Profesi yang Tak Bisa Work from Home, Salut untuk Mereka!

unsplash.com

Arahan pemerintah terkait social distancing di tengah merebaknya Coronavirus membuat sebagian masyarakat dihimbau untuk bekerja dari rumah. Membatasi kontak antar manusia demi mencegah penyebaran COVID-19 penting dilakukan untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan orang lain di sekeliling.

Karena itu, kamu harus pintar-pintar mengatur waktu agar pekerjaan tetap selesai tepat waktu meskipun dikerjakan di rumah yang memiliki tantangan lebih besar dibanding di kantor. Meski demikian, nggak semua orang bisa bekerja dari rumah.

Ada sejumlah profesi yang tidak bisa melakukan pekerjaannya selain di tempatnya bekerja. Walaupun berisiko besar, situasi membuat mereka sulit untuk bekerja di rumah. Profesi ini erat hubungannya dengan pelayanan masyarakat dan tidak dapat diwakilkan oleh siapapun.

1. Di garda terdepan, tenaga kesehatan tetap bekerja di rumah sakit tanpa lelah

unsplash.com

Para dokter dan perawat sudah pasti tak bisa melakukan pekerjaannya di rumah meski wabah Corona merebak di Indonesia. Mereka justru bekerja lebih ekstra dari hari biasanya di rumah sakit tempat mereka bekerja.

Setiap harinya, mereka bisa jadi melayani belasan pasien penderita COVID-19 dengan menggunakan alat pelindung diri (APD). Padahal, kondisi yang sering kontak dengan pasien berisiko tinggi tertular virus. Demi melawan penyakit mematikan itu, mereka rela bertaruh nyawa.

2. Para jurnalis yang melaporkan berita update

www.pexels.com

Di balik setiap berita terbaru yang dibaca setiap harinya, ada para jurnalis yang berjuang melaporkannya. Alih-alih bekerja dari rumah, para jurnalis tetap melaporkan perkembangan terbaru soal wabah COVID-19 langsung dari lapangan. Ada pula yang melaporkan berita dari rumah sakit tempat pasien dirawat agar bisa menyajikan berita paling update

3. Demi pemasukan harian, driver ojek online tetap harus turun ke jalan

unsplash.com

Mitra ojek online tetap melayani pengemudi yang bepergian di saat merebaknya wabah Corona. Profesi ini memang sulit diwakilkan, apalagi dilakukan di rumah. Selain karena pekerjaan tersebut merupakan bidang jasa, driver ojol memilih tetap bekerja karena kebanyakan dari merka mengandalkan pemasukan harian.

Meski begitu, perusahaan penaung ojol berupaya melindungi mitranya dengan berbagai cara. Misalnya dengan pembagian masker gratis atau opsi delivery tanpa bersentuhan.

4. Pedagang di pasar tradisional dan retail
www.pexels.com

Kamu pasti nggak bisa membayangkan kalau hampir seluruh pasar di daerahmu tutup di saat genting seperti ini. Saat membutuhkan bahan makanan untuk dimasak di rumah dan menghindari makan di luar, kamu harus membelinya dulu di pasar.

Karena itu, para pedagang pasar rela tetap bekerja dan melayani pembeli yang butuh bahan logistik. Lagipula, nggak semua bahan makanan bisa dipesan secara online. Selain itu, membeli sayuran dan daging di pasar lebih terjamin kesegarannya.

5. Mereka yang bekerja di bank
www.instagram.com

Para pegawai bank termasuk sebagai profesi yang tidak dapat bekerja dari rumah saat wabah COVID-19 merebak. Pekerjaan ini tidak dapat diwakilkan orang lain. Mereka tetap harus melayani nasabah dengan keperluan yang berbeda setiap harinya.

Meski demikian, beberapa bank di Indonesia telah membuat kebijakan untuk mengurangi jam operasional. Selain itu, para pegawai bank diharuskan menggunakan masker saat melayani nasabah dan menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah memberikan pelayanan.

6. Buruh pabrik

www.pexels.com

Pekerja pabrik juga tidak bisa bekerja dari rumah di saat seperti ini. Nyatanya, himbauan pemerintah soal social distancing masih banyak nggak dihiraukan oleh perusahaan tempat para buruh bekerja.

Bahkan, ternyata masih banyak pekerja yang bekerja tanpa perlindungan standar seperti penyediaan hand sanitizer dan masker. Selain itu, mereka biasa bekerja dalam ruangan tertutup dan hampir tak berjarak satu sama lainnya.

7. Pramusaji di tempat makan

www.pexels.com

Satu lagi profesi yang tidak bisa mengerjakan pekerjaannya di rumah adalah pramusaji restoran. Di tengah situasi merebaknya virus Corona di tanah air, sejumlah restoran memilih untuk tetap beroperasi. Karena itu, para pelayannya pun tetap harus masuk kerja dan melayani pelanggan.

Mereka ini adalah pejuang yang harus tetap bekerja di luar rumah meski pemerintah telah mengeluarkan himbauan untuk social distancing. Semoga perjuangan dalam bekerja dihadiahi keselamatan dari Tuhan. Salut untuk mereka semua!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pilu! Inilah 5 Tragedi Genosida Paling Brutal dalam Sejarah Indonesia | Keepo.me

Pilu! Inilah 5 Tragedi Genosida Paling Brutal dalam Sejarah Indonesia | Keepo.me

Pekerjaan Ini Cocok Buat yang Berzodiak Leo

Pekerjaan Ini Cocok Buat yang Berzodiak Leo

15 Film Disney Terbaik yang Ceritanya Tak Lekang oleh Waktu | Keepo.me

15 Film Disney Terbaik yang Ceritanya Tak Lekang oleh Waktu | Keepo.me

Inspirasi Outfit Musim Hujan Ala Selebriti Wanita Dunia

Inspirasi Outfit Musim Hujan Ala Selebriti Wanita Dunia

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows Agar Tak Bingung Lagi | Keepo.me

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows Agar Tak Bingung Lagi | Keepo.me

Hacks Memilih Desain Tas Agar Tidak Membahayakan Kesehatan

Hacks Memilih Desain Tas Agar Tidak Membahayakan Kesehatan

loading