Resep Olahan Daging Simpel untuk Menu Bekal Makan Siang

www.pexels.com

Pengeluaran uang bulanan habis untuk makan dan transportasi? Jangan sedih, mungkin sekarang adalah saat yang tepat kamu untuk belajar memasak.

Memasak makanan untuk menghemat uang bulanan terbukti ampuh. Selain lebih sehat, membuat bekal makan siang sendiri tidak harus membuang waktu terlalu lama. Bahannya pun mudah didapat.

Memakan daging sendiri bisa menambah energi. Kandungan protein dan lemaknya bisa jadi sumber tenaga untuk kegiatan sehari-hari. Berikut ini resep dari olahan daging yang pas untuk jadi santapan makan siangmuCheck this out!

1. Steak

pixabay.com

Steak biasanya adalah daging yang disajikan di atas hotplate. Tetapi untuk jadi bekal makan siang, kamu tetap bisa membuatnya. Resep daging sapi lada hitam ini beragam dan ditemukan pada berbagai website memasak.

Pertama, olesi daging sapi dengan sesendok teh lada hitam dan sesendok teh garam. Diamkan daging selama 30 menit sampai bumbunya meresap. Baru daging dipanggang dengan margarin di hingga matang.

Pemanggangan ini menggunakan api yang kecil agar daging bisa well cooked luar dan dalam. Daging kemudian disiram dengan saus lada hitam yang juga ditemukan pada berbagai supermarket.

2. Sandwich

pixabay.com

Beef biasanya dimakan bersama roti seperti burger. Untuk makan siang yang praktis dan padat, kita bisa membuat beef sandwich. Untuk olahan daging sapi ini, kamu tinggal membuat patty alias daging cincang yang dipadatkan dan berbentuk bulat.

Kemudian susun dengan sayuran, keju slices, tomat, saus, dan ditutup dengan roti. Potong jadi dua bagian, voila!

3. Nasi goreng

pixabay.com

Kebanyakan orang nggak mau ribet dengan membuat makanan. Kalau kepepet, tinggal beli frozen food. Kalian bisa kreasikan nugget dengan berbagai bahan lain.

Kalau waktunya sedikit, langsung saja goreng nugget. Lalu goreng nasi dengan butter sehingga rasanya lebih gurih. 

4. Abon
pixabay.com

Jika punya banyak stok daging dan waktu, kalian bisa membuat daging menjadi abon homemade. Memang untuk membuat abon sendiri memakan waktu karena harus membuat suwiran daging sapi, menyiapkan banyak santan dan menunggunya hingga kering.

Abon sapi ini bisa awet hingga berbulan-bulan. Cocok untuk dijadikan stok makan pagi, siang, sore, dan malam, 'kan?

5. Rolade

en.wikipedia.org

Punya waktu sedikit luang di malam hari? Coba bikin rolade saja untuk bekal makanan esok hari! Sebagai pelengkap, bisa nih membuat sambal teri.

Caranya mudah! Hanya mengahaluskan bawang merah dan bawang putih, cabai rawit, garam, dan gula merah. Setelah itu, tumis bersama teri yang sebelumnya sudah direndam air panas.

Membuat rolade juga cukup mudah. Daging dicincang lalu kocok bersama telur dan bumbu bawang merah dan putih, merica bubuk, pala, garam, dan penyedap yang telah dihaluskan.

Setelah dikocok rata, membuat lapisan luar dari telur yang dicampur dengan sedikit air supaya adonan jadi cukup lebar. Bungkus daging tadi dengan adonan telur yang sudah jadi. Kukus dan potong dengan ketebalan satu sentimter, goreng. Ditambah nasi putih dijamin makan siangmu jadi meriah dengan sambal teri!

6. Omelet daging

pixabay.com

Bekal makan siang yang lezat dan bisa dibuat dengan cepat adalah omelet daging. Telur dadar atau yang populer disebut omelet ini hanya butuh dua bahan makanan yakni, daging, dan telur.

Cara membuatnya cukup campurkan dua butir telur dengan daging sapi, parutan cheddar, garam dan merica, ditambah bawang putih serta bawang bombai.

Kocok semua bahan hingga merata dan goreng di atas pan agar memiliki bentuk yang cantik. Goreng telur daging itu sampai coklat keemasan.

Tambahkan nasi hangat, steamed potatoes atau cukup menyajikannya dengan saus sambal di piring. Sangat cocok untuk jadi bekal makan siang, 'kan?

7. Daging sapi bumbu Bali

pixabay.com

Resep pertama adalah mengolah daging dengan bumbu Bali. Makanan ini mudah dibuat dan memiliki aroma yang sedap. 

Bahan:

- 500 gr daging sapi, potong dadu

Bumbu halus:

- 9 siung bawang merah

- 5 siung bawang putih

- 7 buah cabai merah

- Kemiri

- Jahe

- 2 lembar daun jeruk purut

- 1 sdm air jeruk nipis

- 1 sdm garam

- ½ gelas asam Jawa

- 1 sdm kecap manis

Cara membuat:

- Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, dan jahe.

- Tumis bumbu halus, masukkan daging, daun jeruk purut, dan sendok makan garam.

- Masukkan air jeruk nipis, kecap manis, dan asam Jawa. Masak hingga meresap.

Itu tadi beberapa resep olahan daging yang bisa jadi ide untuk menu makan siang. Selain lebih hemat dan higienis, mengolah makanan sendiri membuat kamu jadi unlock kemampuan baru!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bergaya Seksi dengan Rambut Baru, Millendaru Disebut Mirip Kylie Jenner | Keepo.me

Bergaya Seksi dengan Rambut Baru, Millendaru Disebut Mirip Kylie Jenner | Keepo.me

Hindari Hal Ini Agar Dirimu Tidak Mudah Cemas Lagi

Hindari Hal Ini Agar Dirimu Tidak Mudah Cemas Lagi

Viral Babi Masuk Masjid, Emak-emak Pengajian Teriak Astagfirullah! | Keepo.me

Viral Babi Masuk Masjid, Emak-emak Pengajian Teriak Astagfirullah! | Keepo.me

Pemicu yang Membuat Seseorang Jadi Social Climber

Pemicu yang Membuat Seseorang Jadi Social Climber

Pria di Bali Bunuh Pacar Lalu Bunuh Diri, Surat Wasiat Jadi Petunjuk Lokasi Jasad Korban | Keepo.me

Pria di Bali Bunuh Pacar Lalu Bunuh Diri, Surat Wasiat Jadi Petunjuk Lokasi Jasad Korban | Keepo.me

Rebut Perhatian Si Gadis Introvert dengan Cara Sederhana Ini

Rebut Perhatian Si Gadis Introvert dengan Cara Sederhana Ini

loading