Perubahan Baik yang Dirasakan Jika Rajin Isi Bullet Journal

pixabay.com

Hari-hari yang rasanya monoton terus datang. Rasa bosan akan aktivitas yang sama, cenderung membuat seseorang menjadi malas dan tidak produktif. Bullet journal bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat hidupmu jadi lebih berwarna.

Menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, ini adalah cara yang menyenangkan dan efisien untuk mengatur tugas sekalgus menyimpan kenangan yang penting buatmu. Bullet journal sendiri adalah perpaduan menggunakan daftar rencana, daftar tugas, buku harian dan dapat menjadi produk kreatif.

Bukan buku biasa, nyatanya kalau rajin menulis di jurnal ini, ada banyak manfaat yang akan kamu rasakan dalam hidup. Semakin rajin mengisi jurnal, perubahan apa saja yang bakal kamu dapatkan?

1. Menyederhanakan hidup

pixabay.com

Beberapa orang berbakat di luar sana berupaya keras untuk membuat bullet journal miliknya terlihat seperti mahakarya. Spread yang rumit dan dekorasi sempurna yang kalian lihat di pinterest tidak dapat dibuat dalam semalam. Tujuan dari bullet journal adalah untuk menyederhanakan hidup, bukan untuk membuatnya lebih sulit.

Kamu tidak perlu mempelajari teknik menggambar untuk bullet journal! Yang perlu pelajari adalah konsistensi dalam menulis per harinya. Sederhanakan sampai jurnal berubah menjadi kebiasaan, lalu mulai memperkenalkan lebih banyak elemen dan konten secara perlahan.

2. Konsentrasi

pixabay.com

Menulis di bullet journal juga melatih konsentrasi. Kamu perlu fokus pada hal yang ingin dicatat daripada hiasannya. Berkonsentrasi pada informasi daripada estetika, dengan cara itu kamu akan membangun kebiasaan baru.

Bullet journal dapat dibuat seluruhnya dengan pena tanpa tata letak atau gaya yang mewah. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa menambahkan informasi tambahan tentang halaman reading book hingga watching list-mu.

3. Mengatur mood

pixabay.com

Setelah terbiasa mengisi bullet journal, kamu akan mudah mengatur mood dengan melihat kembali perjalanan hidup dalam kurun waktu yang sudah dituliskan. Jika sudah menjadi kebiasaan, kamu mungkin menambahkan beberapa warna dengan washi tape misalnya.

4. Teratur
pixabay.com

Satu hal umum yang sering dilihat di antara para pecinta bullet journal adalah hidupnya jadi lebih teratur. Ketika memulai hobi dan belajar sesuatu yang baru, kamu bersemangat dan memberikan banyak waktu. Seiring berjalannya waktu, kamu jadi jenuh dan tidak terinspirasi lagi, bahkan melupakannya.

Kunci sukses agar hidup teratur adalah menulis bullet journal secara terus menerus. Mengatur hidup melalui kebiasaan ini memang membutuhkan komitmen. Luangkan waktu untuk mengatur halaman utama dan biasakan untuk membuka jurnal setidaknya 5 menit setiap hari.

5. Memperkuat memori
pixabay.com

Menulis bullet journal itu layaknya menulis diari. Kamu bisa menyimpan banyak cerita dengan berbagai kata  yang dituliskan. Simpan jurnal di tempat sentral di rumah supaya mudah ditemukan. Ini akan mencegah kamu menunda yang pada akhirnya dapat menyebabkanmu menghentikan kegiatan menulis ini.

6. Pengingat

pixabay.com

Kamu dapat menuliskan gagasan apa saja di sela-sela kesibukan. Pada beberapa minggu pertama, atur pengingat di ponsel sebagai reminder untuk mengecek jurnal setiap hari. Sempatkan untuk menulis apa pun walau hanya satu kalimat.

7. Fleksibel

pixabay.com

Menulis di bullet journal melatih fleksibilitasmu. Saat menulis, kamu perlu memutar otak supaya apa yang ditulis di atas kertas bisa mudah diingat walau dengan alat tulis seadanya. Kamu bisa menyiasatinya dengan memilih pena yang bertinta terang atau membesarkan hurufnya.

Setelah mulai menulis di jurnal, secara tidak langsung kamu akan membiasakan diri untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin, teratur, dan memiliki komitmen besar. Sebuah kemajuan yang signifikan dari hobi menulis biasa, 'kan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Trik Mendekorasi Ruang Tamu dengan Tatanan Anti Mainstream

Trik Mendekorasi Ruang Tamu dengan Tatanan Anti Mainstream

Tanda Seseorang Terindikasi Jadi Bucin ke Pasangan

Tanda Seseorang Terindikasi Jadi Bucin ke Pasangan

Lakukan Hal Ini Agar Meja Belajar Selalu Rapi dan Nyaman

Lakukan Hal Ini Agar Meja Belajar Selalu Rapi dan Nyaman

Tips Menciptakan Kamar Mandi dengan Nuansa Alam

Tips Menciptakan Kamar Mandi dengan Nuansa Alam

Bikin Haters di Kehidupan Nyata Jadi Teman dengan Cara Ini

Bikin Haters di Kehidupan Nyata Jadi Teman dengan Cara Ini

Sering Menunda Pekerjaan? Lakukan Hal Ini Agar Kembali Produktif

Sering Menunda Pekerjaan? Lakukan Hal Ini Agar Kembali Produktif

loading