Perubahan Kecil yang Bikin Cepat Kaya Sekaligus dan Ubah Bumi Jadi Lebih Bersih

www.pexels.com

Isu tentang lingkungan sekarang ini sedang gencar digalakkan di social media. Efeknya tidak hanya sekadar memberi pengetahuan bagi para pengguna aktif social media, namun lebih dari itu. Banyak remaja yang kini sudah mulai peduli pada konsumsi makanan dan pengolahan limbah.

Sayangnya, kalau ingin mengurangi penggunaan pestisida, sayur organik harganya cukup mahal dan menguras kantong. Bagaimana caranya ya agar tetap peduli lingkungan namun bisa menabung juga supaya jadi kaya raya?

1. Mencabut charger HP

www.flickr.com

Kebanyakan dari kita suka lupa kalau baterai sudah terisi penuh tidak segera mencabut charger dari stop kontak. Padahal dengan mencabut charger bisa mengurangi biaya listrik. Selain mengurangi biaya listrik yang kita, dampaknya bisa lebih besar lagi.

Mengurangi penggunaan listrik sama dengan menghemat penggunaan batu bara untuk PLTU Batu Bara. Dengan menghemat penggunaan batu bara, kita juga bisa mengurangi efek negative dari PLTU. Sudah tahu kan kalau PLTU itu memicu gangguan sistem pernapasan dan potensi kematian dini?

2. Menghindari perilaku konsumtif

www.flickr.com

Daur ulang atau recycle memang terus digalalkan pemerintah sejak zaman dulu. Hal termudah untuk menjadi penggiat lingkungan dimulai dari lingkungan sendiri. Daur ulang termudah yang bisa lakukan adalah membuat pernak-pernik dari bahan yang pernah kalian miliki. Misalnya saja botol minum plastik, kemasan skincare, bungkus rokok, pulpen bekas bahkan buku yang sudah rapuh dan tidak bisa dibaca lagi bisa didaur ulang.

Kalian bisa cari idenya dari pinterest untuk tutorial serta inspirasi kerajinan apa yang bisa kalian bikin dari barang yang ada di rumah. Memang sih agak malas melakukannya. Lebih enak beli, selain murah dan banyak promo online. Tapi sikap konsumtif itu akan menjadi bumerang bagi kita.

Selain jadi banyak sampah plastik akibat bungkus belanja online, daya kreativitas kita juga turun. Kalau ingin kaya, kunci utamanya adalah hemat! Jadi, jangan tergoda sale dari e-commerce yang ada di televisi!

3. Lampu hemat energi

pxhere.com

Sama sepeti mengcabut charger dari stop kontak, penggunaan lampu hemat energi juga membuat kita mengurangi penggunaan dan biaya listrik. Jangan cuma beli lampu hemat energi, tapi penggunaan lampu juga diperhatikan.

Misalnya pada ruangan yang tidak digunakan, lampu tersebut harus dimatikan. Membatasi durasi penggunaan televisi dan main game juga perlu dikurangi. Kalau perlu, menggunakan 12 jam tanpa listrik setiap minggunya. Dengan mengurangi pemaikan listrik, cadangan energi yang ada di bumi bisa ikut di hemat bagi anak cucu kita nanti.

4. Membawa Totebag
www.pexels.com

Totebag menjadi hal umum sekarang akibat dari gerakan diet plastik. Sebenarnya untuk membuat sebuah totebag dari bahan katun yang umum dijumpai itu memerlukan proses panjang.

Dari menanam pohon kapasnya, memberi air dan pupuk yang cukup banyak, dan mengolah serat kapas jadi tekstil siap guna juga berpotensi mencemari lingkungan. Meskipun kabar baiknya adalah totebag dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun. Siapa yang kalau kemana-mana sekarang suka bawa totebag?

5. Belanja di pasar
pixabay.com

Kalau mau kaya, artinya harus tahu cara menghemat termasuk hemat berbelanja. Buatlah dulu skala prioritas. Apa saja yang paling penting dibeli, yang sangat dibutuhkan, bahan makanan yang sudah habis dan perlu dibeli ulang.

Kalau terbiasa belanja di supermarket, coba cek ke pasar yang ada di sekitar rumah deh. Biasanya, harga di pasar lebih hemat dari supermarket karena tidak pakai pajak yang besar. Di pasar malah lebih seru karena bertemu banyak orang dan saling tawar menawar harga.

Kalau bisa dapat harga yang lebih murah, sama artinya dengan menghemat biaya belanja bulanan, 'kan. Dengan begitu kalian bisa menabung lebih banyak hingga bisa kaya lebih cepat.

6. Tidak nongkrong di kafe

pxhere.com

Nongkrong di kafe, sambil mencolok charger laptop, wi-fi, bernapas dengan berbatang-batang rokok, sungguh nikmat. Tapi secara tidak sadar, biaya untuk nongkrong di kafe bisa untuk hidup hemat selama sebulan jika diakumulasikan. Kalau tidak nongkrong, uang jajan beli kopi itu bisa ditabung.

7. Bawa botol minum dan tempat makan kosong

pixabay.com

Ini fungsinya menghindari penggunaan plastik untuk jajan di jalanan. Kadang kalau lagi ingin cilok atau cilung, kita akan diberi plastik, 'kan? Dengan membawa tempat makan kosong, kita menghemat pengeluaran plastik.

Kalau ada 7 milyar manusia yang berpikiran sama untuk tidak menggunakan plastik meskipun itu satu biji, bukankah artinya kita menghindari 7 milyar sampah yang ada hari ini?

Sebagian masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya masalah lingkungan. Mereka mampu membuat sekitarnya jadi bebenah diri agar bumi tidak semakin sekarat dengan perilaku kita.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nikita Mirzani Tepergok Joget Seksi di Atas Kapal, Terekam Video tak Pakai Bra | Keepo.me

Nikita Mirzani Tepergok Joget Seksi di Atas Kapal, Terekam Video tak Pakai Bra | Keepo.me

Trik Sederhana untuk Atasi Mood Swing Ketika Menstruasi

Trik Sederhana untuk Atasi Mood Swing Ketika Menstruasi

Warung Makan Ini Sediakan Menu Makanan dengan Deskripsi Unik yang Bikin Pembeli Terpingkal | Keepo.me

Warung Makan Ini Sediakan Menu Makanan dengan Deskripsi Unik yang Bikin Pembeli Terpingkal | Keepo.me

Pintar Akademik Aja Nggak Cukup, Kamu Juga Harus Cerdas Emosional Biar Sukses

Pintar Akademik Aja Nggak Cukup, Kamu Juga Harus Cerdas Emosional Biar Sukses

Ngeri! Inilah Deretan Kisah Mistis Pasca Meletusnya Perang Dunia II | Keepo.me

Ngeri! Inilah Deretan Kisah Mistis Pasca Meletusnya Perang Dunia II | Keepo.me

Buat Kamu yang Baru Putus, 10 Lagu Galau Ini Cocok Untuk Menemani Harimu

Buat Kamu yang Baru Putus, 10 Lagu Galau Ini Cocok Untuk Menemani Harimu

loading