Penting Nih! 8 Hal yang Perlu Dilakukan Cewek Sebelum Menikah

10 November 2017
|Robertus Ari
143SHARES

Berapa usiamu sekarang? Sudah merencanakan untuk menikah? Semua wanita pasti menginginkan pernikahan yang sempurna bukan? Kemudian membangun keluarga bersama pasangan dan ingin semua berjalan lancar. Tapi tunggu dulu! Sebelum menuju ke sana, ada beberapa hal yang rasanya perlu untuk kamu lakukan sebelum hari besarmu itu tiba.

Perlu kamu tahu menikah bukanlah perkara gampang. Banyak hal yang nantinya akan berubah di kehidupanmu dan yang pasti kamu nggak akan sebebas seperti sekarang. Nah sebelum menuju ke sana, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk membentuk karakter dan menuai pengalaman terlebih dahulu. Apa itu?

1. Mencoba untuk hidup sendiri akan membentuk pribadi yang lebih mandiri, dalam hal apa pun!

Sebenarnya ini juga bisa bersama teman, yang terpenting jangan sama orangtua. Cara ini akan membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri dalam berbagai hal, apa pun itu - mulai dari mengatur tempat tinggal kamu, keuangan, makanan, hingga bagaimana cara kamu bersosialisasi dengan lingkungan yang baru.

2. Jangan pernah takut untuk belajar hal-hal baru dan asahlah terus kemampuan kamu.

Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Hal ini akan membuatmu menuai banyak pengalaman. Dan yang pasti jika kamu ingin belajar, ke depan bisa menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi hidupmu. Sapa tahu kamu memiliki kemampuan terpendam yang belum terasah.

3. Kamu juga perlu merasakan patah hati. Mengapa?

Ketika kamu mengalami patah hati, hal ini akan membuatmu lebih menghargai kasih yang kamu rasakan ketika memiliki pasangan. Ini juga sebagai momen untuk kamu belajar menjadi lebih baik saat menjalin sebuah hubungan. Dan, hal ini akan membuatmu lebih kuat dari sebelumnya.

4. Mulailah membereskan semua masalah keuangan kamu.

Ketika kamu menikah nanti, mengelola keuangan bukanlah yang mudah. Jika salah perhitungan, bisa saja keuanganmu bakal berantakan. Jadi mulai dari sekarang, belajarlah dulu untuk mengelola dan membereskan keuangan pribadi, mulai dari masalah utang sampai tagihan kartu kredit.

5. Bertemanlah dengan banyak orang untuk membangun relasi.

Sebelum menikah, tentu kamu memiliki waktu yang lebih. Cara ini bisa kamu manfaatkan untuk hal positif, salah satunya adalah membangun relasi yang luas. Kamu bisa bergaul dengan banyak orang dan pilihlah ‘lingkungan’ yang membuatmu menjadi orang yang lebih maju.

6. Melakukan perjalanan bersama sahabat.

Meski kamu tetap bisa melakukan ini setelah menikah, namun dalam hal waktu dan ‘kebebasan’ tentu akan berbeda. Karena sebelum menikah, kamu memiliki hak atas diri sendiri sepenuhnya, kamu juga belum memiliki ikatan dengan siapa pun. Namun bukan berarti kamu terus ninggalin pacar kamu lho ya.

7. Melakukan traveling bersama pasangan untuk lebih mengenal karakter masing-masing.

Hal ini akan membuatmu lebih mengenal karakter masing-masing. Terlebih ketika kamu atau pasangan lagi capek banget, biasanya saat momen ini sifat aslinya akan terlihat. Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa belajar bagaimana menghadapi berbagai masalah yang muncul selama melakukan perjalanan.

8. Membicarakan masalah keuangan bersama pasangan sejak awal.

Mengapa hal ini perlu kamu lakukan? Sebab, masalah keuangan bisa menjadi penyebab utama keretakan rumah tangga. Jadi agar terhindari hal ini, sebelum menikah cobalah untuk membicarakan masalah keuangan bersama pasangan sedetail mungkin. Bicarakan juga target jangka pendek dan panjang, bagaimana soal menabung, bagaimana mengalokasikan setiap uangmu bersama pasangan, dan lainnya. Mulailah bicarakan ini sejak dini ya.

Itulah tadi 8 hal penting yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan untuk menikah. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
143SHARES