Saat Orangtua Tak Setuju dengan Pilihan Pasanganmu, 7 Cara Ini Akan Membantu

dylandsara.com
Masalah cinta memang bukan perkara mudah. Saat masa pencarian, kamu mungkin akan galau karena sang pujaan hati tidak kunjung datang. Ketika menemukan tambatan hati, masalah pun belum usai. Mulai problem komitmen, hingga restu orangtua jadi ganjalan berikutnya.
Bagaimana jika cinta yang kamu perjuangkan ternyata tidak direstui oleh orangtua? Haruskah menyerah? Tunggu dulu, ada beberapa hal yang bisa kamu coba sebelum mundur teratur.

1. Saatnya meninjau ulang hubungan kalian

unsplash.com
Orangtua tidak menyetujui hubungan cintamu bukan tanpa alasan. Tanyakanlah sebab keraguannya pada orangtuamu. Dengarkan apa alasan yang menyebabkan mereka tidak setuju. Tidak ada salahnya, kok. Jika memang alasannya karena kekurangan dia, kalian bisa mencoba untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Namun, jika memang kekurangan itu tidak bisa diatasi, saatnya beralih ke cara berikutnya.

2. Cobalah untuk bertukar pikiran

unsplash.com
Sudahkah kamu mencoba untuk bertukar pikiran dengan orangtuamu? Kalian mungkin sudah pernah saling bicara. Namun, pernahkah mencoba untuk memahami jalan pikiran masing-masing? Jika memang apa yang membuat orangtua kalian tidak merestui adalah hal yang masih bisa ditoleransi, cobalah terus membujuknya.
Misalnya, orangtuamu tidak setuju karena pacarmu belum mapan. Kamu bisa meyakinkan orangtuamu dengan menunjukkan potensi-potensi yang ia miliki sehingga kelak kamu yakin dia akan sukses.

3. Buktikan betapa pasanganmu orang yang sangat penting dalam hidupmu

unsplash.com
Orangtua pada dasarnya ingin yang terbaik untuk anaknya. Orangtua mungkin ingin kamu memperoleh pasangan yang lebih baik daripada pasanganmu saat ini, entah dari segi bibit, bebet, maupun bobotnya. Namun, kamu harus menjelaskan bahwa pasanganmu ini adalah sosok yang paling tepat untukmu.
Seseorang yang bibit, bebet, dan bobotnya seperti yang orangtuamu inginkan belum tentu cocok, menyayangi, dan sanggup membuatmu nyaman seperti sekarang.

4. Tetap jaga hati orang tuamu

unsplash.com
Saat kamu begitu mencintai pasanganmu, kamu mungkin akan melihat orangtuamu sebagai penghalang hubungan kalian. Saat berdebat, kamu mungkin tanpa tersadar akan menaikkan nada dengan marah demi membela dia yang kamu cinta. Ingatlah untuk tetap bersikap santun, dan mengontrol emosi sehingga orangtuamu pun akan menerima pendapatmu dengan kepala dingin. Jika kamu marah, bukan tidak mungkin, orangtuamu justru makin marah, dan bahkan makin tak merestui hubungan kalian.
5. Buktikan bahwa kalian sudah mandiri
meghillphoto.com
Orangtua yang telah mengasuhmu sejak kecil, mungkin akan tetap merasa kamu sebagai litle girl atau litle boy yang lemah dan masih bergantung pada mereka. Coba tengok apa penyebabnya. Jika mereka ragu karena kamu masih terlalu manja, atau belum mendapatkan pekerjaan. Nah, inilah saatnya kalian berjuang untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Buktikan bahwa kalian sudah jadi orang dewasa yang mandiri dan siap untuk membangun rumah tangga sendiri.
6. Jangan pantang menyerah, bawalah terus pasangan ke hadapan orangtua
www.indiaearl.com
Meski orangtua tidak setuju, jangan menyerah untuk terus berusaha. Kuatkan pasanganmu, katakan bahwa saat ini kalian sedang berjuang bersama untuk membangun masa depan. Katakan juga bahwa orangtuamu pasti sedang menilai seberapa besar keinginanmu untuk terus bersama dia. Jika semua sudah diusahakan, cepat atau lambat, orangtua akan luluh hatinya dan merestui hubungan kalian berdua. Namun, jika belum merestui juga, tetaplah bersabar. Mungkin saatnya kamu mengevaluasi kembali hubungan kalian sebelum kamu mengambil langkah.

7. Jangan menikah tanpa restu

unsplash.com
Penyesalan selalu datang terlambat. Meninggalkan keluargamu demi orang yang kamu cintai mungkin tampak romantis. Namun, di kehidupan nyata, yakinkah kamu, untuk melakukan itu semua? Kamu akan kehilangan orangtua yang dulu telah merawatmu sejak kecil dan keluarga yang terus mendukungmu. Bagaimana jika setelah menikahinya, rasa bersalah karena melawan orangtua justru membuat cinta kalian meredup? Sanggupkah kamu bertahan dengan itu semua?
Nah, jangan lupa untuk terus bersabar menerima keadaan. Kamu yakin dengan adanya jodoh bukan? Dia yang memang diciptakan Tuhan untuk melengkapi kekuranganmu, dan kamu ditakdirkan untuk menyempurnakan dirinya. Jodoh adalah hakmu. Tak ada yang bisa menghalangi kalian berdua menyatu, termasuk restu orangtua. Yakinlah, jika dia bukan untukmu, sekuat apa pun kamu mencoba, ia akan pergi juga. Sementara, jika memang dia untuk dirimu, sekuat apa pun kamu menghindarinya, kalian akan tetap dipersatukan dengan cara yang mungkin tak pernah kamu duga sebelumnya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jika Tanda-tanda Ini Sudah Ada, Hubunganmu Lebih Baik Diakhiri Sebelum Terlanjur Kecewa

Jika Tanda-tanda Ini Sudah Ada, Hubunganmu Lebih Baik Diakhiri Sebelum Terlanjur Kecewa

Kencan Pertama Memang Bikin Gugup, 6 Hal Ini Bikin Dia Mau Ngajak Lagi!

Kencan Pertama Memang Bikin Gugup, 6 Hal Ini Bikin Dia Mau Ngajak Lagi!

10 Ide Meja Rias Minimalis dan Rapi Ini Bikin Waktu Berdandan Makin Ditunggu!

10 Ide Meja Rias Minimalis dan Rapi Ini Bikin Waktu Berdandan Makin Ditunggu!

Canggih Banget! Ini 4 Inovasi Keren Produk Elektronik yang Seharusnya Kamu Juga Punya

Canggih Banget! Ini 4 Inovasi Keren Produk Elektronik yang Seharusnya Kamu Juga Punya

Packing Jadi Semudah Masak Mie Instan dengan 10 Packing Hacks Berfaedah Ini!

Packing Jadi Semudah Masak Mie Instan dengan 10 Packing Hacks Berfaedah Ini!

Selain Jadi Penyelamat Saat Dahaga, Ini 7 Manfaat Cola Lainnya. Nggak Kepikiran!

Selain Jadi Penyelamat Saat Dahaga, Ini 7 Manfaat Cola Lainnya. Nggak Kepikiran!

loading