Pesan Moral yang Bisa Dipetik dari Drama Korea It's Okay to Not Be Okay

www.instagram.com

Selalu masuk trending topic, Drama Korea berjudul It's Okay to Not Be Okay yang diperankan oleh aktor Kim Soo Hyun dan aktris So Ye Ji mendapat banjir pujian. Bukan hanya soal kerupawanan paras pemainnya, serial ini juga hangat jadi pembicaraan karena mengangkat isu sosial tentang kesehatan mental. 

Diceritakan tentang Gang Tae yang merupakan seorang perawat laki-laki di sebuah rumah sakit jiwa. Ia bertemu dengan Go Moon Young, seorang penulis dongeng anak-anak yang antisosial yang tengah mendapat perawatan di tempat Gang Tae bekerja.

Drama yang mengudara di tvN selama 16 episode ini punya beragam pesan moral yang bisa dipetik untuk lebih mencintai diri sendiri. Sesuai dengan judul dan sinopsisnya, It's Okay to Not be Okay ini bisa dijadikan sebagai sebuah perjalanan bagi penontonnya untuk menerima kekurangan diri dan luka yang pernah terjadi di masa lalu.

1. Mau tidak mau harus bisa menghadapi trauma

www.instagram.com

Pernah dikecewakan membuat siapapun jadi takut untuk memulai sesuatu. Trauma yang terjadi di masa lalu rasanya seperti lem kayu yang makin lama justru semakin kuat untuk menutup rapat diri. Kadang terlalu pekat dan tidak bisa dilepas sehingga masa depan terasa sangat sulit digapai.

Dalam drama It's Okay to Not Be Okay  letak permasalahannya ada pada trauma masing-masing. Kedua tokoh utamanya sama-sama menghindari trauma. Padahal tidak akan ada yang berubah dengan melakukan sikap tersebut. Menghadapi trauma rasanya seperti harus berhadapan dengan hal rumit. Sesuatu yang paling tidak mau diketahui dan dibahas lagi meskipun hanya satu kata karena tidak menyenangkan.

Bahkan, tidak jarang kamu dipaksa untuk melihat lagi hal menyakitkan dan membangkitkan luka lama yang berusaha dilupakan. Sebaik apapun berusaha untuk pura-pura lupa, kalau tidak benar-benar menghadapinya kamu akan kembali ke posisi semula di mana trauma itu berada. Beranikan diri untuk berhadapan dengan luka. Niscaya, langkahmu akan lebih ringan dan tidak dibayang masa lalu. Ucapkan selamat datang untuk kedamaian. 

2. Posisikan diri jadi orang lain

www.instagram.com

Mudah untuk menilai orang dari luarnya. Bahkan kamu sering memberi julukan pada orang lain berdasarkan sikapnya yang terlihat. Seperti si judes, tukang ngambek, manja, dan lainnya. Tokoh utama Go Moon Young juga dinilai psikopat karena ambisiusnya. Dia harus mendapatkan segala yang diinginkan.

Di balik semua itu, Moon Young rupanya memiliki masa kecil yang traumatis dan kerap menghantuinya saat hendak tidur. Kisah inilah yang bisa dipelajari kalau kita tidak boleh asal menuduh orang tanpa tahu latar belakangnya. Setiap insan pasti punya beban yang sengaja disembunyikan dan tidak diceritakan. Berusahalah untuk tenang dan memposisikan diri menjadi orang lain. 

3. Kendalikan ego

www.instagram.com

Kamu adalah kusir atas kereta kehidupanmu. Maka dari itu, jangan sampai ego yang mengendalikan diri. Masih belum beralih dari Moon Young, ia dianggap seorang psikopat karena mudah mengancam dan menyakiti orang lain demi kepentingannya sendiri. Tapi pada akhirnya, semua yang diinginkan tidak seluruhnya terwujud.

Ambisius itu boleh, tetapi melukai orang lain demi ambisi bukan hal yang baik. Belajar berempati sangat diperlukan. Kalau bukan dari diri sendiri, siapa lagi yang akan peduli? Kamu perlu menahan diri untuk mewujudkan ambisi yang berpotensi merusak dan menyakiti orang banyak. Perhatikan orang sekitar dan lihat bagaimana mereka menjalani hidup. Mengendalikan ego bukan perkara mudah yang bisa dilakukan dalam masa singkat, tetapi prosesnya butuh waktu seumur hidup.

4. Jujur pada apapun perasaanmu saat ini
www.instagram.com

Ada orang yang jujur dengan emosi dan ditunjukkan melalui ekspresi. Tetapi ada juga yang pandai menyembunyikan perasaan sampai tidak ada yang bisa menebak. Menjadi orang yang jujur tidaklah mudah. Marah saja ketika kesal. Kalau sedih, menangis saja. Semua emosi yang kamu rasakan itu valid, tidak ada yang salah 

Dalam serial It's Okay to Not Be Okay, Gang Tae adalah seseorang yang pintar mengendalikan diri. Ia sering memanipulasi perasaannya sendiri dan tidak mau terlihat marah dan sedih. Berbeda dengan Moon Young yang blak-blakan dan tak segan untuk berteriak demi menunjukan perasaannya.

Kekontrasan karakter tersebut terlihat dalam urusan perasaan. Nilai moral yang bisa diambil adalah tentang pentingnya melampiaskan emosi negatif saat dirasakan oleh seseorang. Menyembunyikannya hanya akan membuat kamu semakin tertekan.

5. Punya kekurangan bukan kesalahan
www.instagram.com

Melihat orang lain punya hal yang tidak dimiliki, mungkin akan muncul perasaan minder. Sebenarnya itu adalah hal yang normal. Bukan berarti kamu boleh untuk terus-terusan insecure. Dengan mengakui kalau minder, kamu bisa mencari hal apa saja yang dirasa kurang. Kalau sudah tahu,kamu bisa untuk meningkatkan skill agar kepercayaan diri bisa timbul kembali. Setiap manusia punya kekuatan dan kelemahan. Kekurangan yang kamu miliki bukan suatu kesalahan.

6. Berhenti berharap pada hal yang tidak pasti

www.instagram.com

Saat memulai hubungan dengan orang baru, secara tak sadar kamu mengharapkan sesuatu darinya. Entah sebatas diberi perhatian hingga memberi balasan tentang perasaanmu kepadanya. Mengharap sesuatu membuat seseorang cenderung tidak rasional. Maka dari itu, usahakan untuk tidak berharap pada apapun yang telah kamu berikan. Ekspektasi sering membuat kecewa. Untuk menghindari rasa itu, jangan melambungkan harapan terlalu tinggi.

7. Merelakan hal yang tidak bisa kembali

www.instagram.com

Dialog di It's Okay to Not Be Okay kebanyakan diambil dari narasi dongeng yang sengaja atau tidak memang membuat penontonnya bisa melihat sesuatu dari sudut pandang lain. Salah satu dialognya adalah cerita sepasang sepatu merah. Intinya, dalam kehidupan sehari-hari kita semua pernah dipisahkan dengan hal yang disayangi. Untuk itu, kamu pun mau tak mau belajar untuk merelakan sesuatu pergi tanpa berpamitan kepadamu.

Dari judulnya, drama Korea It's Okay to Not Be Okay mampu memberikan banyak insight baik tentang self love. Tak apa menunjukkan bahwa kamu tidak baik-baik saja. Kamu dan kita semua adalah manusia yang sama-sama belajar untuk saling memahami dan menyayangi satu sama lain dalam berbagai keadaan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
KFC Indonesia Hadirkan Restoran Lifestyle-dining dan Salad Bar Pertama Bertajuk Naughty by Nature | Keepo.me

KFC Indonesia Hadirkan Restoran Lifestyle-dining dan Salad Bar Pertama Bertajuk Naughty by Nature | Keepo.me

Gaya Busana Parisian Ala Alyssa Daguise yang Gampang Ditiru

Gaya Busana Parisian Ala Alyssa Daguise yang Gampang Ditiru

Sedih! Anak Kecil Ini Menyanyikan Lagu Terakhir untuk Kucingnya yang Sudah Tua dan Sekarat | Keepo.me

Sedih! Anak Kecil Ini Menyanyikan Lagu Terakhir untuk Kucingnya yang Sudah Tua dan Sekarat | Keepo.me

Mengintip Fashion Trend Ala Anak Muda di Korea Selatan Saat Ini

Mengintip Fashion Trend Ala Anak Muda di Korea Selatan Saat Ini

7 Artis Ini Harus Pasrah saat Foto Bugilnya Bocor di Dunia Maya. Ngaku Deh Kamu Pernah Liat yang Mana? | Keepo.me

7 Artis Ini Harus Pasrah saat Foto Bugilnya Bocor di Dunia Maya. Ngaku Deh Kamu Pernah Liat yang Mana? | Keepo.me

Hati-hati, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Setelah Putus Cinta

Hati-hati, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Setelah Putus Cinta

loading