Remaja Jangan Coba-coba Narkoba Kalau Nggak Mau Hidupnya Begini!

23 Maret 2018
|Chandra W.
0SHARES

Kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja Indonesia jarang terdengar. Alih-alih mendapatkan data efek samping penggunaan narkoba bagi anak muda, lebih sering kita mendengar permen narkoba dan hoaks-hoaks semacam itu. Padahal remaja justru golongan yang paling banyak diincar karena usia remaja merupakan usia di mana seseorang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis, penasaran terhadap banyak hal dan dalam pencarian jati diri.

1. Penyebaran narkoba adalah salah satu masalah terbesar di Indonesia, terutama di kalangan remaja

Biasanya, di sekolah ada satu bandar yang lalu mengajak teman-temannya untuk mencoba mula-mula secara gratis lalu setelah temannya ketagihan dan tidak punya uang untuk membeli narkoba, diajaknya pula untuk berjualan ke teman-teman yang lain. Dampak buruknya bukan hanya kepada fisik si pengguna. Ada efek domino yang lebih jauh dari itu.

2. Pertama, kemungkinan putus sekolah

Kenapa remaja nggak boleh sekalipun menyentuh apalagi mencicipi narkoba? Ya karena ada efek ketagihan dan ketergantungan. ‘Mencicip’ nggak akan pernah berakhir sampai mencicip saja. Pasti ketagihan. Kalau ketahuan sama pihak sekolah, kamu bisa dan hampir pasti dikeluarin.

3. Setelah itu, kamu akan ditahan dan/atau direhabilitasi

Sayangnya, standarisasi program dan metode rehabilitasi di Indonesia belum ada atau belum ditentukan sehingga rehabilitasi pun sering gagal dilaksanakan. Pada tahun 2015, 100 ribu pengguna narkoba gagal direhabilitasi karena fasilitasnya tidak memenuhi. Jadi kemungkinannya, kamu akan ditahan. Coba bayangin hidup di penjara. Lantainya dingin, kasurnya keras, jorok, makan seadanya. Mau?

4. Tergantung pada jenis narkoba yang digunakan, kamu pasti akan mengalami berbagai efek samping

Mulai dari euforia, halusinasi, sampai sedih berlebihan. Ketika kehabisan stok dan nggak mengonsumsinya lagi, kamu sakaw. Badan meriang, kalau nggak keturutan mengonsumsi lagi, kamu merasa sakit. Dalam beberapa kasus, bisa juga kamu terlalu berlebihan menyalahgunakannya hingga overdosis. Pasti kamu pernah melihat dan mendengar berita tentang selebriti yang ditemukan tewas karena overdosis di tempat tinggalnya kan? Nah nasib kamu bisa jadi menyerupai mereka kalau kamu menyalahgunakan narkoba.

Jadi plis banget, jangan pernah sekalipun mencicip yang namanya narkoba. Pas dikasih barang yang mencurigakan sama teman, teman baik sekalipun, kamu harus meneliti itu apa sebenarnya sebelum mengonsumsinya. Masa depanmu masih panjang, jangan sampai rusak karena narkoba.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES