Potret Negara Lain Bikin Kamu Merasa Beruntung Tinggal Di Nusantara

16 Januari 2017
|Shela Pangaribuan
0SHARES

Banyak dari kita pasti mengeluhkan keadaan negeri kita yang membuat kita berharap kita terlahir atau tinggal di negara lain. Bahkan banyak dari kita lupa perjuangan para pendahulu yang membuat keadaan Nusantara sebaik sekarang. Inilah potret negara lain yang harus membuat kita merasa beruntung tinggal di negara kebanggaan kita.

1. Kemacetan

Kemacetan memang paling sulit diurai di beberapa kota besar di Indonesia. Tapi jika kamu melihat kemacetan yang terdapat di Tiongkok dimana masyarakat betul-betul tidak bisa menggerakkan kendaraannya, kamu pasti merasa sedikit lega ada di Indonesia.

2. Kesehatan

Masyarakat paling sering mengeluhkan hal ini, pasalnya fasilitas kesehatan di Indonesia memang belum begitu maju dan merata. Namun saat kamu mengengok fasilitas kesehatan di Afrika Tengah, kamu akan lebih teriris karena anak-anak disana bahkan tidak sempat menikmati masa mudanya dengan sehat dan orangtua khawatir anak-anak akan terserang penyakit menular mematikan.

3. Politik

Walau masih banyak konflik politik yang kerap kali menyebabkan perpecahan di pemerintahan Indonesia, namun hal ini masih bisa ditangani dengan baik selama ada musyawarah dan mufakat di antara banyak pihak. Namun mengingat di Suriah, bahkan warga ingin segera meninggalkan negaranya karena konflik berkepanjangan antara pendukung calon presidennya. Konflik senjata dimana-mana yang telah menghilangkan nyawa masyarakat sipil yang sudah begitu banyak berupaya bertahan hidup.

4. Sistem Pemerintahan

Asas demokrasi yang mewakili aspirasi seluruh warga memang belum begitu efektif di Indonesia, namun bagaimana jika dibandingkan nasib masyarakat Korea Utara yang dibawah sistem pemerintahan yang disebut “Juche” yang pemimpinnya memimpin dengan gaya Diktator Totaliter Stalinis. Nah lho? Benar saja, masyarakat bungkam, militer berjaga dimana-mana dan selalu diselimuti ketakutan.

5. Gender

Emansipasi wanita sudah terlihat di Indonesia. Adanya perlakuan sama di masyarakat seperti upah, pelayanan transportasi khusus wanita dan kebebasan wanita duduk mewakili rakyat di pemerintahan. Namun di Saudi Arabia misalnya, wanita disana dibatasi ruang geraknya bahkan tidak boleh menyetir mobil sendiri! Weleh-weleh…

6. Biaya Hidup

Walaupun ada perbedaan biaya hidup diberbagai wilayah di Indonesia, secara keseluruhan masih bisa dijangkau karena masih ada warteg atau warung-warung makan yang pro kantong rakyat, apalagi mahasiswa. Hal ini tentunya tidak ada di negara-negara di Eropa ya. Hehehe.

7. Alam Mempesona

Ketahuilah tidak semua masyarakat negara-negara maju sempat menikmati hijaunya alam terbuka dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Intip saja Singapura yang memiliki sedikit pemandangan karena dipadati oleh gedung-gedung perkotaan. Bersyukurlah Indonesia memiliki destinasi wisata yang bahkan didatangi wisatawan  dari seantero jagad.

Nah, semakin bersyukur kan kamu sebagai pemuda dan warga negara Indonesia. Daripada hanya mengeluh, bagaimana jika kamu mulai berpikir untuk berkarya demi jayanya negeri tercinta ini. Sehingga ke negara manapun kaki berpijak, rumahmu tetap di Indonesia. Merdeka!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Shela Pangaribuan
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES