Restoran Identik dengan Kebersihan, Tetapi Inilah Benda-benda Restoran yang Paling Berkuman

24 April 2017
|Atik Kencana S.
Life
106SHARES

Kita pastiya sering makan di beberapa restoran, entah karena sajian makanannya yang enak maupun tempatnya yang asik. Gak heran karena dua hal itu kita jadi betah banget berlama-lama di sebuah resto.

Restoran harusnya memang identik dengan kebersihan. Soalnya kan yang dijual berupa makanan dan minuman yang langsung dicerna oleh tubuh kita. Makanya banyak banget restoran yang sangat menjaga kebersihannya.

Tanpa kita sadari ternyata beberapa benda yang ada di restoran justru menjadi sarang kuman. Kelihatannya aja bersih, gak taunya malah kotor banget. Benda-benda tersebut kerap bersentuhan langsung dengan tangan atau tubuh kita. Penasaran benda-benda apa aja sih itu? Yuk langsung kita kepoin aja yuk!

1. Makanan prasmanan beserta wadahnya

Ternyata wadah makanan prasmanan memang menjadi salah satu tempat tinggal paling asik untuk tempat berkembang biaknya kuman. Karena makanan ini harus dijaga kehangatannya, menjadi tempat yang pas banget buat kuman E-coli, norovius, dan salmonella.

2. Buku Menu

Tanpa kita sadari ternyata buku menu menjadi tempat berkembang biaknya kuman juga lho. Karena buku ini memang digunakan berkali-kali dan berpindah-pindah tangan. Kebayang kan joroknya kayak gimana?

3. Gagang pintu

Hampir sama dengan buku menu yang digunakan berpindah-pindah tangan, gagang pintu juga seperti itu. Apalagi pintu toilet. Bahkan ada penelitian pada tahun 2005 yang menyebutkan ada sebanyak 18 persen orang yang gak mencuci tangan setelah dari toilet. Jorok banget ya.

4. Kran wastafel

Masih sama, karena benda ini memang digunakan oleh orang banyak, kran wastafel juga menjadi tempat bersarangnya kuman. Apalagi kran ini memang termasuk jarang dibersihkan secara berkala. Makanya, biasakan dari sekarang ya saat kamu menyabuni tanganmu, sabuni juga krannya biar gak berkuman lagi tanganmu.

5. Gelas minuman

Memang sih kita tau bahwa setiap setelah gelas ini digunakan pasti akan segera langsung dicuci supaya bisa dipakai lagi. Tapi kamu gak akan menyadari adanya perpindahan kuman dari tangan pembuat minuman yang gak sengaja menyentuh mulut bibir gelas ini. Parah amat ya.

6. Tempat duduk

Beda dengan meja makan, tempat duduk menjadi salah satu tempat yang paling jarang dibersihkan. Padahal suhu hangat yang berasal dari bokong dan paha kita menjadi tempat yang asik bagi para kuman. Apalagi selama perjalanan kita sudah mengangkut banyak kuman di celana kita.

7. Botol saus

Sama dengan buku menu, botol saus memang digunakan oleh banyak orang secara bergantian. Mungkin kita sering melihat para pelayan restorannya me-refill isi botol tersebut. Faktanya, botol saus ini memang jarang sekali untuk dicuci.

8. Wadah sabun

Tanpa sadar, tangan kotor kita sering banget menyentuh wadah botol ini, bahkan menyentuh saluran keluar sabunnya. Hal inilah yang menyebabkan berkembangnya kuman dan bakteri di tempat sabun. Mengerikan banget ya.

9. Wadah garam dan merica

Sama seperti botol saus, wadah garam dan merica yang biasanya disajikan di tiap-tiap meja restoran ini faktanya jarang sekali dicuci. Hal ini sudah menjadi rahasia umum lho.

10. Irisan buah

Siapa yang sangka sih kalau potongan buah yang ada di restoran ternyata tercemar oleh bakteri? Penelitian The Journal of Environtmental Health pada tahun 2007 mengungkapkan bahwa ada 70 persen irisan buah yang  dibiarkan terbuka lama bisa mengandung bakteri berbahaya seperti E-coli dan bisa mengakibatkan keracunan makanan yang serius.

Nah, itulah tadi beberapa benda di restoran yang menjadi sarang berkembang biaknya kuman. Gak pernah ngebayangin seperti ini sih karena memang yang kita tahu setiap restoran ternyata menjaga sekali kebersihannya. Duh harus ekstra hati-hati nih.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
106SHARES