Pikirkan Hal Esensial Ini Sebelum Memulai Bisnis Online Shop

unsplash.com

Semakin besar penghasilan yang didapat seseorang, biasanya semakin tinggi pula keinginan untuk memenuhi gaya hidup. Kalau sudah begini, konsumerisme akan melanda. Karena setiap manusia pada hakikatnya pasti memiliki sifat konsumtif.

Dengan tingginya tingkat konsumerisme dan ditambah pula dengan pesatnya perkembangan era digital, maka semakin mudah pula akses untuk memenuhi perilaku konsumtif ini. Pastinya kalian sudah tidak asing lagi ya dengan bisnis online.

Dulu, kita perlu pergi keluar rumah untuk berbelanja. Sekarang kita sudah dipermudah dengan banyaknya belanja online. Semua orang berlomba-lomba berbelanja online, terutama saat ada sale besar-besaran. Pasti kamu tergiur untuk buka usaha online juga? Tapi sabar dulu, kamu perlu mempertimbangkan hal ini supaya online shop kamu nggak mati di tengah jalan.

1. Tentukan mekanisme bisnis online

unsplash.com

Membuka bisnis online itu banyak caranya. Kamu bisa membuka akun di market place ternama, berjualan di media sosial atau memiliki website sendiri. Sebelum membuka online shop, kamu harus perhatikan menyoal mekanisme dan alur belanjanya. Namun yang terpenting, pastikan toko online-mu mudah untuk diakses oleh calon pelanggan.

2. Tentukan bidang usahamu

unsplash.com

Setelah memutuskan ingin membuka online shop yang seperti apa, hal yang selanjutnya kamu pikirkan adalah produk dan jasa atau apa yang ingin kamu tawarkan di pasaran. Apakah itu berupa barang, atau jasa, atau kuliner, atau yang lainnya?

Jangan sampai kamu mengikuti tren saja. Lebih baik ikuti passion, lebih bagus lagi jika mencari tahu apa saja kebutuhan di pasaran. Untuk mencari tahu, kamu bisa mengetahuinya dengan melakukan research sederhana dan menanyakan langsung ke konsumen.

Selain itu, kamu juga dapat memperhatikan toko langganan. Perhatikan dari segi produk yang dijual atau segi pelayanannya. Apakah kamu merasa masih ada yang perlu ditingkatkan? Dari sinilah kreatifitasmu akan bermain. Cara yang lain yaitu dengan banyak membaca dan melihat berita terkini. Jika sudah menemukan ide brilian, kamu bisa mengaplikasikannya di toko online-mu sendiri.

3. Tentukan sasaran

unsplash.com

Selain produk, kamu harus mengetahui siapa yang akan menjadi target online shop kamu. Jika ingin menjual brand fashion, maka target kamu bisa ditujukan ke usia dewasa muda. Sedangkan untuk produk kids fashion, target pasarmu bisa ditujukan ke wanita yang sudah berkeluarga. Menentukan sasaran pasar membuat kamu jadi lebih tahu promosi produkmu akan seperti apa.

4. Tentukan nama online shop
unsplash.com

Untuk memilih nama toko online, kamu bisa tentukan nama unik tapi mudah diingat oleh orang lain. Unik bukan berarti sulit diingat. Permudah orang untuk menemukan toko online kamu. Semakin sulit nama yang dipilih, semakin sedikit juga orang yang dapat mengingat namanya.

5. Tentukan metode pembayaran
unsplash.com

Selain menentukan hal di atas, memikirkan metode pembayaran online shop nanti juga tidak kalah penting. Ini bukan hanya persoalan pemasukan yang akan kamu terima nanti. Buatlah calon pelangganmu mudah untuk bertransaksi.

Pilih metode pembayaran yang biasa digunakan oleh orang banyak. Sebaiknya menggunakan nomor rekening dari bank yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang. Karena dari besarnya potongan biaya administrasi juga menjadi pertimbangan mereka dalam melakukan transaksi.

6. Tentukan strategi pemasaran

unsplash.com

Melakukan cara di atas saja tidak cukup untuk menarik pembeli. Maka, kamu perlu mencari strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan online shop yang kamu bangun. Untuk pemasaran ini, kamu juga bisa menjadi lebih aktif di social media. Biar masyarakat dunia maya bisa mengetahui bahwa kamu memiliki bisnis online.

Selain memasarkan lewat online, kamu juga bisa menawarkan produk yang dijual di online shop saat sedang meetup dengan teman-teman.

7. Aktif di social media

unsplash.com

Aktif di setiap media sosial yang kamu miliki cukup membantu dalam memperkenalkan online shop lebih luas lagi. Tidak hanya teman dekat, namun teman-teman di dunia maya pun bisa mengenal toko kamu. Jangan lupa untuk menyertakan foto produk terbaikmu disertai caption yang menarik. Kamu juga dituntut untuk aktif, pandai dalam mengambil gambar, sekaligus menulis caption menarik layaknya copywriter.

Ulasan di atas adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka online shop sendiri. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, kamu bisa lebih matang dalam membangun bisnis. Jangan sampai online shop yang kamu buat berhenti di tengah jalan. Seperti kata pepatah, biar lambat asal selamat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Demi Menjaga Kualitas Kebersihan Rumah, Bersihkan Juga 9 Spot Tersembunyi Ini!

Demi Menjaga Kualitas Kebersihan Rumah, Bersihkan Juga 9 Spot Tersembunyi Ini!

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

7 Perubahan Sederhana yang Bikin Skripsimu Cepat Selesai

7 Perubahan Sederhana yang Bikin Skripsimu Cepat Selesai

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Tips untuk Pendaki Pemula yang Mau Memulai Perjalanan ke Puncak Gunung

Tips untuk Pendaki Pemula yang Mau Memulai Perjalanan ke Puncak Gunung

loading