Rahasia Menjaga Hubungan Cinta, Biar Bisa Awet Sampai Tua

29 Desember 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Hidup bersama dia yang tercinta sampai kakek nenek tentu adalah harapan semua pasangan. Namun, hal itu tentunya membutuhkan banyak sekali perjuangan. Permasalahan bisa datang dari mana saja, dalam bentuk apa saja. Orang bilang, menjaga hubungan cinta bahkan lebih sulit untuk memulai.

Mungkin saja, buktinya, kasus perceraian seabreg jumlahnya, kasus putus saat pacaran malahan tak bisa dihitung. Yuk, kepo, apa saja yang bisa membuat hubungan cinta tetap langgeng sampai maut memisahkan.

1. Meski terdengar klise, sabar adalah salah satu kunci

Pertengkaran di antara pasangan biasanya dimulai oleh adanya permasalahan, baik yang besar maupun kecil. Jika seseorang tak dapat mengontrol dirinya sendiri, masalah kecil pun bisa berubah jadi besar. Memang, jika masalah menyerang, mood jadi lebih buruk daripada biasanya, dan aneka pikiran negatif pun berkeliaran, hingga rasa marah pun akhrinya tak terhindarkan.

Dalam sebuah hubungan, sikap sabar menghadapi masalah dan sabar menghadapi pasangan jadi kunci efektif menjaga keutuhan. Bukan berarti marah itu dilarang, pada porsi yang tepat marah diperbolehkan. Hanya saja salah satu harus ada yang mengalah. Jangan marah pada saat yang bersamaan. 

2. Memberinya kepercayaan penuh, tanpa terlalu curiga

Cemburu memang tanda cinta. Namun, dicemburui terus menerus membuat pasangan akan merasa risih dan kesal. Memberinya kepercayaan akan membuat dia merasa nyaman menjalin hubungan denganmu. Meskipun ada banyak gangguan, yakinlah bahwa orang yang kamu cintai itu akan bisa menjaga kepercayaan yang sudah kamu berikan. Selain memberinya rasa nyaman, dia juga akan bangga memiliki kekasih yang dewasa seperti dirimu.

3. Komunikasi yang baik, belajar mendengar dengan baik

Ketidakharmonisan seringkali berawal dari komunikasi yang tidak baik. Si perempuan ingin A, tapi tidak malu mengatakan. Ketika sedang ada masalah, lelaki cenderung ingin sendiri, sementara perempuan merasa dihindari, dan merasakan ada yang salah dalam hubungannya.

Saat bertengkar, laki-laki maupun perempuan tidak benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan pasangannya, tapi lebih fokus berpikir tentang jawaban apa yang akan ia berikan sebagai balasan pertengkaran. Komunikasi bukan lagi usaha untuk saling mengerti. Komunikasi yang baik harus selalu dipertahankan demi menjaga hubungan. 

4. Komitmen yang terus dijaga bersama-sama

Komitmen bisa dibuktikan dengan beragam cara, entah dengan mengatakan langsung dan membuat kesepakatan ataupun dengan tindakan. Tanpa komitmen, hubungan tak punya makna. Komitmen juga berperan sebagai batas teritori untuk orang lain, sekaligus pengingat bagi diri sendiri bahwa kalian telah dimiliki seseorang. Komitmen akan melindungi hatinya dan melindungi hatimu sendiri.

5. Keterbukaan terhadap pasangan

Pasanganmu akan merasa sangat dihargai jika kamu mau terbuka padanya. Sebagai timbal baliknya, dia pun akan memberikan kepercayaan kepadamu. Keterbukaan pada pasangan adalah hal yang memang perlu dilatih karena rasa sungkan, takut dianggap lemah, atau merasa tidak ingin merepotkan pasangan kadang jadi penghambat keterbukaan. Keterbukaan bisa dilakukan setidaknya dengan cara berkomunikasi secara asertif kepada pasangan.

6. Memprioritaskan pasangan, menjadikan dia nomor satu di antara kesibukan-kesibukanmu

Sesibuk apapun kegiatan, sejauh apapun jarak, semua tidak ada artinya jika kalian berdua saling memprioritaskan. Sebab kalau ada hal lain yang sudah lebih diprioritaskan daripada pasangan maka itu akan memicu perpecahan. Menjadikannya nomor sekian bukan hanya akan merenggangkan hubungan kalian, hal itu juga membuatnya merasa tidak dicintai lagi. 

7. Jadikan dia orang yang bahagia

Senangkan hati pasangan dengan memberikan cinta seutuhnya. Ada orang yang senang dengan pemberian hadiah, kejutan, makanan, ungkapan cinta, atau cukup dengan kehadiran dan perhatianmu saja.

Memang bukan hal yang mudah untuk menjaga hubungan. Namun, bukankah kesulitan itu setimpal dengan hasil yang akan diperoleh. Siapa yang tak ingin bersama dengan orang yang dicintai sehidup sesurga?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES