersalah karena ditungguin. Makanya mereka lebih sering bilang baru sampai.

2. "Ayah/Ibu sudah kenyang, kuenya untuk kamu saja,"

nakita.grid.id

Nggak hanya kue, kadang makanan apa saja. Percayalah, ada saat di mana Bapak dan Ibu menginginkan potongan kue terakhir, nasi berkat dengan lauk ayam panggang, dan lain-lain. Tapi, kalau kamu juga mau, mereka pasti memilih untuk mengalah dan nggak mau kamu terbebani. Makanya bilangnya sudah kenyang.

3. "Iya nggak apa-apa, yang penting kamu mengabari,"

lifestyle.sindonews.com

Ketika kamu pergi ke suatu tempat dan lupa mengabari ketika sudah sampai, orangtua pasti khawatir banget. Tapi cara menunjukkannya beda-beda. Ada yang langsung menelpon berkali-kali, ada juga yang sabar menunggu sampai anaknya mengabari terlebih dahulu. Nah ketika sudah berkabar dan kamu minta maaf karena lupa, sebenarnya mereka sangat khawatir dan mungkin juga sedikit marah. Tapi yang lebih penting dari itu semua adalah mengetahui bahwa keadaanmu baik-baik saja.

4. "Kamu sudah besar, Ayah Ibu percaya kamu bisa mengatasi masalah sendiri,"

dinsos.bantenprov.go.id

Sesungguhnya sebagian besar orangtua hampir selalu melihat anaknya sebagai ‘anak kecil’. Bahkan ketika sudah dewasa pun, kamu tetap ‘bayi’ bagi mereka. Bukannya mereka nggak percaya kamu bisa mengatasi masalah sendiri, tapi mereka sebenarnya ingin selalu membantumu setiap ada masalah. Di sisi lain, orangtua juga mengerti kapan saatnya ‘merelakan’ anak-anaknya untuk menjadi diri sendiri, memutuskan pilihan hidup sendiri. Mereka merasa berat, tapi bagaimana lagi? Memang sudah waktunya.

5. "Ayah/Ibu belum mengantuk, menunggu kamu pulang,"
www.dailymail.co.uk

Pernah nggak sih kamu pulang malam setelah mengerjakan tugas atau main sama teman-teman lalu ternyata Ayah dan Ibu juga belum tidur, masih menonton televisi meski wajahnya sudah lelah. Kamu jadi merasa bersalah karena ditunggui sampai pulang, padahal tadi sebelum berangkat sudah berpesan agar mereka tidur lebih dulu. Ketika ditanya, mengapa mereka belum tidur, jawabannya adalah karena belum mengantuk. Ya, mereka bohong. Mereka ingin memastikan kamu sampai di rumah dalam keadaan selamat dan baik-baik saja.

6. "Kamu nggak usah memikirkan biaya, biar Ayah dan Ibu saja. Ada kok,"
leadingandlovingit.com

Padahal, terkadang mereka bahkan belum punya bayangan akan dapat dari mana uang untuk kamu kuliah di luar kota misalnya, belum lagi biaya hidup, kost, dan lain-lain. Tapi mereka ingin yang terbaik untukmu, apalagi pendidikan, makanya ketika kamu mengutarakan keinginan untuk kuliah di kampus idaman mereka menyatakan sanggup membiayai. Dan ini berlaku pada banyak hal selain kuliah.

www.hercampus.com

Meskipun pada dasarnya berbohong itu nggak bisa dianggap sebagai hal yang benar, orang tua melakukan ini bukan dengan maksud menutup-nutupi fakta dari kamu. Semua dilakukan semata-mata agar kamu sebagai anak nggak khawatir dan bisa fokus menjalani kehidupan sehari-hari dengan tenang tanpa beban. Sudah peluk Ayah dan Ibu hari ini?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Berada di Peringkat Kedua Terbawah, Mengapa Minat Baca di Indonesia Begitu Rendah?

Berada di Peringkat Kedua Terbawah, Mengapa Minat Baca di Indonesia Begitu Rendah?

Hubungan yang Mampu Lalui 10 Hal Ini, Bisa Awet Hingga Nanti

Hubungan yang Mampu Lalui 10 Hal Ini, Bisa Awet Hingga Nanti

Kumpulan #PathDaily Paling Lucu nih! Dijamin Kamu Nggak Berhenti Ngakak!

Kumpulan #PathDaily Paling Lucu nih! Dijamin Kamu Nggak Berhenti Ngakak!

Ironis, 8 Ilustrasi Kelakukan Mantan yang Bikin Kita Jengkel

Ironis, 8 Ilustrasi Kelakukan Mantan yang Bikin Kita Jengkel

Pacar Ketahuan Selingkuh? Daripada Galau Nggak Jelas, Lebih Baik Lakukan Ini Saja!

Pacar Ketahuan Selingkuh? Daripada Galau Nggak Jelas, Lebih Baik Lakukan Ini Saja!

Begini Jadinya Kalau Kamu Cuma "Diam" Saat Bertengkar dengan Pasangan. Bisa Bahaya, lho!

Begini Jadinya Kalau Kamu Cuma "Diam" Saat Bertengkar dengan Pasangan. Bisa Bahaya, lho!

loading