Rekomendasi Interior untuk Ciptakan Suasana Hangat di Ruang Tamu

unsplash.com

Mungkin karena jarang dipakai dan dianggap bukan ruangan untuk penghuni rumah, banyak orang tidak memperhatikan kondisi dan suasana ruang tamu di rumahnya. Akhirnya, suasana yang terasa di ruang tamu pun menjadi berjarak, tidak intim, dan “dingin”.

Ketika ada tamu datang pun, suasana itu dapat terasa sehingga dapat membuat tamu tidak nyaman. Ruang tamu yang “hangat” tentu akan membuat nyaman siapapun tamu yang datang. Bahkan bisa jadi ruangan itupun akan terasa nyaman bagi penghuni rumah.

1. Buat rancangan penataan furnitur

unsplash.com

Oleh karena itu, pilihan sofa untuk ruang tamu dengan pertimbangan yang matang. Bahkan jika memungkinkan, kamu disarankan membuat rancangan penataan furnitur terlebih dulu sebelum melihat-lihat katalog produk sofa. Demi suasana ruang tamu yang lebih hangat dan nyaman.

Ada sedikit tips menyangkut ukuran dan tinggi sofa. Sebaiknya hindari sofa dengan dudukan terlalu rendah. Ini akan membuat orang yang mendudukinya kesulitan bangkit. Lebarnya tentu saja harus disesuaikan dengan luas ruang tamu.

Selain itu, perhatikan dengan seksama detail material yang dipakai serta desainnya. Sofa yang baik pasti menggunakan kain dan lapisan busa yang kuat. Jika menginginkan sofa yang tidak mungkin ketinggalan zaman, pilih desain yang paling simpel. 

2. Pilih sofa yang sesuai desain

unsplash.com

Pasti semua setuju kalau ini adalah perabot wajib untuk ruang tamu. Memang benar, sofa merupakan item sentral. Ini menjadi faktor penentu tingkat kenyamanan dan kehangatan suasana di ruang tamu.

Penilaian tamu tentang bagaimana bagusnya ruang tamu Kamu, kemungkinan besar hanya akan didasarkan pada sofa yang tersedia. Sepertinya memang naif, tetapi itulah kenyataannya. Desainer interior pun mengatakan hal yang sama mengenai sofa.

Tidak sedikit dari desainer interior yang menghadapi kesulitan. Pasalnya klien memutuskan untuk memilih sofa yang tidak cocok dengan gambaran desain yang diminta sendiri. Alhasil, tampilan ruang tamu mereka jauh di luar perkiraan.

3. Gunakan tanaman hias

unsplash.com

Elemen tambahan seperti tanaman hias juga bisa mengubah suasana suatu ruangan. Jika ingin menciptakan ruang tamu yang hangat, kamu tetap bisa menambahkan tanaman hias untuk memberikan kesegaran di ruangan.

Kamu bisa memilih tanaman monstera yang mempunyai bentuk daun yang unik. Jika ingin nuansanya feminin, kamu bisa meletakkan tanaman peace lily. Tanaman tersebut pun tergolong tahan untuk ditempatkan di dalam ruangan.

4. Pilihan warna yang tepat
unsplash.com

Warna yang diterapkan di ruang tamu akan memengaruhi perasaan orang lain yang berada di sana. Suatu waktu, mungkin kamu sengaja mewarnai dinding ruang tamu dengan tone gelap karena mencerminkan jati diri dan karakter pribadi.

Tampaknya memang kamu menyukainya dan merasa nyaman di dalamnya. Masalahnya, selera orang tidak sama. Bahkan untuk topik ringan, semacam jenis makanan, genre film kegemaran, dan warna favorit, setiap orang memiliki preferensi berbeda.

Ketika warna favorit diterapkan pada interior ruangan, sementara pilihan tersebut tak lazim digunakan, orang akan membayangkan sedang berada di lingkungan yang aneh. Itu pun akan turut memengaruhi penilaian mereka terhadap kamu.

5. Perpaduan warna interior dan cahaya
unsplash.com

Pengaruh warna di kancah interior begitu krusial. Warna dapat memberikan energi dan gairah, sekaligus kesan suram dan terkungkung. Ini akan tergantung seberapa intens, hangat atau dinginnya suasana yang diinginkan.

Pada kondisi geografis yang panas, ruangan harus dapat mendinginkan suasana. Sebaliknya jika rumah berada di daerah dingin, pilihan warna interior harus mampu memberikan kehangatan.

Skema lembut dari pilihan warna putih pada dinding, rak, bingkai pintu dan jendela, serta motif lantai, akan membuat ruangan terasa sejuk. Penerangan baru dibutuhkan pada malam hari dan ketika cuaca mendung dengan suhu rendah. Cara ini dapat menciptakan suasana hangat dan ramah seperti yang diinginkan.

6. Gunakan karpet yang lembut

unsplash.com

Karpet merupakan items yang esensial untuk menciptakan suasana dalam sebuah ruangan. Untuk menciptakan suasana yang hangat, kamu bisa gunakan karpet yang lembut untuk menutupi lantai ruang tamu.

Adanya karpet ini juga bisa membuat penghuni rumah menjadi lebih nyaman. Mereka bisa duduk di sofa maupun di karpet. Kamu bisa menggunakan karpet bulu untuk memberikan kesan yang hangat.

7. Memunculkan karakter personal

unsplash.com

Seleramu terlalu aneh untuk diterapkan di ruang tamu? Jangan berkecil hati. Kamu bisa mengakalinya dengan melakukan beberapa trik. Kamu dapat memunculkan karakter personal lewat cara yang lebih ramah dan mudah diterima khalayak.

Salah satunya dengan memberikan aksen berbeda pada satu atau dua titik terpilih. Misalnya pada salah satu sisi dinding yang dilapisi wallpaper bermotif floral. Warna gelap tak menjadi masalah, tetapi masih dalam tone yang senada dengan elemen lain di ruang tamu. Motif padat yang berwarna lembut juga bisa dipilih untuk memberikan suasana nyaman dan hangat.

 

Menciptakan ruang tamu yang nyaman bukan hanya diniatkan untuk membahagiakan setiap tamu yang berkunjung. Memberi kenyamanan seluruh penghuni rumah juga perlu dijadikan pertimbangan. Nantinya, ruang tamu yang nyaman juga dapat menjadi tempat untuk kumpul bersama keluarga di rumah.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
15 Negara Ini Dicap Memiliki Budaya Seks Paling Bebas di Dunia | Keepo.me

15 Negara Ini Dicap Memiliki Budaya Seks Paling Bebas di Dunia | Keepo.me

Masih Terjangkau, Barang di Tiffany & Co. Ini Pas untuk Dijadikan Hadiah

Masih Terjangkau, Barang di Tiffany & Co. Ini Pas untuk Dijadikan Hadiah

Video Klip Lagu Kekeyi Lenyap dari Youtube, Netizen Serang Sony Music: Sirik Amat Dah | Keepo.me

Video Klip Lagu Kekeyi Lenyap dari Youtube, Netizen Serang Sony Music: Sirik Amat Dah | Keepo.me

Mix and Match Bahan Corduroy untuk OOTD Harian

Mix and Match Bahan Corduroy untuk OOTD Harian

5 Wanita Terseksi Taiwan Versi FHM | Keepo.me

5 Wanita Terseksi Taiwan Versi FHM | Keepo.me

Rekomendasi Film Indonesia Garapan Sutradara Perempuan Tanah Air

Rekomendasi Film Indonesia Garapan Sutradara Perempuan Tanah Air

loading