Pertolongan Pertama untuk Sembuhkan Hati Setelah Putus CInta

www.pexels.com

Putus cinta itu biasa, tapi sakitnya kadang nggak kira-kira. Bahkan rasa sakit karena putus cinta bisa bikin seseorang jadi gila, depresi atau jadi workaholic alias cinta kerja.

Respon tubuh karena kehilangan seseorang memang luar biasa. Malas melakukan sesuatu, inginnya sedih dan ingin dimaklumi orang karena sedang sedih.

Sedih karena patah hati itu boleh, kok! Tapi coba lakukan beberpapa hal ini setelah putus cinta ya!

1. Melancong

pixabay.com

Pergi adalah salah satu cara terbaik untuk mengalihkan kesedihan. Meskipun rasanya tidak berbeda jauh karena akan mengingat si dia terus selama perjalanan. 

Kegiatan trip seperti ini membuatmu lebih membuka mata bahwa masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan. Masih banyak hal lain yang bisa disyukuri dari keadaanmu saat ini. Meskipun hatimu hancur, bukankan dunia ini masih berputar?

Perhatikan lingkungan tempatmu duduk sekarang, sapa seseorang yang duduk disebelahmu saat naik kendaraan umum. Mungkin selama ini kamu sibuk sendiri dengan pasanganmu, bahkan tidak sempat memperhatikan kesulitan orang lain dan tidak membantunya.

Pergi melancong bisa menyegarkan pikiranmu. Udara baru, tempat baru, semoga saja membuat hatimu jadi baru.

2. Menulis sesuatu

pixabay.com

Tidak bisa menulis? Tidak tahu mau nulis apa? Tulis di platform apa? Tenang dulu. Tujuan menulis ini adalah membuatmu jujur terhadap apa yang kamu rasakan.

Ambil secarik kertas dan alat tulis yang ada di dekatmu. Tuliskan sedih sebagai kalimat pertama, selanjutnya tulis apa saja yang sedang kamu rasakan. Umpatan yang tidak bisa kamu ucapkan, bahkan tulis pembelaanmu jika merasa masih bisa bersama dengan sang mantan.

Tulis sejujurnya apa yang kamu rasakan pada kertas itu. Meskipun para ekstrovert jarang melakukan ini dan lebih memilih untuk mengunggah sesuatu di social media, kalian perlu menulis pada kertas.

Kertas tidak akan menghakimimu, tidak akan disalahkan jika membuat alibi, semuanya aman dan terkendali. Hatimu jadi ikut terkendali karena tidak ada yang mengomentari.

3. Bertemu orang lain

pixabay.com

Ketika patah hati, kamar dan lampu yang tidak dinyalakan adalah kombinasi menarik agar tidak menemui orang lain. Patah hati membuat kita mengisolasi dari lingkungan. Padahal hanya dengan bertemu orang lain, mood kita bisa jadi membaik tanpa banyak bicara.

Bertemu orang lain seperti teman lama, atau datang saja ke taman kota dan perhatikan orang lain. Melihat orang lain semangat melakukan banyak hal membuatmu ikut terkena positive vibes yang tidak bikin kesedihan itu muncul dan meneror hidupmu.

Perhatikan bagaimana mereka hidup dengan tawa atau kerutan di wajah tidak membuat seseorang berhenti bekerja. Bertemu orang lain menggerakkan hatimu yang sedang beku.

4. Ubah cara pikir
pixabay.com

Pernah sedih sampai rasanya ingin menyalahkan diri sendiri? Tidak sadar sampai menyalahkan keadaan dan bahkan menyalahkan Tuhan?

Cari kebahagiaan laintanpa harus ada dia didalamnya. Hidup dengan cinta yang lain bisa bahagia juga kok, nggak hanya cinta asmara. Coba ingat-ingat lagi sebelum ketemu dia, bisa bahagia nggak? Apa hidupmu sedih melulu sebelum ketemu dia? 

5. Logout semua media sosial
pixabay.com

Sedang patah hati itu rawan untuk menulis kalimat galau dan ditanya kenapa sama orang lain. Solusi terbaik adalah log out, kalau bisa bekukan saja akunmu untuk sementara. Anggap saja sedang social media detox sehingga kamu bisa melakukan hal lain daripada harus stalking mantan.

6. Dengarkan saran dari orang asing

pixabay.com

Mengapa orang asing? Karena orang terdekat bisa jadi subjektif. Dengan bepergian, trip, bertemu orang lain, ngobrol, biasanya mereka suka memberi nasihat. Meskipun nggak nyambung dengan keadaan hatimu, ambil hal yang bisa kamu terapkan di hidupmu.

7. Tidak memblokir akun

pixabay.com

Memblokir nomor mantan adalah hal lucu. Tidak peduli seberapa sayangnya kalian dulu, kadang kalau baru putus suka main blok saja. Padahal nggak ada untungnya kalau di-block.

Kamu bisa hapus nomor, unfollow dan mengganti nomor kalau tidak ingin dihubungi lagi. Memblokir mantan hanya membuatmu mengingat terus si dia. Ikhlaskan saja, kalau jodoh pasti bertemu. 

Demi menyelamatkan dari suatu hal buruk, Tuhan sengaja mematahkan hatimu. Bersabarlah. Saatnya kalian mencintai diri sendiri sebelum mencintai pasangan.

Ambil sisi positif dari segala sesuatu. Beranikan diri untuk mengucapkan selamat tinggal. Maka, ucapan selamat datang akan menghampirimu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Unik dan Inovatif, Ini 4 Wahana Permainan Seru Bagi Anak Masa Kini

Unik dan Inovatif, Ini 4 Wahana Permainan Seru Bagi Anak Masa Kini

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Hal Penting yang Nggak Diajarkan di Sekolah Tapi Harus Dipelajari Sejak Dini

Hal Penting yang Nggak Diajarkan di Sekolah Tapi Harus Dipelajari Sejak Dini

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Alasan Sering Uring-uringan Saat Di-unfollow Teman di Media Sosial

Alasan Sering Uring-uringan Saat Di-unfollow Teman di Media Sosial

loading