Ribet dengan Password? Tenang, MasterCard sedang Menyiapkan Fitur 'Selfie Security'!

20 Oktober 2016
|Margarita Putri
0SHARES

 Buat yang suka selfie alias memotret diri sendiri berbahagialah karena selfie kamu akan semakin dibutuhkan. Baru-baru ini dua perusahaan multinasional sekelas Uber dan MasterCard merencanakan ide penghapusan password dan menggantinya dengan sistem potret muka atau yang biasa kita sebut dengan ‘selfie’. Sistem ini dinamakan sistem biometrik. Sebenarnya sistem biometrik ini sudah lama kita nikmati, lihat cara unlock perangkat komputer yang sudah menggunakan sidik jari atau bahkan kornea mata. Jika dinilai dari segi keamanan, penggunaan selfie ini boleh dibilang lebih aman dari password biasa karena sistem pencocokannya akan lebih detail dari sistem yang pernah ada. Sebenarnya sudah ada beberapa aplikasi yang menerapkan sistem ini tapi sistem ini dinilai rumit dan merepotkan penggunanya. Tapi di sisi lain, keamanan dan privasi pengguna akan terjaga soalnya gak ada yang bisa masuk ke akun kamu tanpa potret asli diri kita yang sudah dikenali oleh sistem. Apalagi sistem yang melibatkan transaksi belanja dengan uang. Keamanan menjadi yang hal pertama yang harus dipertanyakan. Sebelum makin banyak nanya, mending kulik dulu apa sih lebihnya si ‘selfie security’ ini buat transaksi keuangan? Beneran bisa lebih oke dari password biasa?

1. Buat beberapa orang, menghafal pin atau password itu siksaan banget

Jadi kalau bisa pakai muka sendiri, kenapa mesti ribet?

2. Anti maling

Kalau password atau pin bisa dicuri dan digunakan oleh orang lain, muka nggak bisa dicuri.

3. Sangat detail

Sistem ini bahkan mampu mendeteksi dan menghitung kedipan matamu dan memutuskan apakah itu kamu atau bukan. Warbiyasak!

4. Mendapat kritik

Walaupun banyak dapat tanggapan miring dari orang-orang, MasterCard percaya penggunaan foto selfie untuk transaksi keuangan dinilai paling sulit dimanipulasi.

5. Maju terus!

Biar dinyinyirin, sistem tanpa password atau ‘passwordless’ ini dikabarkan akan semakin besar dan banyak yang mau menggunakannya.

6. Transaksi lebih mudah

Transaksi bukan jadi hal yang ribet tapi jadi hal yang lebih kasual bahkan menyenangkan.

7. Akhirnya hobi selfie kamu nggak sia-sia

Jadi berasa model. Hehe....

Teknologi apalagi kalau udah ngomongin internet emang nggak ada matinya. Foto selfie yang tadinya boleh dibilang hanya mainan belaka sekarang malah bisa jadi alat verifikasi akun keuanganmu, loh! Kalau kamu sendiri lebih pilih mana? Pakai selfie atau pakai password biasa?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Margarita Putri
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES