Punya Hater di Kehidupan Nyata? Ubah Jadi Teman dengan Cara Ini

12 Februari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Punya hater di media sosial, sudah biasa. Orang-orang jadi lebih berani ketika berhadapan dengan yang maya. Tapi gimana kalau punya hater di kehidupan nyata juga? Kita sih selalu berharap untuk nggak dibenci ya sama orang. Kenyataannya, nggak mungkin kita bisa bikin senang semua orang. Kabar baiknya, kita bisa bikin hater jadi teman. Masa sih? Iya beneran. Nggak percaya? Gini nih caranya.

Minta tolong. Lah, masa minta tolong ke orang yang sudah jelas-jelas benci sama kita? Mungkin terdengar aneh, tapi tindakan sederhana ini dapat mengubah persepsi seseorang terhadapmu. Orang bisa benci karena dua alasan. Pertama, karena dia nggak punya apa yang kamu punya. Kedua, kamu emang nyebelin. Hahaha.

Sebenarnya ada banyak sih, tapi intinya karena ada gap di antara kalian berdua. Meminta tolong adalah tindakan untuk menghilangkan gap tersebut. Istilahnya, menyejajarkan diri dan posisi. Pasti dia kaget, tapi setelah itu kadar bencinya akan berkurang.

Tindakan meminta tolong umumnya hanya dilakukan seorang teman ke teman atau siapapun yang bukan musuh. Terkadang, ini akan mengubah persepsi mereka tentangmu. Selama ini kan dia atau mereka hanya mengamati dari luar dan selalu mencari-cari alasan untuk membenci apa saja yang kamu katakan dan lakukan. Dengan mengajaknya berinteraksi, ia kini sudah ‘dirangkul’ ke dalam hidupmu. Udah bukan outsider lagi.

Setelah itu dia akan mikir ‘Beneran nggak sih aku benci sama dia?’ Kalau dia sudah pernah menolongmu, ya mestinya sih jawaban otaknya adalah ‘Nggak lah kan aku pernah menolongnya.’ Nah minta tolongnya dalam hal apa inilah yang harus dipikirkan. Minta tolong pindahan rumah nggak disarankan sih. Cukup yang kecil-kecil saja tapi nggak terlalu remeh juga. Jadi kamu harus menimbang kemampuan si hater ini juga.

Contohnya pinjam pulpen. Yang bisa dilakukan pada saat itu juga. Efeknya signifikan. Sebenarnya cara ini bisa juga diterapkan kepada yang bukan hater, bisa juga terhadap orang yang baru kamu kenal, kolega yang kamu belum paham main politik kantornya, dan lain-lain. Teknik berinteraksi dengan orang yang belum kamu mengerti sih sebenarnya. Gimana, cukup berguna?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES