Perbedaan Menu Makan Siang Anak Sekolah di 11 Negara, Dijamin Bikin Ngiler!

13 Januari 2017
|Reza Pratama
193SHARES

Sewaktu masa sekolah dulu, kamu pastinya pernah kan membawa bekal untuk makan siang di sekolah? Selain bisa menghemat uang jajan, bekal makanan merupakan cara menghindari jajanan yang belum tentu sehat. Bekal biasanya berisi makan ringan dan makanan berat dalam porsi yang kecil. Menu makan siang disediakan oleh pihak sekolah di beberapa negara. Tentunya, makanan yang disediakan harus bergizi, memiliki kadar protein yang cukup, dan menggugah selera makan para siswa. Pastinya tiap negara memiliki menu makanan tersendiri untuk makanan sekolah. Makanan karbohidrat yang paling populer di berbagai negara adalah kentang, nasi, dan salad. Ada juga yang menyediakan susu sebagai minumannya. Bekal yang dibuatkan orang tua atau yang disediakan oleh pihak sekolah tentunya jauh lebih sehat dibanding jajanan di luar sekolah. Makanan inti yang wajib ada di setiap menu makan siang harus memiliki unsur karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, pasta atau mie. Menu makan siang yang disajikan tentunya akan berbeda di setiap negara. Nah, berikut perbedaan bekal makan siang anak sekolah di beberapa negara.

1. Iran

Para orang tua di Iran biasanya menyiapkan bekal untuk anak-anaknya yang berisi nasi, tomat, dan kebab domba 101% halal.

2. Jepang

Kalau dilhat dari menunya yang terdapat nasi, bisa dipastikan menu makan siang ini pasti berasal dari kawasan Asia. Yup, menu makan siang di Jepang gak beda jauh sama menu di Hokben. Menunya adalah sup panas, nasi, sayurdan susu. Perlu kamu ketahui, di Jepang siswa tidak diizinkan membawa bekalnya sendiri ke sekolah sampai mereka mencapai tingkat bangku SMA. Kalau di Indonesia, para siswa makan siang di kantin, sedangkan di Jepang para siswanya sangat jarang makan di kantin, mereka biasa makan siang di dalam kelas.

3. Inggris

Kentang, jagung, sosis, buah, dan susu merupakan menu makan siang yang biasa disajikan di Inggris. Udah enak, gizi yang didapat komplit pula.

4. Finlandia

Setiap siswa di Finlandia, selalu diberikan cemilan di dalam kelas saat pagi dan sore. Bisa dilihat menu makan siang di Finlandia berisi bola daging dengan saus tartar, kentang, dan salad. Kaya menu di IKEA ya?

5. Korea Selatan

Terlihat gak berbeda jauh sama makanan di Asia lainnya, sekolah-sekolah Korea Selatan biasanya berisi sup dan nasi. Yang unik, di Korea Selatan menyediakan menu ikan untuk siswa yang berbadan kurus. Menu yang baisa disajikan adalah kimchi, nasi, sayur, dan makanan ringan. Komplit banget ya?

6. Rusia

Di Rusia, para siswa diberikan makan gratis ketika istirahat makan siang, namun kalau makan di sore hari mereka dikenakan biaya seperti halnya kita beli makan di warteg. Menu yang biasa disajikan di Rusia adalah sosis, bubur gandum, dan teh. Ini sosisnya bukan sosis so nice ya guys.

7. Thailand

Kamu pasti bisa nebak ini makanan dari benua mana? Yup makan siang ini yang sering menjadi menu andalan para siswa di Thailand. Makanan yang dibungkus daun pisang di atas itu bukan bacang ya guys, tapi itu adalah puding yang disediakan pihak sekolah sebagai makanan pencuci mulut.

8. Turki

Turki memang terkenal dengan kebabnya, tapi bukan berarti para siswa disuguhkan kebab tiap hari. Menu makan siang si Turki biasanya berisi roti gandum, buah-buahan, susu dan kue kering sebagai pencuci mulut.

9. Brazil

Menu makan di Brazil memang tergolong sangat komplit dan berlimpah. Dalam menu makan siang tersebut biasanya disajikan nasi kuning, daging sapi, beberapa potongan daging babi, dan sayur. Ini sih bisa kenyang sampai malem.

10. Amerika

Di negeri Paman Sam ini, para siswanya biasa diberi menu makan siang berisi nugget, kentang tumbuk, puding, sayur atau biji-bijian, dan kue. 

11. Indonesia

Nah, kalau di Indonesia sendiri, menu makan siang biasanya gak jauh dari nasi, telur dadar atau telur ceplok, ayam, dan mie. Udah ada nasi pakai mie pula. Biar sekalian double kenyangnya. 

Nah, itulah perbedaan menu makan siang di berbagai negara. Di antara menu makan siang di atas, mana yang menurutmu paling menggugah selera? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
193SHARES