Pria Asal Afrika Selatan Ini Terapkan Jam Malam Kepada Empat Istrinya

14 Juni 2017
|Chandra W.
Life
0SHARES

Praktik poligami bukan merupakan hal yang asing di Afrika Selatan. Presidennya, Jacob Zuma memiliki tiga orang istri. Sebuah reality show di sana bertajuk Uthando Nes'thembu atau "Cinta dan Poligami' mengeksplor kehidupan seorang pria bernama Musa Mseluku yang memiliki empat istri dan sepuluh orang anak. Kabarnya, ia menerapkan jam malam untuk keempat istrinya yang tinggal di rumah-rumah yang berdekatan satu sama lain. Gimana ya ceritanya?

Mseluku adalah pengusaha di bidang perumahan berusia 43 tahun. Ia memiliki empat istri bernama Busisiwe MaCele, Nokukhanya MaYeni, Mbali MaNgwabe, dan Thobile Makhumalo. Masing-masing dari mereka telah memiliki rumah, dua mobil, dan pelayan rumah serta sopir. Tentu saja ini semua dibiayai oleh Mseluku. Melalui Cinta dan Poligami, Mseluku ingin menunjukkan bahwa anggapan masyarakat tentang poligami selama ini masih banyak yang keliru. Masyarakat beranggapan bahwa poligami itu buruk. Sedangkan istri-istri Mseluku hidup baik-baik saja dan akrab satu sama lain. Mseluku mengakui memang tidak semua hal dapat berjalan dengan lancar dalam pernikahannya, namun materi (penghasilannya) cukup membantu segalanya sehingga terasa lebih mudah.

Di balik semua kemapanan itu, ternyata Mseluku punya aturan yang bisa dibilang kurang lazim dan nggak seperti rumah tangga pada umumnya. Ia melarang istri-istrinya keluar rumah di atas jam 5 sore. Tindakannya ini mendapat reaksi dari netizen yang pada intinya mengatakan jika aturan tersebut konyol, bahkan remaja saja jarang yang orang tuanya melarang pergi di atas jam 5 sore. Mseluku menanggapi dengan santai bahwa meskipun ia melarang istrinya keluar lebih dari jam 5 sore, ia sendiri sudah berada di rumah sejak jam 4 sore untuk menyiapkan kebutuhan istrinya.

Keempat istri Mseluku juga ternyata merasa nggak ada yang salah dengan aturan itu dan bersedia menjalaninya dengan hati tenang. Mereka juga mengatakan kalau Mseluku adalah sosok yang baik dan rendah hati. Istri keempatnya bahkan berpendapat bahwa di hampir semua rumah tangga di Afrika, suami adalah "Tuhan", sehingga harus dipatuhi kata-katanya.

Kalau menurut kamu gimana? Apakah yang dilakukan Mseluku baik-baik saja atau sebenarnya mengurangi kebebasan hidup dari istri-istrinya? Mau dipoligami?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES