Rombak Suasana Kamar Tidurmu Demi Istirahat yang Lebih Berkualitas

pexels.com

Tidur adalah kebutuhan mendasar manusia. Banyak penelitian yang berhubungan dengan tidur. Misalnya seperti kebutuhan durasi, manfaat, hingga kualitas yang bisa mempengaruhi kehidupan seseorang. Sebegitu pentingnya tidur membuat hal yang berhubungan dengan kualitas patut diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah tatanan kamar.

Ruangan ini menjadi tempat paling nyaman untuk melepas rasa lelah seharian setelah beraktivitas. Banyak orang yang mendekorasi ulang berkali-kali kamarnya hanya untuk mendapatkan view yang tepat.

Hal ini mungkin nggak selalu bisa kamu lakukan. Terlebih lagi mendekorasi ulang yang sesuai keinginan bakal membutuhkan biaya besar. Tapi tak perlu khawatir. Kamu bisa menciptakan suasana kamar tidur yang tepat demi kualitas tidur yang sesuai dengan tubuhmu.

1. Mengganti lampu utama dengan lampu tidur

pinterest.com

Kamu bisa mengganti lampu utama dengan lampu tidur setiap malam. Memang tak semua orang menyukai ruangan gelap. Tapi, tidur dengan lampu utama terang yang menyala akan membuat kualitas tidur berkurang.

Ada penelitian yang bilang kalau tidur dengan lampu utama terang akan bikin kamu tak 100% terlelap. Maka dari itu, kamu bisa mengakalinya dengan menyediakan lampu tidur yang bisa ditaruh di meja, permukaan dinding, atau LED kecil gantung yang biasa dipakai untuk memeriahkan tampilan kafe.

Biasanya lampu itu dilengkapi dengan pengaturan cahaya. Dengan bantuan lampu tidur yang tak terlalu terang, tidur kamu bakalan bisa lebih berkualitas.

2. Ganti seprai setidaknya sebulan sekali

pexels.com

Jangan malas mengganti seprai setidaknya sebulan sekali. Seprai yang lama tidak diganti biasanya meninggalkan berbagai banyak debu, sel kulit mati, kutu, dan kainnya sudah tidak sehalus seperti pertama kali dicuci.

Kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah baru bagi kulit wajah. Bisa jadi kamu jerawatan karena jarang mengganti seprai. Bukan cuma kesehatan kulit yang terganggu, saluran pernafasan juga bisa bermasalah.

3. Atur suhu ruangan

pexels.com

Mengatur suhu ruangan bisa menjadi kunci untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mungkin tak semua orang menyukai pendingin ruangan, tapi suhu ruangan yang terlalu panas bakal membuatmu kegerahan dan berkeringat sepanjang malam.

Hal ini bisa disiasati dengan memasang exhaust in-out yang mengarah ke luar jendela. Setidaknya ditempel di atas agar udara di dalam ruangan tidak kembali dan mencemari luar ruang tidur. Selain membantu sirkulasi udara agar tetap terjaga, exhaust juga bisa bikin ruangan lebih adem bantuan kipas angin.

4. Putar musik sampai terlelap
pexels.com

Buat yang takut tidur sendiri, kamu bisa mengakalinya dengan memutar musik dengan volume kecil sebagai pengiringi tidur. Kalau ada TV di kamar, kamu bisa atur sleep beberapa menit hingga kira-kira kamu tertidur. Supaya tida boros engergi dan kamu bisa tidur nyenyak. Karena beberap orang terbantu untuk tidur lebih cepat dengan diiringi suara yang tidak terlalu kencang.

5. Jangan terlalu banyak menggantung baju
verywellmind.com

Kebanyakan dari kamu mungkin suka menggantung baju bekas pakai. Alasannya karena tidak memiliki back up baju lain dan bisa langsung dipakai tanpa perlu diseterika lagi. Terkadang, hal ini justru jadi salah satu masalah untuk kebersihan kamar dan kualitas tidur.

Percaya atau tidak, baju bekas pakai yang digantung terkadang bikin kamu berimajinasi di ruangan gelap. Baju acak-acakan serta warnanya yang menyerupai sesuatu bikin kamu jadi tak tenang. Belum lagi baju bekas pakai ada banyak keringat yang keringat. Ini bisa mengundang nyamuk untuk singgah. Distraksi jadi bertambah, deh.

6. Ubah cat dinding kamar

pexels.com

Mengubah cat dinding kamar dengan warna kalem bisa bikin tidur jauh lebih berkualitas. Carilah warna pastel seperti dusty pink, biru muda, atau cokelat susu agar tak bikin sakit mata. Hindari warna mencolok dan tak memiliki motif.

7. Jangan terlalu banyak menyimpan barang tak berguna

nytimes.com

Namanya kamar memang ranah privasi. Biasanya kamu sering menaruh barang pribadi sampai menumpuk meskipun tidak berguna lagi. Perlu rajin merapihkan kamar supaya barang yang sudah jadi sampah tidak terselip di banyak space di kamarmu.

Mendapatkan tidur berkualitas tak selalu dengan cara mendekorasi total kamar. Menciptakan suasana yang sejuk dengan memiliki sirkulasi udara bagus, rapi, dan bersih, akan jauh lebih membantu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Makanan yang Aman Bagi Penderita Sugar Bugs

Makanan yang Aman Bagi Penderita Sugar Bugs

Cara Menyikapi Pasangan yang Masih Diganggu oleh Mantan

Cara Menyikapi Pasangan yang Masih Diganggu oleh Mantan

Hacks Gampang Bikin Bullet Journal Jadi Makin Kece

Hacks Gampang Bikin Bullet Journal Jadi Makin Kece

Panduan Merintis Bisnis dengan Pasangan, Cuan Menanti di Masa Depan!

Panduan Merintis Bisnis dengan Pasangan, Cuan Menanti di Masa Depan!

Tips Liburan di Jakarta, Low Budget tapi Tetap Fun

Tips Liburan di Jakarta, Low Budget tapi Tetap Fun

Inspirasi Desain Rumah Bergaya Vintage yang Elegan dan Hangat

Inspirasi Desain Rumah Bergaya Vintage yang Elegan dan Hangat

loading