Roti Bakar dengan Topping "Sehat", Visualnya Bikin Ngiler

unsplash.com

Apakah kamu termasuk penggemar berat roti bakar tapi takut kalori naik drastis karena topping-nya kelewat manis? Yang biasa dijajakan di gerobak memang tak jauh dengan taburan meses dan keju. Bahkan masih ditambah kental manis yang nggak main-main takarannya. Belum menteganya yang seabrek. Kalau dimakan di malam hari, bisa bahaya tuh.

Untuk memenuhi keinginan untuk menyantap camilan ini, coba bervariasi dengan topping dari bahan yang lebih sehat. Makanya bikin sendiri saja di rumah. Bisa pakai roti tawar kemasan atau bikin dari tepung terigu, ragi, susu, dan sedikit garam.

Kalau sudah, simak inspirasi resep topping roti bakar di bawah. Gurih, manis, atau keduanya bisa kamu bikin sendiri dengan kombinasi yang menawan. Visualnya tak main-main. Nggak beda jauh sama bikinan chef handal.

1. Sayuran tumis yang gurih

www.instagram.com

Kalau punya roti tawar baguette yang keras, topping ini bakal jadi pelengkap yang sempurna. Kamu bisa membuatnya dari satu buah tomat saja. Penasaran dengan caranya?

Cara membuat:

- Cuci bersih tomat dan potong bulat tipis-tipis

- Tumis tomat di atas wajan datar yang sudah kamu tuangi minyak zaitun

- Masak satu sisi sambil beri bumbu berupa garam, merica, dan oregano

- Balik sisi satunya dan masak sampai matang dan lunak

- Matikan api, angkat tomat dan letakkan di atas roti tawarmu sebagai topping

Sebagai alas kamu bisa mengoles roti dengan cream cheese atau butter. Tak hanya tomat, kamu bisa bikin dari berbagai macam sayuran lain, kok. Mau terong, paprika, asparagus, atau bunga kol dan brokoli juga boleh.

2. Jamur mozzarella

www.instagram.com

Bahan:

- Jamur kancing

- Keju mozzarella

Cara membuat:

- Potong jamur kancing dan tumis di atas wajan dengan sedikit minyak. Masak sampai warnanya keemasan

- Tambahkan sedikit garam dan bumbu lainnya sesuai selera

- Angkat jadikan topping untuk roti

- Taburi dengan potongan keju mozzarella

- Panaskan sebentar roti dalam oven atau di atas wajan sampai keju meleleh. Atau bisa gunakan torch kalau ada

- Taburi dengan daun seledri dan santap roti sehatmu

3. Telur dan selada air

www.instagram.com

Topping sehat lainnya bisa dibikin dari telur dan selada air. Ini sih gampang banget caranya.

Cara membuat:

- Buat telur mata sapinya dulu di wajan. Bisa juga didadar atau direbus, kemudian dipotong bulat tipis-tipis

- Bakar roti sampai kedua sisinya krispi, nggak perlu pakai mentega biar lebih sehat

- Baru beri topping berupa selada air dan telur. Taburi dengan merica, santap sebagai menu sarapan

4. Alpukat
www.instagram.com

Sebenarnya, di luar negeri alpukat sering dimakan sebagai santapan gurih. Kamu bisa langsung mengoles daging alpukat di atas roti tawar ditambah bumbu merica, garam, dan lain sebagainya. Atau tambahkan telur mata sapi atau bawang merah dan paprika cincang. Jika ingin versi manis bisa tuh tambah daging alpukat dengan bubuk cokelat. 

5. Cream cheese dan buah-buahan
www.instagram.com

Varian manis lainnya bisa kamu dapat dengan mengoleskan cream cheese di atas roti tawar bakar. Tambahkan potongan stroberi di atasnya. Kalau rasanya cenderung asam, tuang sedikit madu agar rasanya lebih manis. Kamu bisa mengganti stroberi dengan buah lainnya, pisang, anggur, kiwi, atau yang lainnya. 

6. Salmon segar

www.instagram.com

Siapa bilang nggak bisa makan salmon segar langsung? Dimakan bareng roti bakar pun bisa. Caranya olesi dulu roti bakar dengan cream cheese, kemudian tata potongan ikan salmon segar. Sebagai sentuhan akhir, tambahkan herbs bisa rosemary atau basil dan perasan jeruk lemon serta minyak zaitun. 

Nah, sekarang kamu bisa bikin roti bakar dengan berbagai macam topping gurih dan manis. Nggak harus selai, meses, keju, dan kental manis. Bikin yang sehat pun bukan jadi hal yang mustahil.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

Prediksi Jenis Sepatu yang Jadi Calon Primadona di 2021

Prediksi Jenis Sepatu yang Jadi Calon Primadona di 2021

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

Tren Makeup Retro Era 1920-an Kembali Booming, Jajal Inspirasi Ini!

Tren Makeup Retro Era 1920-an Kembali Booming, Jajal Inspirasi Ini!

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Trik Bijak Mengelola Gaji Agar Tagihan Tidak Bengkak

Trik Bijak Mengelola Gaji Agar Tagihan Tidak Bengkak

loading