Penasaran dengan Makanan yang Ada di Korea Utara? Inilah Penampakannya

13 April 2017
|Monica Petra
Life
0SHARES

Korea Utara memang dikenal sebagai negara yang mengisolasi diri dari dunia luar. Tidak banyak orang yang tau tentang negara ini. Bahkan para turis jika berkunjung ke negara ini tidak diperbolehkan untuk mengambil foto seenaknya. Namun, berikut ini YuKepo berhasil merangkum makanan yang ada di Korea Utara. Pasti penasaran dong, apa mereka makan burger, pizza, dan makanan Italia atau Barat lainnya?

Simon Cockerell yang seorang Inggris dan seorang GM dari Korea Utara Koryo Tours, sejak 2002 berkunjung ke negara ini. Dan dia berbagi informasi tentang makanan-makanan apa saja yang dia makan selama di sana. Ayuk, langsung aja kita kepoin. 

1. Naengmyeon

Makanan yang paling umum di Pyongyang, makanan ini memiliki sejarah kebudayaan yang sangat kuat. Bahkan ada lagu tentang maknanan ini: "Naengmyeon, naengmyeon, Pyongyang naengmyeon!". Musik adalah sebuah bentuk dari propaganda, sehingga menyebut nama makanan aja ada rasa nasionalis, juga nunjukin makanan itu aman. Pyongyang cold noodles ini dibuat dari gandum. Warnanya hitam, dengan kuah jernih serta kaldu dan biasanya disajikan dengan telur, beberapa iris daging, dan saus panas.

 

2. Dog meat

Ini adalah makanan klise Korea, tapi biasanya dog meat hanya disajikan dalam acara-acara khusus di Korea Utara. Di sana mereka menyebutnya bukan dog meat tapi sweet meat. Orang-orang biasanya makan ini sekali atau dua kali dalam setahun, jika mereka mampu. Tapi tentu aja, ada sebagian orang-orang yang nggak punya uang dan jarang makan daging. Yang sering disajikan pada turis biasanya dog soup. Ada beberapa restoran di Pyongyang yang spesialis dalam memasak dog meat, ada dog ribs, dog steak. 

Di Korea Utara, orang nggak biasa memelihara anjing. Ada anjing pertanian dan anjing penjaga, tapi hanya orang-orang kelas menengah atas yang biasanya memelihara anjing.

 

 

3. Koryo burger

Kebanyakan pengguna media sosial Barat bakal bilang, "Makanan paling parah yang pernah aku makan!" Burger ini disajikan di pesawat Air Koryo. Bisa dibilang, nggak begitu enak dan nggak jelas itu daging apa yang disajikan. Mungkin bukan anjing. Kebanyakan warga Korea Utara nggak pernah naik pesawat, dan jika pernah, mereka semua harus naik Air Koryo.

4. Taedonggang / beer yang paling populer di negara ini

Taedonggang adalah beer yang paling terkenal di Korea Utara saat ini. Ada beer jatah, para pria dapat voucher tiap bulan. Ini bukanlah kebijakan nasional, tapi hanya berlaku di Pyongyang. Tapi kamu bisa membeli lebih, 'jatah' artinya kamu dapat voucher. Kalau kamu ingin beer Taedonggang, kamu bisa pergi ke fancy bar dan bisa dapat setengah liter dengan 2 atau 3 dollar.

 

5. Kerang yang dibakar dengan bensin

Di pantai timur Korea Utara, mereka memasak kerang dalam lembaran logam. Di pantai barat, mereka menuang bensin ke atasnya dan membakarnya. Lalu mereka membuka kerang itu dengan cara menghancurkannya ke tanah. Kerang-kerang itu bau dan berasa bensin, kadang-kadang kamu bisa makan kerang yang masih ada bensinnya. 

 

6. Sushi

Dalam sejarah Korea Utara, mereka membenci Jepang lebih daripada Amerika, tapi kenyataannya banyak orang di Pyongyang suka sushi. Di sana ada beberapa restoran dengan gaya klasik Jepang dengan meja penyaji yang bisa berjalan. Tapi para pelayan dan chef-nya nggak berpakaian ala Jepang atau memberi salam dalam bahasa Jepang. 

 

7. KHC

Ini sebagai gantinya KFC di sana. Jadi, mereka punya produk keripik sendiri tapi kamu nggak bakalan lihat orang-orang makan keripik atau kentang goreng sambil jalan. Soalnya, kalau kamu beli di bar, mereka selalu membuka bungkusnya dan menuangnya di dalam piring. Supaya kesannya berkelas. Untuk snack, orang lebih suka cumi-cumi kering dan sebagian besar ikan. Cumi-cumi kering dengan mustard dan kecap sangat nikmat dimakan bersama beer. 

Itu tadi makanan-makanan yang bisa kamu jumpai di Korea Utara. Jadi, nggak terlalu parah amat seperti bayangan kita. Dan bahkan bisa aja masih ada makanan-makanan enak lainnya. Barangkali suatu hari kamu tertarik buat berkunjung ke Korea Utara? Jangan lupa buat menikmati makanan-makanan di atas ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES