Perubahan Kebiasaan untuk Menjadi Morning Person Pemula

unsplash.com

Terlalu banyak kegiatan menjadikan pola hidup berubah. Kalau sekolah dulu sering bangun pagi alias jadi morning person, sekarang ini rasanya susah sekali bangun pagi karena kebanyakan begadang.

Meskipun alarm sudah berbunyi ratusan kali, ratusan kali pula kita menjeda alarm tersebut. Kalau hari libur sih tidak masalah. Yang jadi masalah adalah kalau kantor kalian punya jam kerja di pagi hari. Gawat 'kan kalau sampai harus potong gaji terus menerus karena sering telat.

Gimana sih cara untuk menjadi morning person agar tidak telat ke kantor lagi? Berikut trik baru yang bisa kamu lakukan!

1. Niat yang besar

pixabay.com

Segala sesuatu memang dimulai dari niat atau keinginan. Kalau kalian sudah punya niat untuk bangun pagi, maka hal selanjutnya adalah melalukan perjanjian dengan diri sendiri agar tidak melanggar niat tersebut.

2. Mengontrol tingkat stres

pixabay.com

Ilmuan dari University of Colorado yang dilansir di Genius Beauty menyebutkan bahwa ada hubungan antara orang yang sulit bangun pagi dengan tingkat stres, masalah psikologis dan emosi yang sedang tinggi. Ada baiknya jika kamu mulai mengontrol ekspektasi agar tingkat stres yang kalian rasakan.

Kamu bisa memulai dengan mengurangi membuka Instagram, Twitter dan Youtube. Menonton video yang dibagikan di social media tidak jarang membuatmu ikut terbawa suasana dan ikut-ikutan menjadi stres akibat lingkungan yang dibuat oleh dunia maya. Biasakan juga untuk tidur tepat waktu dan mulai membiasakan untuk tidak menyentuh ponsel setelah berbaring di kasur.

3. Minum air putih

pixabay.com

Segelas air putih sebelum tidur dan setelah bangun tidur menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, minum air putih dapat melancarkan peredaran darah karena oksigen dapat dialirkan ke seluruh tubuh.

4. Olahraga ringan
pixabay.com

Biasakan untuk melakukan peregangan terlebih dulu sebelum membuka aplikasi di ponsel. Hal ini berguna untuk membiasakan hidup sehat. Stretching ringan membuat otot yang masih tertidur ikut bangun dan semangat menjalani hari yang baru.

Melakukan olahraga ringan di pagi hari membantu meningkatkan hormon endorphin sehingga mood jadi membaik. Lakukan jogging ringan atau situp setelah peregangan. Kalian bisa lakukan 7 minutes work out dengan bantuan aplikasi di ponsel kalian.

5. Lakukan kegiatan
pixabay.com

Untuk memulai hari, biasanya kamu akan bingung setelah bangun tidur karena tidak memiliki jadwal kegiatan yang jelas. Malas-malasan di kasur pun menjadi pilihan. Agar kalian bisa bangun pagi, buatlah susunan jadwal kegiatan yang dilakukan.

Misalnya setelah bangun tidur, kalian harus membuka jendela, kemudian sit up sebanyak 10 kali dan mandi. Setelah mandi berjalan ke luar rumah, membeli sarapan lalu berangkat kerja. Di malam hari, menyiapkan pakaian untuk esok, menyiapkan sarapan untuk besok dan hal lainnya.

6. Pola makan
pixabay.com

Pola makan ada hubungannya juga dengan menjadi morning person. Melakukan rutinitas yang sama membuat kalian tentunya ikut mengatur pola makan. Mengatur pola makan misalnya tidak memakan apapun setidaknya 3 jam sebelum tidur, tidak minum alkohol, kopi yang kadar kafein tinggi dan tidak banyak makan junk food.

7. Nyalak alarm sekali saja

www.flickr.com

Atur alarm tidur dan bangun dengan 1 alarm saja. Waktu tidur ideal adalah 7-8 jam sehari, jadi pastikan alarm sesuai dengan waktu tidur ideal supaya tubuh lebih segar. Pasang waktu alarm yang sama setiap hari agar menjadi kebiasaan.

Dengan membiasakan diri untuk tidur di jam yang sama tubuhmu juga bakal terbiasa untuk bangun secara otomatis. Kalau memang sulit bangun dengan alarm biasa, gunakan aplikasi lain yang lebih mengejutkan.

Hal ini tidak begitu disarankan karena bangun dengan terkejut tidak baik bagi tubuh. Namun jika sangat ingin bangun pagi, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi yang membangunkan tidur lelap kalian.

Menjadi morning person memiliki banyak keuntungan. Selain membuat mood lebih bagus, metabolism tubuh juga jadi lancar karena irama detak jantung jadi teratur. Fungsi otak kita juga jadi lebih optimal karena pikiran kita segar.

Dengan begitu, kemampuan memecahkan masalah jadi lebih cepat dan maksimal. Meskipun terlihat mudah, pada prosesnya, menjadi orang yang bangun pagi itu sedikit sulit. Apalagi jika beban kerja memang banyak, bangun pagi adalah tantangannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Makam BJ Habibie Jadi Lokasi Selfie, Kemensos Ambil Langkah Tegas Kerahkan Satpam Khusus! | Keepo.me

Makam BJ Habibie Jadi Lokasi Selfie, Kemensos Ambil Langkah Tegas Kerahkan Satpam Khusus! | Keepo.me

7 Hal yang Harus Disadari Sedari Dini, Demi Diri yang Lebih Bijak

7 Hal yang Harus Disadari Sedari Dini, Demi Diri yang Lebih Bijak

Terjaring Razia, Pemuda ini PamerJurus Silatnya di Hadapan Polisi! | Keepo.me

Terjaring Razia, Pemuda ini PamerJurus Silatnya di Hadapan Polisi! | Keepo.me

Ilmu Tak Tertulis yang Harus Dipelajari Sebelum Resmi Menikah

Ilmu Tak Tertulis yang Harus Dipelajari Sebelum Resmi Menikah

Buaya Pemakan Manusia di Sulawesi Tenggara Tertangkap, Benda Ngeri Ini Ada Di Perutnya! | Keepo.me

Buaya Pemakan Manusia di Sulawesi Tenggara Tertangkap, Benda Ngeri Ini Ada Di Perutnya! | Keepo.me

Langkah Sederhana untuk Kurangi Plastik dan Sampah Rumah Tangga

Langkah Sederhana untuk Kurangi Plastik dan Sampah Rumah Tangga

loading