Perhatikan Kesehatan! Inilah Penjelasan 7 Reaksi Aneh yang Terjadi Pada Tubuh Kamu

17 Januari 2017
|Iswara Aji Pratama
Life
0SHARES

Kamu pernah mikir gak sih banyak hal-hal aneh yang terjadi pada tubuh kita setiap hari? Misalnya aja kayak bersin, nguap, merinding, dan hal lain yang terus-terusan kita rasain dalam hidup kita tanpa kita tahu tujuannya apa. Kalaupun tahu ya cuma sekadar nebak aja, bersin gara-gara kena debu, nguap gara-gara ngantuk, merinding gara-gara ngerasain setan. Padahal aktivitas-aktivitas tersebut punya tujuan lain yang bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Terjadinya reaksi demikian adalah sebagai upaya untuk menjaga atau melindungi tubuh kita dari virus-virus yang bisa menyebabkan tubuh kita sakit. Nah, kamu harus tahu nih penjelasan rinci dari reaksi ini biar nanti kalo kamu ditanya sama orang lain atau guru di sekolah kamu bisa jawab. Berikut penjabaran yang sudah YuKepo kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya!  

1. Menguap

Sebenarnya gak sepenuhnya salah sih kalau kebanyakan orang menganggap bahwa aktivitas menguap menjadi tanda bahwa seseorang mengantuk. Akan tetapi, tujuan inti dari menguap itu sendiri bukanlah demikian. Menguap bertujuan untuk merileksasi atau menenangkan otak kita kalau kepanasan gara-gara kebanyakan mikir. Ya intinya otak kita capek, dan menguap jadi penawarnya. 

2. Bersin atau bangkis

Biasanya kita bersin ketika banyak debu di hidung. Nah bersin itu menjadi upaya dari tubuh kita untuk menyingkirkan debu atau kuman dari sekitar hidung kita. Biasanya matahari atau lampu jadi perangsang yang paling mantap nih supaya bersin itu kesampean.  

3. Ngulet

Apa itu ngulet? Ngulet adalah tindakan yang biasa kita lakukan ketika bangun tidur. Orang zaman dulu bilang kalau ngulet bertujuan untuk mengumpulkan atau mengembalikan nyawa yang terpencar di alam mimpi. Ada-ada aja deh orang dulu pikirannya. Akan tetapi, secara ilmiah tujuan ngulet itu untuk meregangkan otot kita, melancarkan aliran darah, dan mengembalikan mood kita.

4. Cegukan

Semua orang pasti pernah cegukan. Biasanya cegukan disebabkan oleh cara makan kita yang terlalu cepat atau makan yang gak ada seratnya sehingga susah buat ditelan. Kalau udah begitu otot diafragma kita (otot yang fungsinya buat menarik dan menghembuskan nafas) keteteran buat mengimbangi kecepatan makan kita, akhirnya cegukan deh. Biasanya cara yang paling manjur buat meredakannya tuh minum air yang banyak atau nutup hidung sambil buang napas lewat kuping.   

5. Lagi tidur ngerasa jatuh ke jurang atau kesetrum

Pernah gak kamu lagi tidur kayak jatuh ke jurang? Kayak ilang aja badan kita gitu. Kondisi demikian disebabkan frekuensi bernapas kita turun secara dratis ketika akan pulas tidur, sementara itu nadi kita perlahan-lahan melambat dan otot kita menjadi rileks. Nah, ternyata otak kita punya penafsiran lain dalam melihat fenomena tersebut. Otak kita nyangkanya kita itu mati, sehingga muncul rangsangan yang mengakibatkan hentakkan seperti jatuh ke jurang itu biar kita bangun.    

6. Keriput di tangan

Keriput yang muncul di tangan kamu itu punya peran yang penting lho. Fenomena tersebut terjadi ketika badan kamu mengalami peningkatan jumlah air yang ada disekeliling kamu. Jadi kulit yang ada di tangan kamu mulai mengubah teksturnya supaya kamu bisa lebih gampang pegang sesuatu dengan permukaan yang lembut. Jadi bukan semata-mata karena kedinginan aja.

7. Merinding

Fungsi utama dari merinding adalah untuk mengurangi penurunan suhu tubuh lewat permukaan kulit. Jadi kalau kamu merinding itu bukan karena ada setan yang datang. Akan tetapi, karena suhu yang dingin. Jadi kondisi merinding berfungsi agar penurunan suhu panas yang ada di dalam tubuh tuh gak drastis. 

Nah udah tahu kan sekarang apa fungsinya aktivitas-aktivitas aneh yang terjadi pada diri kamu. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam menjawab soal-soal ulangan atau tes CPNS ya. Kali aja ada soal-soal yang berkaitan dengan hal ini. Satu lagi ya, jangan lupa jaga kesehatanmu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES