Penggemar Berat Kopi? Perhatikan Hal Ini Agar Perut Tetap Aman Selama Puasa

01 Juni 2018
|Chandra W.
65SHARES

"Belum ngopi, belum melek nih." Jika kamu termasuk salah satu orang yang hidup dengan kebiasaan ngopi sebelum beraktivitas setiap hari, bulan puasa menjadi tantangan karena sarapan pagimu hanya saat sahur. Pencernaan juga harus beradaptasi dengan waktu makan hanya dua kali sehari, saat sahur dan buka. Meskipun kafein dapat membuatmu lebih semangat, di sisi lain ia juga meningkatkan asam lambung yang bisa membuatmu cranky. Lalu bagaimana caranya agar dapat tetap beraktivitas tanpa sakit perut akibat kopi pada bulan puasa?

1. Mengurangi dosis kafein sejak awal

Jika memungkinkan, kamu sebaiknya mengurangi asupan kafein sejak sebelum puasa sehingga tubuh lebih terbiasa. Idealnya, asupan kafein per hari bagi orang dewasa setara 2-3 cangkir kopi hitam. Dosis ini cocok untuk pola makan sehari-hari yang normal. Jika tidak sempat melakukan penyesuaian sebelum puasa, maka kamu bisa mulai dari hari pertama puasa. Kurangi asupan 1-2 cangkir dari biasanya. 

2. Perhatikan waktu minumnya

Kopi membuatmu merasa lebih cepat haus dan bersifat diuretik atau merangsang produksi urin lebih banyak sehingga lebih berpotensi untuk dehidrasi. Oleh karena itu, meminumnya saat sahur barangkali akan membawa lebih banyak dampak negatif ketimbang positif. Saat puasa, sebaiknya tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Waktu yang disarankan untuk ngopi adalah satu jam setelah berbuka saat perut sudah diisi makanan. Jangan saat kondisi perut masih kosong ya.

3. Memilih kopi dengan kadar kafein rendah

Jika kamu bisa bertahan dengan 'yang penting kopi', kamu bisa mencoba alternatif kopi decaf. Memang sih, mungkin nggak terasa 'nendang', tapi setidaknya lidahmu akan terpuaskan dengan rasanya. Kalaupun tidak decaf, kamu bisa mencari teknik menyeduh yang menghasilkan kadar kafein lebih rendah.

Tentu saja keputusannya berada di tanganmu. Jika memang nggak bisa banget beraktivitas tanpa minum kopi saat sahur, silakan minum sesuai kebutuhan. Tapi pastikan asam lambungmu aman. Ketika dirasa mulai ada masalah, segera kurangi ya. Ingat, yang lebih penting adalah menjaga kesehatan selama puasa.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
65SHARES