Potret Toleransi Antaragama di Tanah Air Ini Bukti Indonesia Masih Saling Menghargai Perbedaan

05 Juni 2017
|Ani Nur Cholifah
Life
0SHARES

Indonesia memiliki beragam perbedaan yang sudah ada sejak dulu kala bahkan sebelum merdeka. Terutama keberagaman budaya, adat, suku, bahasa, hingga agama yang ada di tanah air menjadi bukti kuat Indonesia adalah negara yang kaya akan perbedaan. Hal ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang tentu harus menjunjung tinggi beragam perbedaan demi kesejahteraan seluruh lapisan masyarakatnya tanpa terkecuali.

Namun sayangnya belakangan ini sering kita dengar kisruh mengenai kurangnya toleransi di negara kita. Mulai dari mengejek suatu ras atau budaya, lalu kurangnya rasa toleransi kepada umat beragama. Padahal sikap toleransi ini menjadi salah satu fondasi kuat pemersatu bangsa yang sudah dibangun sejak zaman dulu. Agar tidak terjadi perpecahbelahan dari suatu golongan atau kalangan masyarakat tertentu dari golongan mayoritas atau pun minoritas.

Salah satunya adalah daerah di Kota Tual yang cukup menjunjungg tinggi sikap toleransi terutama umat beragama. Masyarakat di sana dengan beragam agama yang dianut saling bahu membahu salah satunya adalah gotong royong dalam membangunan masjid. Kali ini YuKepo mengajak kamu untuk melihat potret toleransi antaragama di Indonesia yang membuktikan bahwa masih adanya rasa toleransi di negeri kita ini. Betapa indahnya perbedaan dalam rasa saling menghargai tanpa saling menyudutkan.

1. Wanita umat muslim ini ikut berbagi kepada seorang biksu

2. Pastur dan Biksu ini ikutan buka puasa menghargai umat muslim saat acara di bundaran Tugu Adipura Bandar Lampung

3. Dua wanita berbeda agama bergandengan tangan saat menyeberang jalan di Yogyakarta

5. Pondok Pesantren di Yogyakarta mengundang Non-muslim ikut membantu pemotongan hewan kurban terlihat akur

6. Berdiri sejajar dalam satu barisan meskipun berbeda agama

7. Perbedaan bukan untuk dibakar tapi dipadamkan agar kita tetap bisa bersahabat baik, betul?

Perbedaan bukanlah menjadi sebuah alasan untuk kita saling membenci suatu umat atau golongan. Bukan pula untuk menunjukkan bahwa kita adalah orang paling hebat di antara yang lainnya. Namun perbedaan mengajarkan kita semua untuk lebih belajar menghargai. Semoga kita lebih cermat dan menjadi orang yang bijak dalam menyikapi setiap perbedaan demi menjaga persatuan dan perdamaian di negeri kita ini. Kita Indonesia, kita beda, tapi kita satu. Yuk, suarakan gerakan sikap saling menghargai demi membangun kembali rasa toleransi yang hampir luntur pada negeri kita ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES