Penggemar Soto? Yuk, Cari Tau Keunikan 7 Soto dari Seluruh Indonesia Ini!

18 November 2016
|Puspita Yuniastuti

Siapa juga yang gak tau makanan berkuah satu ini, soto. Kuah yang hangat, dinikmati dengan berbagai isian di dalam satu porsi mangkuk dan juga nasi putih yang membuat perut semakin puas dengan kelezatannya. Kita harus merasa bangga nih karena setiap daerah di Indonesia punya soto dengan “khas"-nya masing-masing. Mungkin ada lebih dari 15 macam soto yang bisa kamu temukan di Indonesia tapi Yukepo gak akan bahas ke-15 macam soto karena bisa sampe besok bacanya kalo kepanjangan nih artikelnya. Hehe. Yuk kita bahas satu per satu dan kira-kira, soto dari daerah mana yang jadi favoritmu?

1. Soto Betawi

Soto betawi! Soto yang berasal dari ibu kota kita, Jakarta ini sangat populer loh. Disajikan dengan daging beserta jeroan, berkuah santan dengan emping yang menjadi “kriuk” di dalam semangkuk soto betawi. Rasanya yang asin dan gurih membuat soto betawi berkuah santan ini nikmat banget buat dinikmati kapan aja, di mana aja, dan sama siapa aja. Eh, tapi ya kalau ada yang nemenin sih..

2. Soto Madura

Sesuai dengan namanya, soto madura berasal dari Madura, Jawa Timur. Kamu bisa menemukan potongan daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge di dalam satu porsi soto Madura. Paling enak dinikmati dengan seporsi nasi putih yang masih hangat, dijamin makin lahap deh makannya.  

3. Soto Kudus

Selanjutnya ada soto kudus. Soto kudus sangat identik dengan penyajiannya yang menggunakan mangkuk berukuan kecil dan dicampurnya nasi ke dalam soto ini.  Kuahnya tentu berbeda dengan soto betawi karena soto kudus tidak menggunakan santan. Kamu akan menikmati suwiran daging ayam dan tauge. Tau gak kenapa kamu gak pernah menemukan soto kudus dengan daging sapi? Karena soto kudus yang berasal dari Kudus merupakan penghormatan muslim Kudus kepada agama Hindu karena sapi adalah hewan yang mereka anggap suci. Jadi jangan merasa aneh lagi, ya kenapa soto kudus gak bisa diganti dagingnya menjadi daging sapi?

4. Soto Kuning Bogor

Kalau lagi jalan-jalan kulineran di Bogor, pasti kamu sering menemukan menu soto kuning. Karena emang soto kuning adalah makanan khas Bogor, Jawa Barat. Isi dari soto kuning sebenarnya hampir sama dengan soto betawi, yaitu daging sapi beserta jeroannya. Tapi yang membedakan tentu aja, warna kuningnya! Warna kuning di dalam soto ini disebabkan oleh salah satu bahan dasarnya yaitu kunyit. Yuk, weekend ini jalan-jalan ke Bogor menikmati soto kuning bogor!

5. Soto Mie Bogor

Selain soto kuning, soto mie juga jadi salah satu mie khas-nya Bogor. Dari namanya juga kamu pasti tau bahwa mie adalah salah satu bahan yang bisa kamu temukan di seporsi soto mie. Kamu juga harus semakin berbangga karena gak cuma di Bogor bahkan di Indonesia aja kamu bisa menemukan soto mie tapi di Malaysia dan Singapore juga ada, loh.

6. Soto Ayam Ambengan

Lanjut! Soto ayam ambengan adalah soto yang berasal dari Surabaya. Arek-arek Suroboyo mana suaranyaaa? Beda dengan soto ayam dari daerah lain di Indonesia, soto ini memiliki kuah yang warnanya lebih kuning pekat karena menggunakan kunir saat pembuatannya. Selain itu, koya lah yang membedakan soto ayam ini dengan yang lain.

7. Soto Banjar

Soto banjar yang berasal dari Kalimantan Selatan menggunakan daging ayam dan berbagai rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh sebagai bahan pembuatannya. Biasanya ditambahkan dengan perkedel, kentang rebus, rebusan telur dan ketupat. Duh, lezat banget nih kelihatannya soto yang satu ini.         

Dan masih banyak lagi macam-macam soto yang bisa kamu temukan di Indonesia. Kira-kira, yang mana nih soto favoritmu di antara ke-7 pilihan di atas?  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Puspita Yuniastuti
Gak Punya Quote Nih!
SHARES