Rencanakan Hal-hal Ini dalam Perjalanan Karirmu, Biar Masa Depan Lebih Menjanjikan

16 Desember 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Bekerja saat ini sudah nggak dipandang lagi sebagai aktivitas cari uang, tapi juga pengembangan karir. Hal ini pun jadi sebuah tantangan yang ingin ditaklukkan, sebab karir yang bagus akan menghasilkan pendapatan, jaringan, dan kualitas hidup yang lebih baik juga.

Perasaan bangga pun akan muncul ketika seseorang sukses di dalam karirnya. Tapi tentunya karir yang baik itu perlu perencanaan, lho. Dibutuhkan usaha yang lebih besar untuk mendapatkan posisi yang diinginkan, bukan semata-mata asal kerja. Beberapa tips berikut bisa inspirasi untuk langkah-langkah peningkatan karirmu pada masa mendatang. 

1. Proaktif

Salah satu usaha untuk mendapatkan karir yang lebih baik adalah dengan bersikap proaktif. Gimana, tuh? Sikap proaktif adalah aktif memantau kemampuan diri, melalui evaluasi diri maupun diskusi dengan pihak manajemen. Sikap proaktif ini menunjukkan kamu adalah salah satu aset sumber daya manusia yang berharga.

2. Jadilah si ahli

Pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan yang mumpuni bikin kamu dicari-cari oleh perusahaan mana pun. Hal-hal ini jadi kunci untuk mencapai karir yang cemerlang, dan tetap bertahan di dalam persaingan kerja. Rajin-rajinlah meningkatkan hal-hal itu, jika kamu nggak bikin kalah saing dengan yang lebih muda. Semakin kamu menjadi seorang expertist maka karirmu akan semakin bagus.

3. Minta saran atasan atau kolega kerja

Menentukan pilihan karir bisa jadi sangat membingungkan, terutama kalau kamu punya banyak bidang yang bisa kamu tekuni. Nah, untuk itu, kamu harus mengukur diri dulu, apa kemampuan yang kamu miliki, renjana apa yang ada di hati, dan bagaimana peluang karir pada bidang tersebut.

Pengetahuan yang luas, jaringan yang bagus, akan membuat keputusanmu lebih bijak. Nggak ada salahnya kok, mendiskusikan peluang karir pada masa depan dengan orang-orang yang memang telah mumpuni, misalkan atasan atau kolega yang berkarir pada suatu bidang yang ingin kamu tekuni.

4. Menawarkan diri dalam proyek atau assignment

Perusahaan suka dengan orang yang asertif dan punya inisiatif, lho. Jika kamu merasa mampu mengerjakan sesuatu, kenapa tidak menawarkan diri untuk melakukannya? Tanpa harus dipaksa atau dibujuk oleh bos, menawarkan diri untuk mengerjakan proyek bisa membuat penilaian positif di mata mereka. Selain dianggap lebih mumpuni, kamu juga dipandang lebih loyal dan komunikatif, poin plus banget deh, buat kamu. 

5. Jangan ragu pindah kerja

Pindah kerja memang riskan. Bisa jadi, kamu malah menemukan pekerjaan yang tidak lebih baik daripada lokasi kerja sebelumnya. Namun, cara ini juga bisa membuatmua mendapatkan karir yang lebih bagus. Dengan berpindah pekerjaan, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh, di antaranya mampu memilih tempat kerja yang lebih sehat karena kamu sudah lebih selektif.

Jumlah orang yang menjadi bagian dari networking-mu juga akan lebih banyak. Dengan berpindah kerja kamu akan tertantang untuk mempromosikan diri sendiri sebagai orang yang layak dan tepat pada sebuah pekerjaan baru. Kamu juga semakin mahir dalam hal adaptasi di lingkungan yang baru.

6. Konsultasi dengan human capital

Jangan ragu untuk konsultasi dengan ahli. Pihak human capital telah berpengalaman dan secara professional mengelola aset sumber daya manusia jadi, mereka memiliki dasar yang kuat, dan lebih sensitif terhadap isu-isu yang berkaitan dengan karirmu. Dengan berkonsultasi pada pihak human capital, kamu lebih mendapat arahan yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan karirmu.

7. Bisa memotivasi diri sendir

Setiap langkah untuk mendapatkan karir yang lebih baik membutuhkan motivasi dari dalam diri. Jika kamu sendiri sudah nggak semangat kerja, siapa lagi yang bisa mendorongmu untuk meningkatkan karir? Motivasi yang tinggi akan mendatangkan semangat kerja yang tinggi, sekaligus perasaan bahagia ketika menjalani setiap prosesnya.

Meningkatkan karir memang bukan proses yang instan. Semua itu butuh persiapan dan proses yang tidak sebentar. Namun, hasil nggak pernah mengkhianati proses, kok. Apa yang kamu usahakan kini akan berbuah manis kelak, suatu hari nanti. So, jangan berhenti berjuang untuk mendapatkan karir impian, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES