Perbedaan Ada Bukan Untuk Dimaki. Ini Cara Islam Agar Tetap Selalu Damai

lstcccme.wordpress.com

Akhir-akhir ini ujaran kebencian di media massa cukup banyak terjadi. Pemicu kadang hanya bermula dari permasalahan sepele, yang kemudian memunculkan sekelompok orang yang pro dan kontra. Kedua kelompok ini pun saling bersitegang, merasa pendapatnya yang paling benar.

Padahal kalau kita pahami lebih dalam, tak ada yang salah dengan perbedaan. Kita hidup di dunia yang begitu heterogen, perbedaan jelas menjadi konsekuensi di dalamnya. Itulah mengapa perbedaan atau menjadi berbeda bukanlah hal yang salah. Sejauh masih sesuai dengan norma dan ajaran agama. Islam sendiri adalah agama yang menjunjung tinggi toleransi. Maka ketika perbedaan ada, Islam punya cara untuk menyikapinya:

1. Sikapi perbedaan pendapat dengan kepala dingin

www.aclu.org

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tenangkan pikiran dan tetaplah dingin. Jangan pernah merasa bahwa perbedaan tersebut ada untuk mengusikmu. Pikirkan kembali, Allah SWT menciptakan umat-umatNya dalam wujuddan kepribadian yang berbeda-beda. Tak ada satupun ciptaan-Nya yang benar-benar sama. Lalu mengapa kita harus marah jika ada yang memiliki perbedaan pendapat? Itu artinya Allah memang telah mengatur perbedaan ada dalam kehidupan kita. Hal tersebut untuk menilai seberapa jauh kita mau bertoleransi dengan mereka yang berbeda pendapat dengan kita.

2. Membaca kembali literasi tentang hal yang berkaitan dengan topik yang sedang diperdebatkan

mulpix.com

Sebelum menilai pendapat orang lain salah dan pendapat kita yang paling benar, coba kita buka kembali literasi yang berkaitan dengan hal yang sedang diperdebatkan. Dalami lagi ilmu kita dengan membaca literasi tersebut. Siapa tahu ada pengetahuan yang kita lewatkan. Seharusnya dengan lebih memahami suatu hal, kita tak begitu saja menuding pendapat yang berseberangan itu salah. Berbekal dari pengetahuan yang diperbarui tersebut, justru kita bisa membagi ilmu dengan orang lain. Berbeda pendapat sah-sah saja, namun berbagi ilmu dengan sesama tentunya membuat kita mendapat pahala nantinya.

3. Mau mendengarkan pendapat yang berbeda dari orang lain

www.aquila-style.com

Ini hal yang paling penting yang dapat kita lakukan jika sedang berbeda pendapat dengan orang lain. Namun hal ini juga menjadi yang paling sulit untuk dilakukan. Kenapa? Karena mendengarkan pendapat orang lain yang berbeda dengan kita tentunya menjadi hal yang sulit untuk ditahan. Dalam kondisi seperti ini, kita terkadang tak sabar untuk membantah. Namun kesabaran yang tak dipupuk seperti inilah yang nantinya bisa menimbulkan perdebatan sengit.

Untuk itu jika ada orang lain yang mengemukakan pendapatnya, sekalipun itu berbeda, cobalah untuk mendengarkannya dengan sabar. Tak ada yang salah dengan mendengarkan pendapat yang berbeda dengan milik kita. Toh mungkin dari sini kita bisa menyerap ilmu baru.

4. Menyampaikan pendapat dengan tutur kata yang santun. Tanpa harus menyakiti pihak yang berbeda pendapat

www.istockphoto.com

Kita mungkin seringkali merasa tersinggung jika orang lain mengemukakan pendapatnya dengan ngotot. Seakan orang tersebut memaksakan pendapatnya pada kita. Begitu pula jika kita menyampaikan pendapat dengan tidak baik. Orang lain pun akan merasa kita memaksakan pendapat. Itulah mengapa saat penting untuk menyampaikan pendapat dengan sangat baik dan santun, agar tidak ada orang lain yang merasa tersakiti. Islam pun selalu mengajarkan untuk bertutur kata dengan sopan santun, seperti halnya yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Rasanya tak ada alasan untuk kita untuk tidak mengamalkannya bukan?

5. Memahami kembali ajaran Islam yang cinta kedamaian. Bertikai hanya karena berbeda pendapat tak seharusnya terjadi

www.mensxp.com

Pada akhirnya, sebaga umat Islam kita harus kembali memahami esensi ajaran agama Islam. Ajaran Islam selalu menyuruh kita untuk mencintai dan menciptakan kedamaian. Itulah mengapa bertikai hanya karena perbedaan pendapat tak seharusnya terjadi. Terima perbedaan dengan lapang dada, itu cukup untuk membuat hidup lebih tenang.

Bagaimanapun selama kita masih hidup bermasyarakat dan bersosialisasi, perbedaan pendapat akan terus ada. Tinggal bagaimana kita menyikapinya dengan bijak. Semua agama tentunya mengajarkan tentang toleransi, termasuk agama Islam. Nah buat kamu milenial yang ingin tahu lebih banyak tentang nilai-nilai Islam yang toleran dan anti kekerasan, cek aja di milenialislami.id, bisa juga follow Instagram @milenialislami atau facebook Milenial Islami. Semoga kita bisa jadi manusia yang selalu menyebarkan pesan perdamaian, ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Mau Kasih Bunga ke Gebetan? Ketahui Dulu Makna di Baliknya Biar Nggak Salah

Mau Kasih Bunga ke Gebetan? Ketahui Dulu Makna di Baliknya Biar Nggak Salah

Khusus Buat Cowok! 7 Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan Jelang Hari Pernikahan

Khusus Buat Cowok! 7 Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan Jelang Hari Pernikahan

Kabar Baik Bagi Para Pembaca, Tere Liye Kembali Menerbitkan Novel Baru Tahun Ini!

Kabar Baik Bagi Para Pembaca, Tere Liye Kembali Menerbitkan Novel Baru Tahun Ini!

5 Muslimah yang Cinta Perdamaian dan Jadi Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

5 Muslimah yang Cinta Perdamaian dan Jadi Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

Sering Pamer di Media Sosial? Jangan-jangan Kena Krisis Identitas! Cek Yuk Tanda-tandanya

Sering Pamer di Media Sosial? Jangan-jangan Kena Krisis Identitas! Cek Yuk Tanda-tandanya

7 Desain Kamar Tidur Ala Korea Ini Bikin Betah di Rumah. Kyeopta!

7 Desain Kamar Tidur Ala Korea Ini Bikin Betah di Rumah. Kyeopta!

loading