Resep dan Menu Buka Puasa yang Indonesia Banget

doyanresep.com

Ramadan selalu disambut dengan suka cita oleh umat Islan di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia yang memiliki berbagai kebiasaan yang dilakukan saat bulan suci tiba. Selain sahur bersama keluarga dan tarawih, masih ada satu lagi kebiasaan yang tak pernah ditinggalkan. Yaitu, berbuka puasa dengan menu makanan favorit.

Apalagi, Indonesia dikenal dengan variasi makanan yang khas dari berbagai daerah. Makanan tersebut cocok dijadikan menu takjil saat berbuka puasa karena rasanya yang menggugah selera dan buka puasa terasa lebih istimewa. Lantas, apa saja menu buka puasa yang Indonesia banget?

1. Arem-arem alias lontong isi

selerasa.com

Arem-arem alias lontong isi menjadi salah satu menu wajib buka puasa bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Untuk makanan berbuka bagi yang terpaksa membatalkan puasa di perjalanan, menu ini tergolong simpel dan cukup mengenyangkan. Arem-arem terbuat dari beras yang kukus dengan berbagai pilihan isian di dalamnya. Antara lain oncom, kentang dan wortel, serta daging cincang. Berbuka puasa dengan arem-arem kian lengkap dengan sambal kacang yang pedas dan gurih.

2. Aneka gorengan

pixabay.com

Arem-arem biasanya kurang lengkap tanpa menu pendamping yang satu ini. Risol, pastel, tempe, bakwan, dan tahu isi adalah menu yang biasanya disandingkan dengan arem-arem lengkap dengan sambal kacangnya. Jika enggan membeli gorengan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah agar lebih terjamin kebersihan.

Disarankan untuk tidak terlalu sering menyantap gorengan karena bisa meningkatkan kadar kolestrol dalam darah serta menyebabkan radang tenggorokan. Makanlah dalam porsi secukupnya dan tidak setiap hari.

3. Kolak dan biji salak

www.pinterest.com

Kolak terbuat dari santan kelapa yang dicampur dengan aneka bahan. Antara lain, pisang, ubi, biji salak, kolang-kaling, maupun tape. Buat yang suka makanan manis, pasti selalu mencari kolak sebagai menu buka puasa nanti. Kamu bisa membuat sendiri kolak favoritmu dan disantap saat buka puasa bersama keluarga di rumah.

4. Es pisang ijo
www.instagram.com

Makanan yang satu ini berasal dari Sulawesi Selatan. Es pisang ijo termasuk salah satu makanan daerah yang populer di seluruh Indonesia karena rasanya yang gurih dan enak. Karena itu, nggak salah jika es pisang ijo jadi salah satu pilihan menu berbuka puasa favorit. Terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau dan biasanya disajikan dengan tambahan bubur sumsum, santan, es dan sirup. Segarnya langsung terbayang!

5. Es selendang mayang
img-global.cpcdn.com

Kuliner menyegarkan satu ini berasal dari Betawi atau Jakarta dan sudah cukup jarang ditemui. Di acara tertentu seperti bulan puasa dan lebaran, masyarakat Betawi asli masih suka menyajikan dessert ini. Selendang mayang terbuat dari tepung beras dan disiram dengan gula merah serta santan. Rasanya manis dan mengenyangkan, lho.

6. Bubur kampiun

resepkoki.id

Buat para pecinta bubur, kamu bisa berbuka puasa dengan bubur kampiun khas Sumatera Barat ini. Bubur ini terbuat dari campuran ketan putih, sumsum, ketan hitam, kolak ubi atau kolak pisang, bubur kacang hijau, dan onde-onde. Karena memiliki isian yang banyak, bubur ini memiliki banyak perpaduan rasa manis yang berbeda namun tetap terasa enak. Hati-hati kekenyangan, ya.

7. Es aneka buah

www.instagram.com

Masyarakat Indonesia biasanya senang berbuka puasa dengan aneka jenis es yang dingin dan menyegarkan. Salah satunya es buah. Biasanya, berbagai macam buah seperti melon, semangka, pepaya, mangga, buah naga, dan apel dipotong dadu dan dicampur dengan sirup dan gula cair. Minuman ini disajikan dengan es batu dan air yang diberikan gula sehingga makin terasa segar.

Itulah beberapa menu berbuka puasa khas Indonesia yang bisa dijadikan pilihan saat Ramadan. Apapun menunya, pastikan tidak kebablasan makan dan membuat perut terlalu penuh, ya. Sebab, makan yang berlebihan justru tidak dianjurkan saat berbuka puasa. Berilah sedikit jeda untuk dapat menunaikan tarawih dengan khusyuk. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan makan malam dengan menu sehat lainnya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Perawat ini Mendadak Viral Gara-gara Pakai Bikini dan APD Transparan! | Keepo.me

Perawat ini Mendadak Viral Gara-gara Pakai Bikini dan APD Transparan! | Keepo.me

Kuasai Hacks Ini agar Bisa Jadi Chef Otodidak Selama Ramadan

Kuasai Hacks Ini agar Bisa Jadi Chef Otodidak Selama Ramadan

Tak Mau Jadi Beban Anak, Kakek Nenek ini Bekerja Sebagai Kurir Buat Hidup Sehari-hari! | Keepo.me

Tak Mau Jadi Beban Anak, Kakek Nenek ini Bekerja Sebagai Kurir Buat Hidup Sehari-hari! | Keepo.me

Inspirasi OOTD Fashion Hijab ala Selebgram Mega Iskanti

Inspirasi OOTD Fashion Hijab ala Selebgram Mega Iskanti

Ajaib! Inilah yang Terjadi Saat Air Comberan Ditetesi Air Zamzam, Hasilnya Bikin Takjub | Keepo.me

Ajaib! Inilah yang Terjadi Saat Air Comberan Ditetesi Air Zamzam, Hasilnya Bikin Takjub | Keepo.me

Overthinking Saat Puasa? Sebaiknya Hindari Makanan Ini!

Overthinking Saat Puasa? Sebaiknya Hindari Makanan Ini!

loading