Penyakit Ini Bisa Menyerang Jika Terlalu Sering Begadang

pixabay.com

Kerjaan numpuk dan tengat waktu sudah di depan mata bikin kamu ingin buru-buru menyelesaikannya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Tidak jarang, kamu sampai begadang mengerjakan hal itu.

Padahal ada bahaya yang mengintai jika kamu terlalu banyak begadang. Kalau sudah terbiasa begadang, kamu paling merasa ngantuk di siang hari saja dan tidak merasa kenapa-kenapa. Tapi, tahu kah kamu kalau begadang bisa berbahaya untuk tubuh?

1. Stroke

pixabay.com

Penyakit yang bisa menyerangmu ketika kebanyakan begadang adalah kena stroke. Meski pada realitanya penyakit ini datang tiba-tiba setelah kamu begadang, tetap saja tidur kurang dari yang disarankan bisa memicu stroke.

Penyakit ini dianggap bukan efek pasti dari kurang tidur. Ternyata bisa memicu penyakit stroke jika terlalu sering begadang. Risikonya 4 kali lebih besar ada pada orang dewasa yang kurang tidur dari 6 jam sehari.

2. Obesitas

pixabay.com

Orang yang sering begadang bisa punya risiko kelebihan berat badan. Hal ini karena kekurangan waktu istirahat bisa berpengaruh sama pola makan. Orang yang kurang tidur bakal makan lebih banyak dan cenderung akan makan junk food.

Hormon dalam tubuh bisa berubah akibat kurang tidur dan produksi ghrelin bertambah. Ghrelin ialah hormon yang menambah nafsu makan. makanya tidak heran orang yang begadang bisa obesitas.

3. Diabetes

pixabay.com

Sama dengan obesitas, orang yang begadang punya risiko yang lebih besar daripada orang yang tidur cukup. Kurang tidur bisa mempengaruhi insulin yang bisa berakibat penyakit ini.

Penelitian dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menyatakan dari hasil penelitian pada beberapa remaja. Yang paling sedikit tidur memiliki resistensi insulin tertinggi.

Hal ini, sama artinya dengan tubuh remaja tadi tidak menggunakan insulin dengan efektif. Penyakit diabetes ini juga tidak didapat secara tiba-tiba.

4. Pelupa
pixabay.com

Kebanyakan begadang tenyata membuat daya ingat melemah. Penurunan daya ingat ini didapat karena otak kekurangan oksigen. Kurang tidur nggak hanya buat tubuh cepat capek dan jadi pelupa.

Nyatanya, kurang tidur bisa berakibat pada penurunan daya ingat secara permanen. Kalau hal ini terus-menerus terjadi, kamu bisa saja jadi hilang ingatan. Makin sedikit jam tiidur yang kamu gunakan, makin lemah pula daya ingatanmu.

5. Osteoporosis
pixabay.com

Penyakit ini umumnya ada pada orang yang sudah senja. Para peneliti menemukan perubahan kepadatan mineral tulang dan sumsum pada hewan percobaan mereka yang kurang tidur selama 72 hari. Kemungkinan yang dikatan Steven R. Goodman, Ph.D ini menyatakan kalau hasil penelitian tadi bisa jadi sama jika dicoba pada manusia.

6. Kanker

pixabay.com

Kanker bisa terjadi pada siapa saja. Risiko yang lebih besar terjadi pada orang-orang kurang tidur. Beberapa penelitian masih menguji coba hal ini untuk hasil yang lebih terpercaya.

Penelitian pada 1240 orang yang diskrining kanker kolorektral, sebagian besar di antaranya yang biasa tidur kurang dari 6 jam. Penelitian lanjutan juga menyebutkan bahwa polip adalah hal umum bagi mereka yang kurang tidur. Selain itu, kanker payudara juga mengancam yang hobi begadang.

7. Mati muda

pixabay.com

Kebanyakan begadang bisa bikin cepat mati. Pasalnya, tingkat stres dan ketegangan yang dimiliki seseorang karena kurang tidur sangat mempengaruhi tubuh untuk menghasilkan zat kimia dan hormon yang bisa mengakibatkan serangan jantung.

Percaya atau tidak, orang yang kurang tidur ini terindikasi untuk mati muda. Indikasi ini didapat dari penelitian di Amerika. Risiko kematian 4 kali lebih besar daripada mereka yang tidur cukup.

Kurang tidur dalam satu malam mungkin tidak akan terasa efek samping dan bahanyanya. Kalau kurang tidur selama seminggu, sebulan, setahun, bahkan begadang sudah jadi passion kamu, masalah kesehatan bisa menyerang.

Kurang tidur malah bisa jadi kebiasaan selama bertahun-tahun. Untuk mengurangi hal itu, kamu bisa mulai mencicil kerjaan supaya tidak menumpuknya dan tidak perlu begadang.

Risiko begadang memang mengerikan. Ada baiknya untuk dicegah mulai sekarang. Salah satu caranya adalah dengan tidur lebih awal dan membuat daftar kegiatan yang detail agar hidupmu bisa teratur.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Inspirasi Kolam Ikan di Halaman Rumah, Ngademin Banget!

Inspirasi Kolam Ikan di Halaman Rumah, Ngademin Banget!

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

Inspirasi Desain Rooftop yang Nyaman dan Artsy

Inspirasi Desain Rooftop yang Nyaman dan Artsy

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Kualitas yang Perlu Kamu Dapatkan Supaya Bisa Jadi Pasangan Idaman

Kualitas yang Perlu Kamu Dapatkan Supaya Bisa Jadi Pasangan Idaman

loading